Penyebab Burung Puyuh Tidak Bertelur Yang Pelu Diketahui

Urbanina.com –┬áBurung puyuh dapat memberikan keuntungan yang cukup besar ketika dipelihara dengan baik di kandang pemeliharaan. Keuntungan yang cukup besar tersebut didapatkan dari hasil ternak berupa telur burung puyuh yang berlimpah. Telur yang lancar terus dihasilkan burung puyuh yang dipelihara dapat dijual ke orang yang mau menjualnya lagi dengan harga takaran per kg. Namun, di beberapa kasus terdapat peternak yang gagal membuat burung puyuh yang mereka pelihara menjadi produktif. Hasilnya, burung puyuh tidak dapat bertelur meskipun sudah memiliki umur yang seharusnya bisa bertelur. Hal ini terkadang terjadi kepada peternak yang masih pemula, dan biasanya terdapat beberapa penyebab burung puyuh tidak bertelur yang dapat dianalisa kembali.

penyebab burung puyuh tidak bertelur

Penyebab burung puyuh tidak bertelur ketika dipelihara ini sangatlah beragam. Dan di artikel ini akan kami bahas mengenai beragam penyebab burung puyuh tidak bertelur tersebut. Peternak burung puyuh yang sudah berpengalaman biasanya akan dapat membuat burung puyuh bisa bertelur ketika berusia 40 hari. Di usia tersebut, burung puyuh sudah dapat menghasilkan telur di kandang pemeliharaan meskipun jumlahnya hanya satu. Namun, hal itu berbeda dengan yang dialami peternak pemula yang mana burung puyuh yang ia pelihara tidak kunjung bertelur, padahal burung puyuh tidak pernah kekurangan pakan. Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa penyebab burung puyuh tidak bertelur yang perlu diketahui.

  1. Kuantitas dan kualitas pakan yang kurang

Penyebab pertama burung puyuh tidak segera bertelur adalah dikarenakan pakan yang kurang banyak terhadap burung puyuh. Atau, kalau bukan kuantitasnya, maka ada masalah terhadap kualitas pakan. Meskipun pakan berasal dari buatan pabrik yang terpercaya, peternak harus dapat memastikan bahwa pakan tersebut memiliki kualitas yang baik dengan melihat komposisi yang tertulis di label.

  1. Jenis pakan yang tidak cocok

Kalau kuantitas dan kualitas pakan telah cukup, mungkin penyebab puyuh tidak bertelur adalah yang nomor dua, yaitu jenis pakan yang tidak cocok. Hal ini mungkin terjadi kepada peternak yang terlalu tergesa-gesa ingin agar puyuh yang dipelihara cepat bertelur. Sehingga, terjadi kesalahan pemberian pakan, semisal memberi pakan layer terhadap puyuh yang masih seumuran grower. Jika itu yang dilakukan, maka burung puyuh bisa saja tidak bertelur walaupun seharusnya sudah memiliki cukup umur untuk bertelur. Oleh karena itu, peternak harus memberikan pakan yang harus sesuai dengan umur burung puyuh yang dipelihara yaitu umur starter, grower, dan layer.

  1. Penyakit

Penyebab yang mungkin menyebabkan burung puyuh tidak bertelur salah satunya adalah penyakit. Ada beragam penyakit yang dapat menjangkiti burung puyuh yang dipelihara. Karena, burung puyuh yang dipelihara di kandang yang kotor akan sangat rawan terkena berbagai ancaman penyakit yang dibawa oleh jamur, virus, dan juga bakteri. Sehingga, peternak tidak perlu kaget ketika terdapat satu dua burung puyuh yang tidak mau bertelur yang disebabkan oleh penyakit. Beberapa peternak lebih memilih untuk menjadikan burung puyuh yang sakit untuk dijadikan pakan reptil, dibandingkan dengan harus memaksakan unggas yang sakit tersebut untuk bisa bertelur seperti unggas sehat lainnya.

  1. Perawatan kandang yang buruk

Ada banyak cabang perawatan kandang yang harus dilakukan oleh peternak, seperti kebersihan, perlampuan, tata laksana dan lain-lain. Salah satu hal yang menjadi penyebab pokok mengapa puyuh tidak bertelur adalah kebersihan kandang atau sanitasi kandang. Sehingga, jika ingin puyuh yang di pelihara dapat berterlur tepat waktu, peternak harus dapat memastikan bahwa kandang untuk puyuh yang dipelihara adalah dalam keadaan bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *