Mengenal Itik Raja Untuk Dijadikan Bebek Pedaging

Mengenal Itik Raja Untuk Dijadikan Bebek Pedaging

Urbanina.com – Berbagai penelitian dan percobaan perkawinan silang pada hewan akhir-akhir ini terus dilakukan untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar dari hasil percobaan nantinya. Tak terkecuali pada bebek, juga terus dilakukan percobaan perkawinan silang pada unggas tersebut. Ada yang menghasilkan yang lebih baik, tetapi ada juga yang tidak menghasilkan hasil yang memuaskan. Hal itu dianggap wajar dan salah satu hasil yang menggembirakan adalah pada bebek raja atau yang populer dengan nama itik raja. Bebek raja atau itik raja merupakan hasil dari persilangan antara itik Mojosari jantan dengan itik Alabio. Dan mengenal itik raja tidak hanya sampai disitu, bebek jenis yang satu ini memiliki potensi untuk dapat menghasilkan daging yang banyak.

mengenal itik raja

Karena sudah mengenal itik raja dan asal mulanya, sebenarnya ada juga itik ratu. Itik ratu adalah sebenarnya itik raja yang memiliki jenis kelamin betina. Itik ratu ini berpotensi untuk menghasilkan telur yang banyak. Sehingga, untuk menjadikan bebek pedaging, dipilih itik raja yang memiki potensi besar menjadi bebek pedaging tersebut. Untuk mengenal itik raja lebih jauh, itik raja adalh salah satu bebek unggul yang memiliki beberapa keunggulan dari jenis bebek pedaging lainnya. Berikut beberapa keunggulan itik raja dibanding dengan bebek pedaging lainnya.

  1. Memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan jenis bebek lokal jantan lainnya.
  2. Memiliki daging yang tebal sekaligus aromanya tidak terlalu amis seperti aroma daging bebek lokal lainnya.
  3. Memiliki kekebalan tubuh yang baik, juga tidak mudah terserang stress yang diakibatkan oleh perubahan cuaca ataupun suara bising.
  4. Data pertumbuhan menunjukan bahw pada umur 6 minggu sudah dapat mencapai berat 1,2-1,24 kg.
  5. Konsumsi pakannya sangat efisien berdasar pada data rasio konversi pakan (FCR yaitu 2,14.
  6. Mempunyai adaptasi daya adaptasi yang tinggi sehingga dengan cepat mampu beradaptasi dengan iklim yang ada di Indonesia.

Setelah mengetahui keunggulan dari bebek raja atu itik raja ini, tentu dapat dikatakan bahwa jenis itik yang satu ini merupakan salah satu jenis itik yang memiliki potensi besar untuk mendapat keuntungan jika diternakkan. Ditambah lagi yang jelas secara kasat mata, bahwa itik raja memiliki postur tubuh yang lebih besar dari pada pendahulunya. Hal ini disebabkan karena laju pertumbuhan yang sangat cepat pada bebek raja ini. Jika bebek biasa dapat mencapai berat 6 ons pada umur 45 hari, maka itik raja dapat mencapai berat 1,3 kg dimur yang sama. Sungguh sangat jelas perbedaannya.

Mengenal itik raja dari sudut pandang seorang pelaku usaha ternak tentu lebih menarik. Karena, selain untuk menernak bebek, juga sekaligus mendapat keungungan dari bebek yang diternakkan itu. Dan dari perhitungan data, sistem pemeliharaan yang intensif pada itik raja dapat menumbuhkan itik jenis ini untuk mencapai bobot 1,2 – 1,4 kg dalam waktu 6 minggu dengan persentasi karkas 57,6 % – 65 %. Dan ini menjadikan itik raja adalah salah satu opsi bebek pedaging bagi para pelaku usaha peternakan bebek yang ada di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *