Jenis Kelinci Pedaging Unggul Untuk Diternakkan

Jenis Kelinci Pedaging Unggul Untuk Diternakkan

Urbanina.com – Jenis kelinci pedaging unggul untuk diternakkan memiliki keunggulan mereka tersendiri sehingga dikategorikan dalam kateggori tersebut. Tentu tidak semua jenis kelinci termasuk kedalam kategori kelinci pedaging ini. Lalu, jenis kelinci apa saja yang termasuk kategori kelinci pedaging tersebut?

jenis kelinci pedaging

Bagi pembudidaya kelinci, kelinci pedaging adalah salah satu jenis kelinci yang akan mereka budidayakan. Hal ini dikarenakan kelinci pedaging yang mereka budidayakan tersebut dapat memberikan keuntungan yang lebih besar daripada jenis kelinci lainnya. Dan juga, kita tahu bahwa daging kelinci juga semakin dicari oleh banyak konsumen di pasar. Sedangkan, daging kelinci yang layak untuk dikonsumsi salah satunya adalah kelinci jenis pedaging yang memiliki berbagai keungulan tersebut. Lalu, jenis kelinci apa saja yang pantas untuk dikatakan sebagai kelinci pedaging?

  1. Kelinci flemish giant

Kualitas flemish giant tentu berada diatas jenis kelinci pedaging jenis lainnya sebagai kelinci unggul yang layak untuk dipelihara. Jenis kelinci flemish giant dapat dikatakan sebagai jenis kelinci pedaging yang paling unggul dalam hal ukuran tubuhnya. Untuk diketahui saja, jenis kelinci flemish giant ini pernah masuk kedalam buku guiness world record karena dapat tumbuh dengan ukuran yang sangat besar dengan bobot hingga 23 kg. Bayangkan betapa besarnya kelinci jenis ini.

Selain ukurannya yang besar, pertumbuhan jenis kelinci pedaging ini juga tergolong cepat. Biasanya, jenis kelinci ini ditumbuhkan agar memiliki bobot rata-rata 5-6 kg per ekor. Sedangkan untuk siap bereproduksi, kelinci ini sudah siap ketika memasuki masa pemeliharaan selama 6-7 bulan. Dan pada setiap masa reproduksi, kelinci jenis ini rata-rata beranak 6-8 ekor. Sedangkan dalam setahun, dapat bereproduksi selama 4 kali.

  1. Kelinci new zealand

Untuk ukuran kelinci new zealang yang diternakkan, dapat mencapai bobot rata-rata 5 kg per ekor. Sedangkan kemampuan beranaknya dapat mencapai 10 ekor dalam satu kelahiran. Pertumbuhannya juga relatif cepat, sehingga juga cocok untuk dipelihara sebagai kelinci yang diambil dagingnya.

Sekedar saran, jika anda ingin membudidayakan kelinci new zealand sebagai kelinci hias, sebaiknya memilih kelinci yang memiliki bulu berwarna putih dengan mata merah muda. Selain memiliki keindahan tersendiri, warna tersebut juga banyak disukai kalangan pemelihara dan yang paling populer.

  1. Kelinci rex

Kelinci rex juga baik jika diambil dagingnya ketika dipelihara. Seperti kelinci new zealand, kelinci rex juga dapat tumbuh dengan bobot mencapai 5 kg. Dan juga, pertumbuhan serta reproduksi jenis kelinci ini memiliki kecepatan yang cukup untuk dimanfaatkan di bisnid peternakan kelinci.

Salah satu keunggulan jenis kelinci rex adalah selain dapat diambil dagingnya, juga dapat diambil kulitnya. Sehingga, peternak kelinci rex akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus ketika memilih untuk memelihara jenis kelinci rex ini. Karena sangat baiknya kualitas kulit keonci rex ini, ada yang memberi julukan pada kulit kelinci ini dengan bulu karpet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *