Panduan Menyiapkan Kandang Ayam Petelur

Urbanina.com – Dalam upaya memelihara ayam petelur agar didapat telur yang banyak dan berkualitas, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan kandang ayam petelur. Meskipun sebagian orang memprioritaskan pembuatan kandang di nomor dua atau tiga, namun yang jelas menyiapkan kandang harus dilakukan dengan banyak pertimbangan. Seperti yang diketahui bahwa ayam petelur memerlukan tempat hidup yang benar-benar nyaman untuk berproduksi, sehingga lahan untuk membangun kandang harus tempat yang benar-benar terhindar atau jauh dari keramaian. Selain dari satu perimbangan diatas, kali ini Urbanina akan sedikit membahas tentang bagaimana menyiapkan kandang ayam petelur ini agar pemeliharaan dapat berjalan secara optimal.

menyiapkan kandang ayam petelur

Hal yang menjadi pemikiran selanjutnya adalah bagaimana membuat konstruksi kandang ayam petelur ini. Untuk itu, pembudidaya tidak perlu khawatir dengan biaya yang mahal. Karena menyiapkan kandang ayam petelur yang mahal belum tentu menghasilkan hasil budidaya yang optimal. Yang menjadi dasar konstruksi kandang ini adalah kandang yang kuat, bersih, dan tahan lama. Untuk membangun kandang yang kuat tentu tidak harus dengan membeli bahbn-bahan yang haraganya mahal. Apapun bahannya, kalau kuat untuk konstruksi bangunan, maka bahan itu dapat digunakan. Setelah tidak terlalu khawatir denga biaya konstruksi kandang, akan lebih baik jika mengetahui lahan yang paling baik untuk menyiapkan kandang ayam petelur dibawah ini.

Lokasi kandang ayam yang paling baik adalah yang memiliki iklim dan suasana yang ideal untuk pemeliharaan ayam petelur. Adapun iklim yang cocok untuk pemeliharaan ayam petelur ini adalah kandang dengan suhu yang birkisar antara 32,5-35 derajat C. Selain iklim, kelembaban yang ideal adalah yang berkisar antara 60-70%. Kandang yang ideal harus mendapatkan sinar matahari. Artinya, kandang harus dibuat sedemikian rupa agar bagian dalam kandang harus mendapatkan cahaya matahari pagi. Angin yang masuk ke kandang juga menjadi salah satu yang juga harus dipertimbangkan. Kandang tidak boleh memiliki posisi yang melawan arah angin kencang. Meski begitu, juga jangan membuat kandang yang terhalangi sirkulasi udaranya, misalnya di daerah yang tertutupi bukit. Untuk mengatur sirkulasi kandang, sebaiknnya membuat kandang dengan sistem terbuka sehingga angin yang masuk memberikan kesegaran bagi ayam yang berada didalam kandang.

Mengenai bentuk kandang yang dipersiapkan, setidaknya terdapat dua jenis bentukkandang yang dapat digunakan untuk membangun kandang ayam petelur ini. Kedua jenis bentuk kandang tersebut adalah jenis kandang koloni dan jenis kandang individual. Untuk mengenali kedua jenis bentuk kandang ini pun sangat mudah. Kandang koloni adalah jenis bentuk kandang yang mana satu kandang dapat menampung banyak ayam petelur. Jika ayam petelur yang dipelihara berjumlah seribu, maka satu kandang koloni dapat menampung seribu ekor ayam. Lalu, kandang individual adalah kandang ayampetelur yang juga banyak dikenal dengan sebutan cage(bahasa inggris). Kandang ini dibuat dengan tatanan satu kandang untuksatu ayam, sehingga apabila membudidayakan seribu ekor  ayam, perlu disiapkan seribu kandang kecil-kecil.

Lantai kandang dapat dibangun menggunakan tiga pilihan jenis lantai. Jenis pertama bernama lantai litter, yang mana lantai dilapisi kulit padi atau sekam padi. Jenis yang kedua adalah lantai kolong berlubang, yang mana lantai dibuat dari kayu kaso yang dibuat lubang-lubang. Lubang ini dimanfaatkan untuk jalur tinja yang langsung ke penampungan tinja. Dan jenis lantai yang ketiga adalah lantai campuran liter dengan kolong berlubang. Yang mana 40% kandang dibuat dengan jenis liter, dan sisanya 60% dibuat dengan kolong berlubang, yang mana kolong berlubang ditempatkan di bagian akanan dan kiri kandang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *