Cara Membedakan Antara DOD Jantan Dan Betina

Cara Membedakan Antara DOD Jantan Dan Betina

Urbanina.com – Sebagai seorang pelaku usaha peternak bebek, memiliki keahlian dalam mengelola keuangan adalah hal utama yang harus dimiliki. Namun, tentu keahlian lain seperti membedakan antara DOD jantan dan betina harus menjadi salah satu keahlian sampingan yang harus dimiliki pula. Ketika seseorang yang menjadi pelaku ternak tidak dapat menjawab pertanyaan bagaimana cara membedakan antara DOD jantan dan betina, maka akan terlihat canggung dan bisa menjadi bahan candaan bagi lawan bicara pelaku usaha ternak. Namun, hal ini sebenarnya dapa dimaklumi bila mengetahui seluk beluk dalam melakukan usaha ternak bebek pedaging. Mengingat pelaku usaha ternak bebek tentu hanya tinggal membeli apakah DOD jantan atau betina dari supplier DOD, dan supplier tersebutlah yang memilihkan DOD jantan atau betina sesuai yang dipesan tadi. Untuk diketahui, DOD adalah bibit bebek pedaging yang merupakan singkatan dari Days Old Duck.

membedakan antara dod jantan dan betina

Terlepas dari candaan untuk pelaku usaha ternak tersebut, patut diketahui bahwa ada beberapa hal yang membedakan antara DOD jantan dan betina. Meskipun secara sekilas kedua jenis DOD ini memiliki kesamaan, namun ada perbedaan yang dapat dijadikan patokan untuk membedakan apakah DOD tersebut jantan atau betina. Orang yang lebih tahu cara membedakan antara DOD jantan dan betina tentulah orang-orang yang bekerja di penetasan bibit DOD yang sudah ada di Indonesia ini. Karena, selain memilihkan para pelanggannya, DOD yang telah menetas ini kemudian dipilih mana yang jantan dan mana yang betina. Kemudian DOD jenis jantan dikelompokkan dengan yang sejenis, lalu ditempatkan di tempat yang terpisah dari kelompok DOD jenis betina. Sehingga, ketika pembeli DOD datang, pembeli dapat memilih dengan mudah antara DOD jantan dan DOD betina. Lalu bagaimana cara mereka membedakan antar DOD jantan dan betina ?

Untuk membedakan antara DOD jantan dan betina dapat dilakukan setidaknya dengan tiga cara, yaitu hand sexing, voice sexing, dan bend sexing. Karena, setidaknya antara DOD jenis jantan dan betina terdapat tiga hal yang membedakan diantara kedua jenis tersebut. Ketiga cara diatas dapat dipraktekan oleh siapa saja jika memiliki kepekaan terhadap ciri-ciri DOD ini. Bagi para pemula, biasanya dapat menggunakan cara hand sexing karena dibutuhkan kepekaan yang tidak cukup sulit. Mengenai bagaimana ketiga cara membedakan tersebut bekerja, berikut penjelasannya.

  1. Hand sexing

Cara hand sexing seperti yang disebutkan diatas adalah cara yang paling mudah. Cara dilakukan dengan cara yang pertama, tangan kiri memegang bagian anus atau dubur atau kloaka DOD. Kedua, balikkan DOD dengan punggung dibawah, lalu tangan kanan membuka dubur DOD. Ketiga, lihat apakah terdapat tonjolan berwarna putih seperti akar kecambah atau tidak. Jika ada, berarti itu adalah DOD jantan, jika tidak maka itu adalah DOD jenis betina.

  1. Voice sexing

Cara voice sexing ini adalah cara yang dilakukan dengan membedakan suara DOD. Caranya, pertama pegang bebek, dan yang kedua adalah menakan bagian pangkal leher didekat tembolok. Jika suara DOD adalah serak maka DOD tersebut adalah DOD jenis jantan. Jika suaranya nyaring, maka DOD tersebut adalah DOD betina.

  1. Bend sexing

Cara yang ketiga adalah cara yang memiliki nama bend sexing. Untuk membedakan DOD tersebut, dapat dilakuakan dengan cara membedakan gerak-gerik dari DOD. Ciri-cirinya adalah, DOD jantan memiliki gerakan yang lebih tenang, dilihat dari fisik memiliki kepala yang lebih besar, badan lebih besar, warna bulunya gelap, bulu kepala adalah kasar dan panjang, dan memiliki paruh gelap dan melengkung. Sedangkan DOD betina memiliki ciri yang berkebalikan dengan DOD jenis jantan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *