Pakan Bebek Starter, Pakan Basah Dan Kering

Pakan Bebek Starter, Pakan Basah Dan Kering

Urbanina.com – Bebek yang masih kecil dapat ditumbuhkan di kandang yang disesuaikan dengan masa pertumbuhannya. Pertumbuhan bebek yang dibudidayakan setidaknya memiliki dua macam masa atau waktu pertumbuhan yaitu masa starter dan masa grower. Masa starter adalah pemeliharaan bebek dari ketika bebek masih dalam bentuk bibit sampai bebek berusia 20 hari. Setelah itu, bebek sudah masuk usia atau masa grower. Karena masa pertumbuhannya beda, maka pakan yang diberikan pun berbeda. Pakan bebek starter lebih diutamakan untuk melindungi bebek yang masih kecil agar dapat tumbuh sehat untuk menuju masa grower.

pakan bebek starter

Cara memberikan pakan bebek starter ini dibedakan menjadi dua jenis yaitu bemberian pakan bebek basah dan pakan bebek kering. Untuk mengetahui letak perbedaannya, berikut ulasan yang dapat menjadi acuan.

  1. Cara pemberian pakan basah

Pakan bebek starter yang disebut pakan basah adalah dengan memberikan pakan yang berupa pakan konsentrat yang dicampur dengan air. Dalam pemberian pakan basah ini perlu diperhatikan kadar air yang terkandung pada pakan konsentrat. Sangat tidak danjurkan mencampur terlalu banyak air terhadap pakan konsentrat. Maka dari itu, untuk mencampur air pada pakan dapat menggunakan penyemprot air atau sprayer yang hingga merata hingga teksturnya kental. Dalam bahasa jawa, tekstur kental ini disebut “mamel”.

Takaran yang dianjurkan untuk memberi pakan basah ini adalah dengan dosis sedikit secukupnya, tetapi dilakukan dengan terus-menerus. Pemberian pakan basah yang banyak tetapi hanya sekali akan mengundang kekhawatiran. Yang dimaksud kekhawatiran adalah jika pakan yang banyak tersebut tidak habis dimakan, maka dikhawatirkan sisa makanan tersebut akan menjadi kotoran kandang yang dapat mengundang bakteri meracuni bebek starter.

  1. Cara pemberian pakan kering

Cara yang kedua ini merupakan cara pemberian pakan yang bersifat kering kepada bebek starter. Pakan bebek starter ini dapat berupak pakan konsentrat yang tanpa dicampur dengan air. Dengan langsung memberikan pakan konsentrat pada bebek, maka cara ini seakan terlihat lebih aman dan praktis. Namun, hal ini harus diimbangi dengan menyediakan tempat minum yang tidak jauh dari tempat pakan. Karena, bebek yang memakan pakan jenis ini akan lebih cepat haus dibanding dengan diberi pakan basah. Cara pemberian pakan kering ini jaga membutuhkan perhatian lebih dari peternak karena sering kali pakan yang dimakan bebek kecil menyisakan pakan yang berceceran dikarenakan paruh bebek yang tumpul. Lain halnya dengan paruh ayam yang runcing sehingga tidak menyisakan pakan yang tersebar.

Setelah mengetahui dua cara pemberian pakan bebek starter yang dapat dipakai, maka perlu diketahui juga pakan jenis apa yang baik diberikan kepada bebek starter ini. Hal ini tak lepas dari peran penanganan bebek starter itu sendiri. Penanganan terhadap bebek starter sangat mempengaruhi pertumbuhan bebek yang dibudidaya. Dan pakan dari bahan konsentratlah yang dirasa menjadi pakan yang tepat untuk bebek starter. Pakan konsentrat adalah pakan bebek buatan pabrik yang telah dilengkapi nutrisi yang dibutuhkan bebek starter.

Karena telah memilih untuk menggunakan pakan konsentrat, maka prosedir yang disarankan dalam penggunaan pakan konsentrat ini pun mulai dipelajari demi pertumbuhan bebek dan keuntungan yang akan didapat peternak. Dan berdasar dari pertimbangan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pakan konsentrat dapat terus dilakukan ketika bebek berumur 0 sampai 3 minggu/pekan. Dan untuk menghemat anggaran biaya tanpa mengurangi laju pertumbuhan bebek, diumur yang selanjutnya dapat menggunakan pakan konsentrat yang dicampuri dengan bahan pakan alternatif lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *