Panduan Perlengkapan Kandang Bebek

Panduan Perlengkapan Kandang Bebek

Urbanina.com – Kandang bebek dapat dibuat dengan setidaknya dua macam yaitu kandang ren dan kandang postal. Terserah peternak akan menggunakan jenis yang apa, namun setelah kandang bebek selesai dibangun masih ada pekerjaan yang menanti. Pekerjaan tersebut adalah untuk menyediakan alat-alat untuk merawat hewan ternak sekaligus untuk merawat kandang itu sendiri. Kedua jenis alat-alat tersebut kami satukan dan kami beri nama yaitu perlengkapan kandang atau perlengkapan kandang bebek. Tidak sedikit perlengkapan kandang bebek yang diperlukan untuk membudidayakan bebek ini. Namun, jika dipelajari dengan benar maka perlengkapan yang tidak sedikit tersebut akan mudah dipahami sehingga tidak terasa banyak bahkan mungkin makah kurang banyak. Hal ini karena perlengkapan kandang bebek ini masing-masing memiliki fungsinya sendiri sehingga semua dibutuhkan dan harus tersedia. Apa saja perlengkapan kandang bebek tersebut, berikut ulasanya.

perlengkapan kandang bebek

  1. Tempat Pakan

Sesuai namanya, fungsi tempat pakan adalah untuk menjadi tempat pakan bagi hewan ternak agar mendapat makanan yang bersih serta sesuai porsinya. Untuk memenuhi kebutuhan tempat makan, dapat membutnya dari bambu atau pipa peralon yang dibelah dua. Ada juga tempat pakan yang dibuat pabrik lalu peternak tinggal membelinya saja. Pada prinsipnya, tempat makan ini dibuat sedemikian rupa sehingga alat ini dapat dibersihkan dengan mudah, dapat ditambah makanan dengan mudah, serta tidak mudah berkarat karena akan membahayakan bagi bebek yang dipelihara.

Adapun dua jenis tempat makan yaitu tempat makan otomatis dan manual. Untuk tempat makan manual ini ada beberapa tipe yaitu tempat makan tipe memanjang(long feeder), tempat makan bundar(round feeder), dan tempat makan tipe nampan(tray feeder). Dan tempat makan otomatis ini jarang digunakan di desa, dan adapun salah satu tipenya adalah chain feeder.

  1. Tempat Minum

Tempat minum merupakan perlengkapan kandang yang ditempatkan didekat tempat minum. Prinsip yang digunakan dalam membuat tempat minum ini adalah sama dengan tempat makan, yaitu mudah ditambah, mudah dibersihkan , serta terbuat dari bahan yang tahan karat.

Adapun dua jenis tempat minum yaitu tempat minum otomatis dan manual. Tipe tempat minum manual adalah tempat minum memanjang(long drinker) dan tempat minum melingkar(round drinker). Dan untuk tipe otomatis diantaranya adalah automatic bell drinker, nipples dan hanging automatic waterer.

Tempat minum ini ditata sesuai dengan tempat makan, biasanya posisinya berjajar. Dan ketersediaan kedua perlengkapan tersebut diseseuaikan dengan jumlah ternak. Biasanya, pada setiap 50 ekor, dapat ditempatkan 3 – 4 tempat makan dan minum. Sehingga, kebutuhan pakan dan minum yang cukup memberi pengaruh baik terhadap hasil panen nantinya.

  1. Alat Pemanas

Alat pemanas ini memiliki fungsi yang sangat penting yaitu untuk memberi kehangatan terhadap bebek yang masih kecil. Sehingga alat pemanas ini juga bisa disebut Brooder di dunia peternakan. Bebek yang masih kecil sebenarnya memerlukan kehangatan dari induknya, sehigga diganti dengan alat pemanas ini untuk memberi kehangatan terhadap bebek kecil. Adapun penghasil panas ini dapat berasal dari lampu bohlam, lampu minyak, tungku batu bara, dan gas solek.

  1. Alat Penerangan

Hal ini dimaksudkan agar memberi penerangan didalam ruangan yang gelap agar para bebek nantinya akan lebih mudah dalam mencari makan dan minum. Selain itu, fungsi lainnya adalah agar peternak lebih mudah dalam mengawasi bebek peliharaannya.

  1. Alat Kebersihan

Yang terakhir adalah alat kebersihan. Kebersihan kandang juga berpengaruh terhadap kesehatan bebek yang tinggal didalamnya. Sehingga perlu dilakukan tindakan permbersihan yang dilakukan secara rutin. Berikut alat-alat yang bisa digunakan agar pembersihan kandang dapat dilakukan dengan mudah; sekop, garpu, cangkul, sabit, sapu, kereta dorong, ember, serta sikat. Alat yang digunakan disesuaikan dengan fungsinya masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *