Cara Membuat Konstruksi Kandang Bebek Dengan Benar

Cara Membuat Konstruksi Kandang Bebek Dengan Benar

Urbanina.com –¬†Konstruksi kandang bebek merupakan hal yang mendasari ketahanan kandang apakah kandang tersebut layak pakai atau tidak. Kandang yang dibangun dengan konsntruksi kandang yang benar akan dapat digunakan dalam waktu yang lama dan tidak mudah rusak, sebaliknya kandang dapat dengan mudah cepat rusak dan tidak tahan lama. Sehingga, setiap peternak yang akan membangun kandang bebek harus memperhatikan ketahanan kandang supaya dapat memberi kenyamanan untuk hewan ternak sekaligus dapat menghasilkan keuntungan finansial pada akhirnya. Hal ini dikarenakan dalam pembangunan kandang bebek diperlukan tidak sedikit uang. Untuk itu, berikut beberapa hal mengenai konstruksi kandang bebek agar terbangun kandang bebek yang kokoh, nyaman dan kuat.

konstruksi kandang bebek

  1. Pondasi Kandang harus Kokoh

Bagian pondasi kandang menjadi prioritas nomor satu. Selain dibangun yang pertama kali, pondasi kandang juga memiliki peran besar yang mempengaruhi kekuatan kandang. Pondasi kandang harus kuat. Hal ini karena pondasi merupakan tumpuan kekuatan untuk menahan beban keseluruhan kandang, beban jika terjadi hujan maupun jika terjadi angin kencang. Konstruksi kandang bebek yang memiliki pondasi kuat akan berpengaruh terhadap kekuatan keseluruhan kandang dari yang paling bawah hingga paling atas.

  1. Lantai Kandang yang Kuat dan Fleksibel

Lantai kandang harus memiliki kekuatan yang kuat untuk menampuk hewan ternak nantinya. Agar mendapat lantai yang kuat maka pembuatan lantai juga dibuat dengan bahan yang kuat seperti bambu, papan, tanah yang dipadatkan, semen, kawat atau bahan kuat lainnya. Jika hendak menggunakan bambu, hendaknya memilih bambu yang sudah tua karena jika bambu lebih tua maka lebih tahan lama. Selain itu, dibuat bangunan panggung agar terhindar dari serangan rayap, lalu disusun berjajar atau dianyam secara jarang. Jika hendak menggunakan semen, maka semen biasanya dicampur pasir dan kapur sehingga menjadi lantai yang kuat. Namun, lantai dari semen membutuhkan biaya yang sedikit lebih mahal.

Lantai kandang fleksibel yang dimaksud adalah lantai yang dibuat dengan sedemikian rupa sehingga mudah untuk dibersihkan. Seorang peternak bebek tentu tahu bagaimana limbah yang dihasilkan dari ternak bebek ini dapat membuat kandang menjadi kotor. Dan konstruksi kandang bebek ini dibangun dengan lantai kandang yang fleksibel agar kandang kotor akibat limbah dapat dibersihkan dengan mudah.

  1. Dinding Kandang yang menyesuaikan

Dinding kandang bebek dibangun dengan menyesuaikan beberapa hal. Yaitu harus mempertimbangkan kenyamanan serta ketersediaan cahaya matahari ketika siang hari. Maka, untuk membuat dinding kandang, dapat dilakukan menggunakan beberapa bahan antara lain tembok, bambu, papan, kawat dan ram dari bahan plastik nilon.

  1. Atap Kandang sebagi Pelindung

Pemberian atap pada konstruksi kandang bebek dimaksudkan agar dapat memberikan perlindungan untuk hewan yang diternakkan. Salah satu hal yang menjadi ancaman adalah air hujan serta panas matahari yang berlebihan. Sehingga, saran yang pertama ketika hendak membangun atap kandang bebek adalah agar membangun atap yang tinggi sehingga panas matahari di siang hari tidak dapat secara langsung mempengaruhi suhu udara yang ada di dalam kandang bebek. Dan air hujan jelas menjadi ancaman yang buruk bagi hewan ternak jika airnya dapat menembus atap kandang.

Selain atap kandang dibuat yang tinggi, atap kandang juga disarankan agar dibuat dari bahan yang tahan lama. Atap dapat dibuat dari bahan-bahan seperti seng, asbes, genting, maupun rumbia. Namun, penggunaan rumbia biasanya digunakan peternak yang memelihara bebek dengan jumlah yang tidak banyak. Karena, bahan ini termasuk murah walaupun tingkat ketahanannya rendah dibanding dari bahan yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *