Keunggulan Ternak Kelinci Pedaging

Keunggulan Ternak Kelinci Pedaging

Urbanina.com – Jika seseorang memilih untuk memelihara atau melakukan ternak kelinci pedaging, maka anda seharusnya tidak perlu penasaran. Karena, melakukan ternak kelinci pedaging adalah salah satu upaya yang cerdas yang dapat dilakukan. Mengapa demikian? Karena keunggulan ternak kelinci pedaging tersebut memiliki bobot tersendiri untuk dipertimbangkan oleh peternak. Oleh sebab itu, dari pada terus penasaran, sebaiknya kita semua berbondong-bondong untuk mempelajari apa saja keunggulan yang dimiliki oleh kelinci pedaging tersebut.

Keunggulan ternak kelinci pedaging

Senada dengan kasus diatas, kali ini saya akan membagikan beberapa keunggulan atau kelebihan yang dimiliki oleh kelinci pedaging, yang banyak disukai oleh para peternak kelinci. Jika kita juga menjadi peternak kelinci, mungkin kita juga mulai menyukainya. Langsung saja, berikut ini adalah beberapa kelebihan kelinci pedaging tersebut.

  1. Masa pemeliharaan yang relatif cepat

Masa pemaliharaan kelinci memang dapat dikatakan relatif cepat. Hal ini salah satunya dapat dilihat dari hitungan dari bulan pertama ke bulan selanjutnya dan seterusnya yang dilakukan oleh peternak kelinci yang telah menekuni bisnis ini. Bahwa setiap anakan kelinci yang siap untuk dijual sebagai kelinci pedaging di bulan tertentu, maka di bulan itu pula indukan sudah bergerak cepat dan siap untuk beranak kembali. Itulah gambaran singkat betapa cepatnya masa pemeliharaan kelinci ini.

  1. Termasuk hewan yang produktif

Hal ini jelas dan mungkin telah banyak diketahui oleh orang yang ingin berternak kelinci ini. bahwa keunggulan ternak kelinci pedaging salah satunya adalah masa produksi yang cukup cepat. Jika kualitas induk kelinci dalam keadaan sehat dan berkualitas, induk tersebut dapat beranak selama 6 kali dalam setahun. Dan dalam waktu sekali melahirkan, induk tersebut dapat menghasilkan anak kelinci dengan mumlah 3-7 ekor anakan. Banyak bukan?

  1. Mudah dalam pemberian pakan

Keunggulan ternak kelinci pedaging yang ketiga adalah kemudahan yang tersedia dalam pemberian pakan. Pakan kelinci pada habitat aslinya adalah hijauan, tetapi untuk usaha bisnis dapat ditambah dengan pakan konsentrat untuk mendukung pertumbuhan. Pakan konsentrat itu sendiri mudah didapatkan dengan membelinya di toko peternakan terdekat.

  1. Menghasilkan banyak produk unggulan

Adanya banyak produk unggulan yang dihasilkan oleh ternak kelinci adalah keunggulan yang selanjutnya. Dengan banyaknya prosuk unggulan yang dihasilkan, maka peternak kelinci akan dapat dengan lebih mudah memasarkan hasil dari usaha ternaknya tersebut. Adapun beberapa produk unggulan tersebut adalah produk yang dihasilkan dari daging, kulit, maupun bulu kelinci.

  1. Bahkan kotorannya dapat menghasilkan manfaat

Keunggulan ternak kelinci pedaging yang terakhir adalah bahwa bahkan kotoran kelinci dapat dimanfaatkan, sehingga juga dapat menghasilkan penghasilan tambahan. Seperti yang diketahui, bahwa kotoran kelinci adalah salah satu kotoran hewan yang dapat dimanfaatkan. Pemanfaatan kotoran kelinci adalah untuk pembuatan pupuk kandang atau pupuk organik. Dan pupuk organik tersebut dapat digunakan oleh petani organik dalam usaha mereka untuk menumbuhkan tanaman organik, sehingga dapat menghasilkan hasil panen buah-buahan ataupun sayur-sayuran organik yang menyehatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *