Persyaratan Lokasi Untuk Beternak Burung Puyuh

Urbanina.com - Lokasi untuk beternak burung puyuh harus memenuhi beberapa persyaratan agar menjadi lokasi yang ideal. Di beberapa provinsi di Indonesia yang menjadi sentra peternakan burung puyuh ini, telah tersedia lokasi yang ideal. Lokasi untuk beternak burung puyuh tersebut dapat memberikan kenyamanan untuk kedua pihak, baik untuk peternak maupun untuk burung puyuh yang dipelihara. Terutama untuk burung puyuh yang dipelihara, lokasi untuk beternak burung puyuh sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan produktivtasnya. Karena, burung puyuh pada dasarnya adalah hewan liar yang hidup dan tumbuh di alam bebas dan tidak terbiasa untuk dipelihara. Sehingga, hanya lokasi tertentu saja yang dapat memberikan pengaruh baik terhadap pertumbuhan dan produktivitas burung puyuh ini. lokasi untuk beternak burung puyuh Bagi orang yang ingin melakukan usaha ternak burung puyuh, ia harus terlebih dahulu dapat menentukan lokasi untuk beternak burung puyuh tersebut. Hal ini dinilai penting, karena seperti yang dijelaskan diatas bahwa lokasi sangat perbengaruh terhadap pertumbuhan dan produktivitas burung puyuh yang akan dipelihara. Jika pertumbuhan dan produktivitas burung puyuh yang dipelihara menurun, hal itu tentu juga akan berpengaruh buruk terhadap keuangan usaha peternak itu sendiri. Belajar dari beberapa sentra peternakan burung puyuh yang ada di Indonesia, lokasi yang tepat untuk mendukung peternakan burung puyuh ini sudah pasti adalah hanya beberapa lokasi tenrtentu saja. Adapun lokasi yang ideal untuk beternak burung puyuh harus memenuhi beberapa persyaratan lokasi sebagai berikut.
  1. Jauh dari keramaian
Persyaratan lokasi untuk dijadikan tempat beternak burung puyuh yang pertama adalah jauh dari keramaian. Jika diteliti lagi, burung puyuh termasuk hewan unggas yang memililiki rumah atau sarang yang jauh dari keramaian. Unggas ini hidup didarat dan memiliki kebiasaan berpindah-pindah sarang. Dan semua sarang yang mereka tempati jauh dari keramaian yang disebabkan oleh keramaian manusia maupun oleh hewan-hewan yang suka bersuara keras maupun. Sehingga, jika ingin memilih lokasi yang ideal untuk beternak burung puyuh ini yang pertama adalah memilih lokasi jauh dari keramaian, terutama keramaian dari pemukiman penduduk. Karena keramaian atau kebisingan dapat menjadikan burung puyuh yang dipelihara menjadi stress dan produktivitasnya menurun.
  1. Memiliki sirkulasi udara yang baik
Syarat yang kedua adalah harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Lagi, kita dapat memperthatikan lagi sarang burung puyuh yang ada di alam. Semua sarang yang dibuat burung puyuh ditempatkan di tempat yang memiliki pertukaran udara atau sirkulasi yang sangat baik. Begitu pula untuk lokasi peternakan burung puyuh, juga harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Karena, sirkulasi udara yang baik akan membuat udara kandang puyuh menjadi selalu segar. Berbeda dengan sirkulasi udara yang buruk, yang menyebabkan banyaknya kadar polutan yang dikhawatirkan dapat membuat unggas terserang penyakit.
  1. Area yang tidak sering banjir dan bebas dari wabah penyakit
Di Indonesia, terdapat beberapa daerah atau area yang sering terjadi bencana alam yang bernama banjir. Area tersebut sudah dapat dipastikan bukan daerah yang cocok untuk dijadikan lokasi peternakan burung puyuh. Selain itu, lokasi yang dipilih juga harus terbebas dari wabah penyakit.
  1. Mudah diakses alat transportasi
Persyaratan lokasi untuk beternak burung puyuh yang terakhir ini dibuat berdasarkan pertimbangan untuk memperlancar proses peternakan. Misalnya untuk pemasaran, jalur transportasi yang mudah sangat dibutuhkan agar alat transportasi dapat dengan mudah menjangkau lokasi dalam mengambil dan mengangkut hasil panen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *