Sejarah Ternak Kelinci Di Indonesia

Urbanina.com – Misteri sejarah ternak kelinci di Indonesia menjadi salah satu topik yang menarik untuk dilakukan pembahasan. Karena, saat ini ternak kelinci menjadi salah satu usaha budidaya yang dilakukan oleh sebagian masyarakat Indonesia dan hasilnya pun cukup memuaskan. Lalu, seperti apakah sejarah peternakan kelinci di Indonesia tersebut? simak penjelasannya berikut ini.

sejarah ternak kelinci di indonesia

Ternak kelinci di Indonesia rupanya tidak tertulis dengan jelas di buku sejarah perkembangan peternakan di Indonesia. Tetapi, bukan berarti alur sejarah peternakan kelinci tersebut tidak dapat ditelusuri. Karena, masih ada sedikit jejak yang tersirat sebagai sejarah peternakan kelinci yang ada di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa jejak sejarah yang tersisa dan menarik untuk disimak. Di indonesia, budaya ternak kelinci datang dari orang belanda yang menjajah indonesia. Dari peristiwa itu dapat dipelajari tentang sejarah ternak kelinci di indonesia. Mereka memelihara kelinci di rumah mereka untuk dijadikan hewan peliharaan penghias rumah. Dengan demikian, hewan kelinci ini lebih dikenal sebagai hewan yang digunakan hanya untuk hewan hias saja, dan bukan untuk dipelihara dalam jumlah yang banyak atau dengan kata lain diternakkan.

Pada masa penjajahan jepang, pemelihara kelinci mulai berkurang tetapi bukan berarti hilang semuanya. Karena, masih ada sebagian kecil yang memelihara hewan hias berkuping lucu ini. Lalu, sejak kapan dimulainya upaya peternakan kelinci ini? itulah salah satu alasan untuk mengetahui sejarah ternak kelinci di indonesia ini.

Orang-orang yang suka memelihara kelinci sebagai hewan peliharaan dipercaya tetap bertahan hingga indonesia merdeka. Sebagian kecil masyarakat yang suka memelihara kelinci tersebut masih terus bertahan sampai akhir pemerintahan orde lama, sekitar tahun 80an. Dan pada waktu itu, kelinci menjadi terkenal di banyak kalangan masyarakat, sebagai hewan yang populer untuk dipelihara di rumah sebagai hewan hias. Kebiasaan memelihara kelinci tersebut menjadi salah satu bagian kecil dari sejarah ternak kelinci di indonesia ini.

Dan sejarah ternak kelinci di indonesia mulai menarik setelah masa itu. Barulah diawal masa pemerintahan orde baru, masyarakat dikenalkan dengan usaha ternak kelinci. Kesadaran akan pentingnya konsumsi daging kelinci yang bergizi mulai dikenalkan ke masyarakat. Pengenalan tersebut diharapkan menjadi awal yang baru dalam upaya mengembangkan ternak kelinci di indonesia. Dengan kata lain, tonggak industri kelinci di indonesia sudah mulai diupayakan di tahap yang paling awal.

Salah satu cara yang dilakukan untuk mengawali tahapan industri kelinci di indonesia adalah dengan mengkampanyekan konsumsi daging kelinci agar kesehatan masyarakat meningkat. Daging kelinci yang kaya akan protein hewani ini harus banyak dikonsumsi masyarakat untuk meningkatkan standar kesehatan mereka. Dan sampai saat ini, peningkatan konsumsi daging kelinci telah mengalami peningkatan dan diiringi dengan peningkatan kemajuan di bidang peternakan kelinci pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *