Jenis – Jenis Kandang Bebek Untuk Mengembangkan Ternak

Jenis – Jenis Kandang Bebek Untuk Mengembangkan Ternak

Urbanina.com – Peternakan bebek menjadi salah satu pilihan usaha yang memiliki prospek yang bagus. Karena, semakin kesini, permintaan akan daging bebek semakin meningkat. Kebutuhan daging bebek harus dipenuhi meskipun harus dengan membeli kepada yang bukan peternak bebek. Namun, bagi peternak bebek yang memiliki visi kedepan yang baik tentu tidak akan membiarakan kebutuhan daging bebek tidak terpenuhi. Maka, para peternak tentu memiliki banyak inovasi untuk mengembangkan usaha peternakan mereka, salah satunya pada pengembangan kandang. Terdapat beberapa jenis kandang bebek yang dapat digunakan bagi para peternak bebek ini. Apa saja mereka? berikut kami bahas satu per satu.

jenis kandang bebek

  1. Kandang boks

Jenis kandang bebek yang pertama bernama kandang boks. Kandang boks ini digunakan untuk masa awal pertumbuhan bebek yang hendak diternakkan. Bebek yang hendak diternakkan ini biasa disebut bibit atau juga bisa disebut DOD. DOD ini sendiri singkatan dari Days Old Duck. Untuk merawat DOD ini tentu memerlukan perawatan yang intensif agar si bebek kecil ini dapat tumbuh dan terhindar dari penyakit. Salah satu perawatannya adalah dengan memberinya rumah berupa kandang boks ini. Kandang boks yang sudah jadi memiliki kualitas rumah yang baik bagi para DOD karena tempat tersebut hangat dan nyaman.

Kandang boks dapat dibuat sendiri dengan menggunakan bahan-bahan sebagai berikut : kayu, bambu, papan, triplek, kardus, kawat ram, serta plastik dan lain-lain. Kandang boks dapat di buat dengan bentuk empat ersegi panjang, bundar ataupun bujur sangkar. Menenai ukurannya kandang ini dapat disesuaikan dengan keinginan peternak itu sendiri atau misalnya disesuaikan dengan bahan yang ada. Bila memungkinkan, dapat didesain dengan tinggi satu ruangan adalah 1 meter, kemudian dapat dibuat bertingkat. Lalu, pada dinding kandang harus ada ventilasi untuk memberikan sirkulasi udara yang cukup bagi bebek. Untuk tempat makan dan minum, dapat diletakkan didalam kandang maupun diluar kandang pun tak masalah.

Untuk menjaga kesehatan DOD yang hidup di kandang boks ini, harap dipasang tirai plastik di dinding kandang. Tirai ini berfungsi untuk melindungi DOD dari terpaan angin yang kencang dari luar. Karena, DOD tidak akan tahan terhadap terpaan angin yang kencang, mengingat bulunya masih halus dan belum lebat. Terutama ketika malam hari, ketika ada angin kencang, dan ketika hujan tirai plastik ini akan sangat bermanfaat untuk DOD.

Kemudian untuk menggunakan kandang boks ini, bila berukuran 1 m x 2 m, maksimal diisi 100 DOD sampai berumur 14 hari. Karena, jika terlalu padat DODnya, akan tidak baik untuk DODnya itu sendiri.

  1. Kandang Ren

Jenis kandang bebek yang kedua adalah jenis kandang ren. Tipe dari kandang jenis ini adalah untuk pembesaran bebek dan bisa juga untuk pemeliharaan induk bebek. Untuk desainnya, kandang ini dapat dibuat bertingkat, atau beralaskan tanah yang dilapisi dengan litter. Litter ini dapat dibuat dengan jerami, sekam padi ataupun bahan lain yang tersedia. Dan untuk ukurannya dapat diseuaikan dengan lahan yang dimiliki dengan memperhatikan jumlah bebek yang diternakkan. Bagian luar kandang yang di satu titik terdapat kolam ini disebut umbaran atau ren, yang memiliki banyak fungsi untuk bebek. Yaitu bermain, makan, minum, mandi, dan juga untuk mendinginkan tubuh jika siang harinya panas.

  1. Kandang Postal

Jenis kandang bebek yang ketiga bernama kandang postal. Kandang yang satu ini memiliki dua fungsi, yaitu untuk pemeliharaan DOD sekaligus untuk pembesarannya. Sehingga, bebek yang diternakkan dikumpulkan menjadi satu di ruangan yang cukup besar. Kemudian, didalam ruangan itu bebek dapat makan, minum, dan lain-lain, berbeda bila diternakkan kandang ren yang dilakukan diluar ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *