Cara ternak kelinci pemula dengan cepat

Urbanina.com – Siapa yang masih penasaran untuk merasakan potensi dari prospek peternakan kelinci? Tentu saja hal ini banyak terjadi terhadap pemula yang msih belum pernah mencoba untuk melakukan ternak kelinci. Padahal cara ternak kelinci pemula tidaklah terlalu sulit, justru dapat dikatakan mudah. Lalu, mengapa sebagian orang belum mencoba untuk memulai ternak kelinci tersebut? Jika niat untuk mendirikan peternakan kelinci sudah bulat, maka langkah selanjutnya adalah dengan memulainya. Untuk mengetahui cara lebih rinci cara memulainya tersebut, berikut adalah tutorial atau cara untuk melakukan ternak kelinci bagi anda yang masih pemula.

Cara ternak kelinci pemula dengan cepat

Menyiapkan kandang

Langkah pertama yang dilakukakan dalam melakukan ternak kelinci pemula adalah dengan menyiapkan kandang yang layak untuk digunakan. Ada beberapa jenis kandang yang dapat anda pilih sebagai kangang yang akan anda gunakan dalam usaha peternakan kelinci sebagai seorang pemula. Karena sebagai seorang pemula, anda dapat memilih kandang baterai yang mana satu kandang adalah untuk satu ekor kelinci saja. Dan dengan kandang tersebut, anda hanya akan dibebani dengan usaha pembesaran kelinci saja, sehingga lebih cepat dalam menumbuhkan kelinci serta lebih mudah dalam belajar.

Membeli bibit yang siap untuk dibesarkan

Peternak kelinci yang telah berhasil biasanya menyediakan bibit atau anakan kelinci yang siap untuk dibesarkan. Oleh karena itu, anda yang ingin ternak kelinci pemula dapat membeli bibit tersebut untuk dibesarkan di kandang baterai yang telah disiapkan. Bibit yang siap untuk dibesarkan adalah bibit yang sudah melewati masa 2 bulan disusui induknya. Dengan membeli bibit yang siap dibesarkan, maka hasil akhir dari budidaya pemula ini nantinya adalah kelinci yang tumbuh besar dan siap untuk diambil dagingnya.

Pemberian pakan

Pemberian pakan adalah hal yang penting bagi mereka yang melakukan ternak kelinci pemula. Pakan kelinci yang anda budidayakan dapat berupa sayuran hijau dan pelet. Sayuran hijau yang disukai kelinci antara lain adalah wortel, sawi, lobak, dan daun singkong. Sedangkan untuk pelet dapat dibeli di toko peternakan.

Kebutuhan pakan kelinci yang dibesarkan tersebut dapat mencapai 4-5% dari berat tubuhnya per hari. Untuk pakan berupa pelet, dapat diberikan di pagi hari sedangkan sayuran hijau diberikan di sore hari.

Panen kelinci

Karena tujuan akhir pemeliharaan kelinci untuk pemula ini adalah untuk membesarkan kelinci, maka di usia 2 bulan pemeliharaan saja kelinci tersebut  telah memiliki bobot yang cukup untuk dipanen. Cepat bukan? Namun, jika anda ingin melanjutkan pemeliharaan pun tidak apa-apa. Kelinci  tersebut tetap dapat dipelihara sebagai hewan peliharaan rumah, bukannya untuk tujuan pembesaran.

karena masih pemula, mungkin anda akan kaget mendapati kelinci yang anda pelihara memiliki sifat yang belum pernah anda lihat sebelumnya. Oleh karena itu, perlu bagi anda untuk sedikit lebih terliti dan sabar dalam memeliharanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *