Bagaimana Kandang Ternak Kelinci Yang Layak Digunakan ?

Bagaimana Kandang Ternak Kelinci Yang Layak Digunakan ?

Urbanina.com – Kelayakan kandang ternak kelinci memang perlu dipertimbangkan. Namun, bukan berarti bahwa mempertimbangkan kandang kelinci dengan perihal yang berbelit-belit. Karena pada kenyataannya, bila sesuai dengan ilmu peternakan kelinci, kandang yang layak untuk digunakan cukup dapat didirikan dengan beberapa syarat yang dapat dipenuhi. Pada kesempatan ini, saya akan bahas lebih detil dan mendalam mengenai kandang kelinci tersebut. Ada 2 pengelompokan kandang kelinci. Sehingga, Anda dapat memilih kandang mana yang cocok dengan selera Anda.

kandang ternak kelinci

Berikut ini adalah beberapa jenis kandang kelinci yang layak untuk membesarkan kelinci atau yang dikenal dengan peternakan kelinci.

  1. Kandang terbuka

kandang ternak kelinci yang pertama adalah kandang terbuka. Kandang terbuka memiliki kreterianya tersendiri untuk dapat dikatakan sebagai kandang yang layak digunakan untuk melakukan ternak kelinci. Ada beberapa kriteria kelayakan kandang terbuka ini, perlu kami tulis tentang definisi kandang terbuka tersebut. Kandang terbuka adalah jenis kandang budidaya kelinci yang di desain dengan dibuatnya pagar dibagian samping kandang. Kandang tersebut dilengkapi dengan tempat berteduh serta tempat istirahat.

Untuk dapat dikatakan sebagai kandang yang layak digunakan, kandang terbuka ini harus memiliki area kandang yang luas. Jika area atau lahan yang tersedia tidak cukup luas, peternak lebih disarankan untuk membangun kandang tertutup dari pada kandang terbuka. Lahan yang luas tersebut dibutuhkan sebagai tempat bagi kelinci yang diternakkan untuk bergerak bebas sekaligus mencari pakan tambahan sendiri di area yang luas tersebut. Sehingga, petenak tidak perlu khawatir jika terlambat memberikan pakan terhadap hewan ternaknya. Dalam prakteknya, kandang terbuka ini lebih banyak dipakai di daerah pedesaan yang terdapat lebih banyak lahan luas yang tersedia.

  1. Kandang tertutup

a. Kandang postal

Kandang postal adalah kandang ternak kelinci yang mana dalam satu area kandang yang ditentukan, terdapat beberapa kelinci yang dipelihara didalamnya. Beberapa kelinnci tersebut bisa berupa induk dan anak yang dicampur.

Untuk membuat kandang postal yang layak digunakan, pastikan bahwa kandang tersebut memiliki akses yang baik bagi peternak dalam memberi pakan serta untuk membersihkan kandang. Karena, kandang postal ini dipakai untuk pemeliharaan kelinci secara intensif.

b. Kandang baterai

kandang ternak kelinci yang selanjutnya adalah kandang baterai. Sama seperti kandang postal, kandang baterai digunakan untuk pemeliharaan kelinci secara intensif. Namun, pada setiap kandang hanya ada satu ekor kelinci saja yang dipelihara, dan lebih tepatnya dibesarkan. Kandang baterai ini sangat baik untuk pembesaran kelinci yang dilakukan secara intensif.

Dan untuk memiliki kandang baterai yang layak digunakan, kandang tersebut harus dibuat dengan memiliki akses pemberian pakan dan pembuangan kotoran yang cepat dan mudah. Untuk menghemat tempat, kandang baterai biasanya dibuat secara bertingkat dengan saluran pemberian pakan serta pembuangan kotoran yang sudah dirancang dengan sebaik-baiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *