Yang Harus Diperhatikan Saat Menyiapkan Bibit DOD Pedaging

Yang Harus Diperhatikan Saat Menyiapkan Bibit DOD Pedaging

Urbanina.com – Sebelum berbicara mengenai penyiapan bibit DOD pedaging ini, akan lebih menyenangkan bila berbicara mengenai peluang usaha bebek pedaging yang ada di Indonesia ini. Usaha ternak bebek pedaging ini tak lain adalah untuk dengan mengambil keuntungan dari penjualan daging yang mana saat ini telah mengalami peningkatan yang signifikan. Sejumlah restoran dan warung yang berdiri di desa maupun kota ini seperti halnya kompak dalam menambah menu daging pada daftar menu yang mereka sajikan. Hal tersebut ternyata mendapat respon yang positif dari konsumen terbukti dengan dipertahankannya menu daging bebek tersebut agar dapat dinikmati para konsumen. Hal ini lah yang menjadi salah satu penyebab meningkatnya permintaan daging bebek yang sangat baik bagi mereka yang akan memulai usaha peternakan bebek pedaging. Pekerjaan yang menjadi awal dari usaha tersebut adalah menyiapkan bibit DOD pedaging.

menyiapkan bibit dod

Sebagai seorang pelaku usaha, tentu mengharapkan keuntungan yang maksimal dari usaha yang ia jalankan. Begitu juga bagi pelaku usaha peternak bebek pedaging ini. Kejelian dalam menyiapkan bibit DOD pedaging tentu sangat diperlukan demi mendapat kan hasil panen yang dapat berefek baik untuk hasil akhir panen nantinya. Untuk dapat dijelaskan, DOD merupakan singkatan dari Day Old Duck yang merupakan nama dari bibit jantan bebek pedaging. Menyiapkan bibit DOD pedaging menjadi salah satu hal yang bersifat harus agar penyiapan tersebut dapat berjalan baik sehingga untuk menuju proses selanjutnya tidak mengalami banyak kesulitan. Karena, tidak sedikit DOD yang tidak sehat atau dengan kata lain memiliki penyakit ungga seperti Avian Influenza, Fowl cholera, Fowl Pox, Avian Chlamydiasis, Coccidiosis, atau penyakit lain yang kurang populer.

Untuk dapat memperoleh bibit DOD ini, sudah banyak produsen atau supplier bibit DOD yang menyediakan bibit tersebut. Namun, untuk dapat memperoleh bibit DOD yang sehat tidaklah bisa hanya bergantung pada sembarang supplier. Diperlukan survey terhadap berbagi supplier sehingga dapt diketahui dan diseleksi mana supplier yang menyediakan bibit DOD yang terhindar dari penyakit. Kalimat yang bisa mendeskripsikan survey ini adalah seurvey terhadap kredibilitas supplier. Setelah mendapatkan supplier yang memiliki kredibilitas bagus, pelaku usaha diharapkan agar dengan segera memesan bibit DOD tersebut secepatnya agar tidak disalip oleh orang lain. Hal ini dilakukan karena tak jarang produsen bibit DOD yang kehabisan stok karena banyaknya permintaan. Juga, untuk menghindarikematian bibit DOD, disarankan agar membeli bbit yang berumur 3-5 hari meskipun harganya lebih mahal. Harus selalu ingat bahwa salah satu faktor keberhasilan ternak bebek pedaging adalah pada saat pemilihan bibit saat menyiapkan bibit DOD pedaging ini.

Berikut beberapa kriteria yang dapat dijadikan pedoman ketika memilih bibit DOD pedaging yang unggul.

  1. DOD jantan yang beratnya minimal 40 gram, berumur 3-5 hari
  2. Duburnya bersih dan pusarnya sudah kering
  3. Umur penetasannya antara 27-29 hari
  4. Berbulu kering dan bagus
  5. Kedua matanya jernih dan tidak sayu
  6. Kaki yang tidak memiliki cacat
  7. Lincah bergerak, biasanya meronta saat dipegang

Lalu, beberapa kriteria yang disarankan dalam memilih bibit DOD adalah sebagai berikut.

  1. Membeli bibit DOD yang seragam

Untuk dapat memperoleh hasil panen dalam waktu yang sama, ditentukan oleh pemilihan DOD yang seragam pula. Sehingga, jika memungkinkan disarankan untuk memebeli DOD yang seragam.

  1. Memilih DOD jenis jantan

Sudah banyak dibuktikan bahwa DOD jantan memiliki masa pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan DOD betina. Sehingga, hal ini tentu akan berpengaruh pada hasil akhir yaitu keuntungan penggunaan waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *