Cara Ternak Puyuh Agar Bertelur Banyak

Cara Ternak Puyuh Agar Bertelur Banyak

Urbanina.com – Meskipun termasuk sejenis burung, tetapi puyuh tidak bisa terbang sebagaimana jenis burung yang lainnya. Di alam liar puyuh hidup di semak-semak belukar atau di daerah persawahan. Masyarakat Jawa menyebut puyuh dengan sebutan burung gemak. Dahulu puyuh adalah burung yang diburu untuk dimasak dagingnya. Daging puyuh memang lezat dan manis rasanya, terlurnya pun tak kalah enaknya sehingga tidak sedikit orang yang menggemarinya. Namun akibat terus diburu membuat keberadaan puyuh menjadi makin langka. Maka dari itu, salah satu upaya menjaga keberadaannya adalah budidaya ternak puyuh di rumah. Kini permintaan pasar terhadap telur puyuh sangat tinggi. Bagaimanakah cara ternak puyuh agar bertelur banyak?

Puyuh tidak cuma disantap dagingnya saja, namun telur puyuh ternyata jauh lebih dicari oleh masyarakat Indonesia. Telur puyuh yang berukuran kecil ini umumnya dioalh untuk beragam sajian masakan yang lezat ataupun direbus untuk dimakan dengan cara langsung. Perlu diketahui,  nutrisi yang terkandung di dalam telur puyuh demikian banyak. Tidak aneh bila masyarakat Indonesia demikian menyenangi telur puyuh. Namun, saat ini persediaan di pasaran dapat dibilang langka sehingga para peternak atau pembudi daya puyuh harus mengetahui cara ternak puyuh agar bertelur banyak.

cara ternak puyuh agar bertelur banyak [ ]

Budidaya atau beternak puyuh bisa menjadi peluang usaha yang memberi keuntungan bagi kita. Untuk itu ada cara ternak puyuh agar bertelur banyak yang harus diaplikasikan. Nah, berikut adalah cara ternak puyuh agar bertelur banyak. Berbagai cara dapat dicoba supaya puyuh yang dibudidayakan/diternak dapat cepat bertelur serta banyak jumlah telurnya. Salah satu caranya yang biasa dilakukan orang ialah dengan memberikan berbagai jenis pakan alternatif. Penting pula diperhatikan mengenai tempat kandang puyuh yang nyaman dan terlepas dari keramaian yang dapat menyebabkan puyuh stres sehingga memberi pengaruh pada produksi telur puyuh tersebut.

Tepung Ikan

Tepung ikan mempunyai sumber protein yang paling baik untuk pakan alternatif burung puyuh dibandingkan dengan alternatif sumber protein lain. Akan tetapi kekurangannya yakni harganya terbilang amat mahal.

Tepung Tulang

Tepung tulang pun bisa menjadi sumber protein yang tinggi bagi burung puyuh sebagai pengganti tepung ikan. Mutu proteinnya amat baik seperti protein yang berasal dari tepung ikan.

Jagung

Jagung dapat juga digunakan untuk pakan alternatif karena kaya akan karbohidrat dan pastinya jadi sumber tenaga/energi bagi burung puyuh. Untuk mempergunakan jagung ini terlebih dulu Anda mesti menghaluskannya dan menambahkan sumber protein, baik protein nabati atau pun hewani.

Dedak Atau Bekatul

Dedak atau bekatul dapat dijadikan sumber energi yang baik lantaran dalam bekatul terkandung karbohidrat yang cukup bagi puyuh. Harganya pun murah sehingga dedak banyak dipilih sebagai pakan alternatif oleh para peternak/pembudidaya puyuh.

Bungkil Kelapa

Bungkil kelapa pun bisa digunakan untuk pakan alternatif burung puyuh. Bungkil kelapa ini amat murah dan gampang didapat. Pada umumnya bungkil kelapa dapat diperoleh di rumah makan atau restoran atau di pabrik roti rumahan. Tetapi penggunaan bungkil kelapa ini mesti dikurangi sebab banyak mengandung minyak.

Bungkil Kedelai

Bungkil kedelai dapat dijadikan sumber alternatif makanan ternak burung puyuh. Bungkil kedelai ini memiliki kandungan protein yang relatif tinggi. Umumnya dalam pemakaian bungkil kedelai ini hanya mencapai sekitar 25%.

Demikianlah cara ternak puyih agar bertelur banyak. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *