Pakan kelinci pedaging yang baik

Pakan kelinci pedaging yang baik

Urbanina.com – Pakan kelinci pedaging yang baik adalah yang bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan kelinci yang dibudidayakan. Sebagian peternak kelinci mungkin akan mengatakan bahwa ternak kelinci itu mudah karena pakannya dapat diperoleh dari bahan-bahan disekitar rumah. Namun, peternak pemula yang masih awam mungkin masih belum jelas dengan apa yang dimaksudkan tersebut. Oleh karena itu, perlu diperjelas lagi apa pakan yang baik untuk ternak kelinci pedaging yang dipelihara.

Pakan kelinci pedaging yang baik

Kelinci memang dapat dapat diberi pakan dengan mudah, tetapi syaratnya adalah bahwa si pemelihara benar-benar tahu apa yang dibutuhkan kelinci miliknya tersebut. Terlebih kelinci membutuhkan asupan gizi yang seimbang agar dapat tumbuh optimal dan siap dipanen ketika dibutuhkan. Oleh karena itu, berikut ini adalah pakan yang baik untuk kelinci pedaging yang anda pelihara.

  1. Rerumputan

Kelinci rupanya mudah diberi pakan. Pakan pertama yang baik untuk diberikan kepadanya dapat berupa rerumputan. Pakan yang berupa rerumputan ini dapat diperoleh dengan mudah di sekitar sawah yang ditanami palawija.

Selain mudah didapatkan, gizi yang terkandung didalam rerumputan tersebut juga baik untuk mendukung pertumbuhan kelinci. Kelinci yang diberi paka berupa rerumputan tidak akan mengalami semacam alergi yang disebut “gudiken” karena kandungan gizi pada rerumputan aman bagi kulit kelinci.

  1. Daun lagetang

Daun lagetang atau yang juga dikenal sebagai daun lagetan adalah merupakan jenis pakan kelinci pedaging yang kedua. Daun lagetan ini sudah dikenal banyak kalangan peternak kelinci untuk dijadikan pakan kelinci pedaging yang mereka ternakkan. Salah satu keistimewaan daun lagetan ini adalah memiliki aroma yang wangi, tetapi tetap disukai oleh kelinci.

  1. Daun kangkung

Ada prosedur khusus yang harus dipatuhi jika anda ingin menggunakan daun kangkung sebagai pakan kelinci pedaging milik anda. Yaitu, sebelum diberikan kepada kelinci, daun kangkung harus dikeringkan atau dilayukan terlebih dahulu. Karena, kadar air yang banyak pada daun kangkung dapat mengakibatkan kelinci sakit mencret dan air kencingnya berbau pesing. Itulah alasan harus dilakukan proses pelayuan daun terlebih dahulu sebelum memberikannya kepada kelinci yang dipelihara.

  1. Daun ubi jalar

Daun ubi jalar memiliki kesamaan prosedur dengan penggunaan daun kangkung jika ingin diberian terhadap kelinci. Daun ubi jalar juga memiliki kandungan air yang cukup banyak, sehingga juga perlu dilayukan terlebih dahulu sebelum diberikan kepada kelinci.

  1. daun pisang

daun pisang biasanya diberikan terhadap kelinci pedaging apabila terjadi tanda-tanda kekurangan serat pada kelinci yang dipelihara. hal ini dikarenakan daun pisang memiliki kandungan serat yang banyak sehingga dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan pada kelinci yang dipelihara.

  1. daun singkong

kalau daun pisang digunakan ketika kelinci kekurangan serat, maka daun singkong diberikan kepada kelinci ketika kelinci mulai bosan dengan pakan yang biasanya. Daun singkong ini dapat digunakan sebagai pakan selingan saja, bukannya pakan utama. Salah satu alasannya adalah kelinci tidak terlalu suka dengan pakan berupa daun singkong ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *