Membuat Ransum Sendiri Dengan Berbagai Bentuk

Membuat Ransum Sendiri Dengan Berbagai Bentuk

Urbanina.com – Definisi dari ransum adalah pakan jadi yang siap diberikan pada ternak yang disusun dari berbagai jenis bahan pakan yang sudah dihitung sebelumnya berdasarkan kebutuhan industri dan energi yang diperlukan. Untuk memelihara atau membudidayakan bebek juga dibutuhkan ransum agar bebek yang diternakkan dapat tumbuh sehat. Untuk peternak bebek yang tidak memiliki jumlah bebek yang terlalu banyak, bisa mendapatkan ransum ini dengan membelinya di toko peternakan yang menyediakan. Pasalnya, ransum biasa diproduksi oleh pabrik produsen yang kemudian dijual-belikan. Namun, bagi para peternak yang memiliki jumlah ternak yang besar dapat mempertimbangkan untuk membuat ransum sendiri dengan berbagai pertimbangan.

Membuat ransum sendiri

Salah satu hal yang dapat menjadi bahan pertimbangan adalah harga ransum buatan pabri ini relatif lebih mahal dibanding jika bisa membuat ransum sendiri. Sehingga, untuk dapat mendapatkan laba yang lebih besar, membuat ransum sendiri dapat menjadi salah satu hal yang harus dilakukan para peternkan bebek skala besar. Untuk itu, berikut ini adalah salah satu cara untuk membuat ransum sendiri.

Langkah awal adalah mempersiapkan peralatannya terlebih dahulu. Setidaknya ada 4 (empat) macam peralatan yang akan diperlukan untuk membuat ransum sengan fungsinya masing-masing. Pertama adalah sekop. Yang digunakan untuk mencampur bahan-bahan ransum. Kedua adalah penggilingan biji-bijian yang digunakan unruk menghasilkan bahan baku ransum sampai berbentuk tepung. Ketiga adalah penggilingan daging dan ayakan yang digunakan untuk membentuk ransum dalam bentuk pelet dan butiran. Dan yang keempat adalah kukusan. Yang digunakan untuk mengukus. Kukusan ini sendiri bissa didapat dengan memanfaatkan drum ataupun alat penanak nasi.

Selanjutnya, berikut ini dijelaskan mengenai cara membuat ransum dengan berbagai bentuk menggunakan alat yang sudah tersedia.

  1. Membuat ramsum bentuk tepung

Untuk dapat membuat ransum bentuk tepng ini adalah dengan cara menghaluskan bahan-bahan baku yang sudah ditakar sesuai dengan formula ransum. Setelah semuanya halus, campurkan bahan-bahan tersebut dimulai dengan bahan baku yang paling sedikit jumlahnya, ke bahan yang lebih besar jumlahnya. Cara ini terus dilakukan hingga semua bahan merata. Ciri-ciri bahan sudah merata adalah dengan tidak adanya bahan yang dominan dalam hal bentuk maupun aromanya. Setelah itu, jadilah ransum yang siap dikemas dan disimpan digudang untuk dijadikan stok ransum ternak bebek.

  1. Membuat ransum bentuk pellet

Pellet adalah pakan ikan lele yang memiliki bentuk seperti tabung kecil. Untuk membuat ransum bentuk pellet, dapat dilakukan dengan sedikit lebih rumit dibandingkan jika dengan bentuk tepung. Caranya, terlebih dalulu dengan cara membuat ransum dalam bentuk tepung tetapi tidak sampai ransum dikemas. Hanya sampai pada langkah ransum berbentuk tepung, kemudian dilanjutkan proses sebagai berikut. Bahan-bahan keringa yang telah menjadi bentuk tepung ini kemudian dicampur dengan bahan yang berbentuk cair. Caranya, semprotkan pada ransum tepung secara merata, sambil diaduk, dan kemudian diuapkan dengan cara dikukus. Lalu, ransum dibentuk pellet dengan menggunakan penggilingan daging dengan lubang sekitar 2-5 mm. Hasil penggilingan ini adalah batangan basah yang kemudian harus dipotong sepanjang 3 cm. Setelah itu, keringkan patahan batangan basah ini dan jadilah ransum bentuk pellet dengan panjangnya kurang lebih menjadi 1 – 2 cm.

  1. Membaut ransum bentuk butiran

Cara pembuatan ransum bentuk butiran ini memiliki kerumitan yang hampir sama dengan membuat ransum bentuk pellet. Jadi, ketika bahan baku sudah berbentuk tepung, jangan dikemas terlebih dahulu. Siapkan ayakan berlubang 3 – 4 mm, kemudian adonan bahan baku diletakkan diatas ayakan dan ditekan-tekan hingga keluar dalam bentuk butiran. Setelah itu, butiran-butiran ramsum ini dikeringkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *