Cara Memilih Kambing Etawa Berkualitas Baik

Cara Memilih Kambing Etawa Berkualitas Baik

Urbanina.com – Salah satu peluang usaha yang cukup menarik dan menjanjikan pada budidaya ternak kambing etawa adalah usaha pembibitan. Hal ini terjadi mengingat kambing etawa bisa menghasilkan anak dua kali dalam satu tahun. Harga bibit kambing etawa juga relatif mahal khususnya untuk kambing peranakan etawa (PE). Lalu, bagaimana cara memilih kambing etawa berkualitas baik untuk bisnis pembibitan?

Pada awalnya kambing etawa merupakan jenis kambing yang asalnya dari negara India. Di negara asalnya kambing etawa India ini dinamakan kambing Jamnapari. Saat ini kambing etawa berkembang di Indonesia karena dibawa oleh Belanda yang pada waktu  itu sedang menjajah Indonesia dengan melakukan kawin silang antara kambing etawa India dengan kambing lokal Indonesia.

Cara Memilih Kambing Etawa Berkualitas Baik [ ]

Apabila Anda tertarik ingin mencoba memulai usaha pembibitan kambing etawa maka sudah seharusnya Anda mengetahui cara memilih kambing etawa yang berkualitas baik dimulai dengan mengenal ciri-ciri calon induk etawa yang baik. Berikut ini adalah hal-hal yang mesti diperhatikan saat Anda ingin membeli calon induk kambing etawa.

Ciri-ciri Fisik

  • Bentuk tubuhnya kelihatan kompak dengan dadanya yang dalam dan lebar. Perhatikan pada garis punggung dan pinggangnya bila kelihatan lurus maka kambing itu dapat dibuat jadi calon induk.
  • Perhatikanlah bentuk tubuhnya, cari yang mempunyai bentuk (tulang-tulang) besar. Postur tubuh yang besar bukannya berarti gemuk. Tidak boleh sesekali membeli kambing etawa dara yang dalam kondisi gemuk karena kambing gemuk sukar memperlihatkan tanda-tanda estrus.
  • Mempunyai kaki yang lurus dan tumitnya lumayan tinggi.
  • Pilih yang giginya lengkap. Bila giginya kurang maka pastinya proses memakan pakan hijauan ternak akan terhambat. Untuk memastikan kelengkapan giginya cukup memperhatikan saat calon induk sedang makan rumput atau hijauan jika kelihatan lahap dan mempunyai selera makan yang baik pada hijauan tersebut maka kambing etawa itu layak dipilih. Salah satu cara nenek moyang untuk mengetahui hal ini adalah dengan melihat bentuk rahangnya. Jika kemungkinan besar rahangnya lebar dan rata antara rahang atas dan bawah menunjukkan ciri-ciri kambing yang baik.
  • Induk kambing mempunyai bentuk yang simetris antara sebelah kiri dan kanan.

Ciri-Ciri Sifat

Calon induk kambing etawa yang baik harus memiliki sifat jinak dan tenang. Bila calon induk kelihatan lumayan agresif lebih baik cari yang lainnya karena kambing yang agresif biasanya kurang baik dalam hal menyusui anak-anaknya.

Ciri-Ciri Genetis

  • Pilih calon induk kambing yang berasal dari keturunan kembar betina-betina sebab sifat ini biasanya akan menurun, namun sebaiknya menghindari memilih kambing yang berasal dari keturunan kembar jantan-betina atau freemartin.
  • Kambing betina yang terlahir tunggal lumayan baik jika dibuat jadi calon induk asalkan berasal dari induk muda kelahiran tunggalnya.

Kondisi fisik, sifat (tingkah laku) dan genetis dari calon induk kambing mesti diperhatikan saat ingin memilih kambing etawa berkualitas baik. Pasalnya ini amat terkait dengan kesuksesan dalam budidaya kambing etawa untuk memproduksi susu atau daging. Ketiga cara memilih kambing etawa berkualitas baik di atas kiranya telah cukup untuk dijadikan pedoman dalam membeli/memilih calon induk yang akan memproduksi susu dan daging yang baik dan berkualitas. Mengenai ciri-ciri kambing pejantan etawa barangkali belum bisa dijelaskan di sini sebab sekarang pejantan kambing etawa yang baik telah dapat digantikan dengan adanya inseminasi buatan atau artificial insemination dimana dalam prosesnya lebih efektif dan terjamin  kualitasnya.

Jika Anda mau memulai urban farming, menanam sayuran hidroponik, sayuran organik, mau menanam sistem akuaponik, sebaiknya Anda berkunjung ke www.store.urbanina.com di sini tersedia berbagai starterkit dan juga alat serta bahan untuk Anda yang mau mulai menanam. Atau bisa konsultasi ke 082227639118.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *