Cerahnya Prospek Ternak Kelinci

Cerahnya Prospek Ternak Kelinci

Urbanina.com – Prospek ternak kelinci memang dapat dikatakan dengan sebutan yang sederhana, yaitu cerah. Mengapa demikian? Apa alasan penulis menyebutnya dengan sebutan yang sederhana tetapi penuh makna tersebut? Berikut ini adalah ulasan singkatnya.

prospek ternak kelinci

Dagingnya menyehatkan sehingga banyak diminati

Daging kelinci adalah daging hewan yang rendah kolesterol. Oleh sebab itu, daging kelinci ini dapat dijadikan sebagai daging alternatif bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan protein hewani. Dan itu merupakan salah satu penyebab mengapa permintaan daging kelinci ini terus meningkat sehingga peternak kelinci terus disibukkan untuk dapat menyediakan stok daging sebanyak-banyaknya. Dan ini adalah salah satu alasan mengapa prospek ternak kelinci dapat dikatakan cerah.

Harga dagingnya juga sejauh ini stabil

Kabar baik dari penjualan daging kelinci adalah harganya yang stabil di pasaran. Setidaknya hingga saat ini, harga daging kelinci yang ada di pasaran masih stabil dan terus diatas. Sehingga, peternak kelinci sangat diuntungkan dengan situasi ini. Bagi peternak pemula yang ingin memulai beternak kelinci pun tentu memiliki peluang yang sama untuk dapat menikmati kestabilan harga pasar tersebut.

Kelinci juga dapat dijual sebagai hewan hias

Ini adalah keunggulan beternak kelinci yang mungkin tidak dimiliki oleh beternak hewan lainnya. Yaitu, kelinci dapat dijual sebagai hewan peliharaan berupa kelinci hias. Dengan begitu, pendapatan peternak kelinci tidak akan bergantung pada daging yang dihasilkan saja. Dengan menjualnya sebagai hewan peliharaan yang lucu, peternak memiliki kemudahan ganda dalam hal pemasarannya. Ini merupakan alasan ketiga mengapa prospek ternak kelinci ini dikatakan cerah.

Kelinci juga bisa dijual dalam bentuk menu olahan

Masih ada pilihan cara lain bagi peternak kelinci untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah dari kelinci yang ia pelihara. Cara lain tersebut adalah dengan menjual kelinci dalam bentu menu olahan. Peternak dapat sekaligus membukan warung makan atau menu restoran disamping membesarkan kelinci yang ia ternakkan.

Cara lain ini tidak lepas dari banyaknya menu olahan yang dapat diciptakan dari daging kelinci ini. Beberapa menu olahan yang dapat diciptakan dari daging kelinci ini diantaranya adalah sate kelinci, bakso, nugget, sosis, abon, dan menu olahan lainnya.

Itulah ulasan singkat mengenai prospek ternak kelinci yang dapat dikatakan cerah. Jika Anda adalah seorang yang peduli terhadap kesehatan tubuh, tentu daging kelinci menjadi salah satu jenis daging yang perlu untuk dikonsumsi. Namun, selain hanya mengkonsumsinya saja, Anda dapat sekaligus membudidayakannya dan mendapatkan keuntungan finansial nantinya.

Peluang untuk membudidayakan kelinci atau melakukan ternak kelinci ini tidak perlu diragukan lagi. Dengan adanya beberapa keunggulan dari berbagai prospek peternakan kelinci diatas, maka usaha ternak kelinci tidak akan kehabisan ide untuk mengembangkannya. Apalagi diikuti dengan perkembangan teknologi peternakan di Indonesia yang semakin kesini semakin maju dan mendukung para peternak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *