Melengakapi Peralatan Kandang Ayam Petelur

Urbanina.com – Dalam upaya membudidayakan ayam petelur, kandang ayam adalah komponen penting yang harus dimiliki sekaligus harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Karena, kandang akan menjadi satu-satunya tempat hidup ayam yang dipelihara, sekaligus menjadi tempat bagi pembudidaya untuk tempat bekerja sehari-hari. Oleh karena itu, kandang yang digunakan untuk proses budidaya ayam petelur harus memiliki kandang yang kokoh sekaligus dapat memenuhi kebutuhan dalam upaya pembudidayaan ayam petelur ini. Dan kandang yang dapat memenuhi kebutuhan budidaya adalah kandang yang telah memiliki peralatan kandang ayam petelur yang sudah lengkap. Lalu, apa saja peralatan kandang ayam petelur yang lengkap ini?

peralatan kandang ayam petelur

Kali ini Urbanina akan memebahas tentang peralatan kandang ayam petelur yang lengkap agar budidaya ayam petelur dapat berjalan dengan lancar. Kelengkapan peralatan kandang ini dilihat dari manfaat apa saja yang dapat diperoleh dari peralatan kandang tersebut. semakin banyak manfaat yang didapat dari peralatan kandang ayam petelur, maka peralatan kandang tersebut semakin lengkap. Tanpa basa-basi, berikut ini adalah peralatan kandang ayampetelur yang harus disiapkan untuk memenuhi kebutuhan budidaya ayam petelur.

  1. Liter

Apa itu liter? Liter adalah sebutan yang ditujukan pada lantai kandang ayam petelur yang tentunya memiliki bentuk yang berbeda dari lantai rumah. Kandang ayam petelur harus memiliki liter untuk memenuhi kebutuhan peralatan kandang. Cara membuat liter ini sebenarnya tidak terlalu sulit, berikut penjelasannya. Pastikan untuk membuat liter yang memiliki ukuran terbal kira-kira 10 cm.

Lalu, untuk membuat liter ini dapat menggunakan bahan-bahan seperti sekam padi(kulit padi) yang dicampur dengan sedikit kapur dan pasir secukupnya. Namun, bila disekitar kandang terdapat hasil serutan kayu yang panjangnya 3-5 cm, serutan in idapat dijadikan alternatif bahan pembuatan liter sebagai pengganti sekam padi. Setelah liter berhasil dibuat, pastikan juga bahwa liter tersebut selalu dalam keadaan kering. untuk itu, atap kandang harus dapat menahan air hujan dan tidak ada yang bocor.

  1. Tempat Bertelur

Peralatan kandang yang kedua adalah tempat bertelur bagi ayam petelur yang dipelihara. Sebelum membuat tempat bertelur, seseorang harus tahu bahwa manfaat tempat bertelur ini adalah agar telur yang dihasilkan ayam dapat mudah diambil, dan agar telur tersebut tidak kotor. Untuk membuta tempat ertelur ini dapat dilakukan dengan beberapa prinsip berikut ini.

Pertama, contoh ukuran tempat bertelur ini adalah berbentuk kotak dengan ukuran 30 x 35 x 45 cm, dengan daya tampung 4-5 ekor ayam. Lalu, dasar tempat telur dibuat miring dengan menggunakan kawat. Sehingga, telur akan langsung menggelinding menjadi satu dan mudah diambil nantinya. Kotak tersebut kemudidan diletakkan pada posisi lebih tinggi dari tempat bertengger agar tidak terinjak ayam. Tempat bertengger tersebut akan kita bahas di peralatan nomor tiga dibawah ini.

  1. Tempat Bertengger

Tempat bertengger ini dibuat dengan tujuan agar menjadi tempat istirahat atau tidur untuk ayam petelur. Untuk membuat tempat bertengger yang ideal, dapat ditempatkan didekat dinding. Dan juga, dibuat dengan sedemikian rupa sehingga kotoran ayam akan langsung jatuh ke lantai, dan akan mudah untuk dibersihkan . Tempat bertengger ini dibuat agar tidak mudah terkena angin, serta diposisikan lebih rendah dari tempat bertelur.

  1. Tempat Makan, Minum dan Grit

Tempat makan dan minum tentu digunakan untuk tempat pakan dan minuman untuk ayam petelur yang dipelihara. Kedua tempat ini dapat dibuat dengan bahan apa saja yang penting tidak mengandung karat. Sedangkan untuk tempat grit, digunakan untuk tempat khusus untuk pakan ayam, sehingga memerlukan kotak khusus untuk dibuat tempat grit ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *