Cara Agar Puyuh Cepat Bertelur, Begini Caranya!

Cara Agar Puyuh Cepat Bertelur, Begini Caranya!

Urbanina.com – Beternak puyuh adalah usaha yang dapat dijadikan sebuah bisnis yang prospektif lantaran sekarang harga telur puyuh termasuk mahal. Tidak sedikit olahan masakan yang bersumber dari burung puyuh, satu diantaranya ialah sate telur puyuh atau sebagai campuran capcai. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk beternak puyuh. Namun, tahukah Anda cara agar puyuh cepat bertelur dan telurnya tersebut banyak?

Puyuh merupakan unggas yang tinggal di darat dan memiliki tubuh sedikit gemuk dan kecil. Puyuh memakan serangga yang berukuran kecil dan biji-bijian. Burung ini biasanya memiliki tempat bermain di tanah yang lembut (pasir) dan tempat bekas pembakaran (kebun). Mereka membuat sarang di semak-semak yang rimbun (sedikit tertutup).

Cara Agar Puyuh Cepat Bertelur []

Puyuh memiliki tanda khusus yakni tidak memiliki ekor yang panjang seperti halnya burung kicau. Puyuh bisa terbang serta berlari dengan kecepatan tinggi sehingga burung ini sulit sekali ditangkap dengan hanya mengandalkan tangan biasa, perlu strategi tersendiri untuk menangkapnya. Meskipun demikian banyak orang yang tertarik untuk beternak puyuh. Apalagi saat ini telah diketahui cara agar puyuh cepat bertelur membuat minat masyarakat semakin menggebu.

Hal-hal yang harus dilakukan dalam beternak puyuh dan cara agar puyuh cepat bertelur adalah sebagai berikut :

  • Kandang. Siapkan kandang di tempat yang cocok untuk burung itu dan arahnya yang pas adalah memanjang dari arah timur menuju barat.
  • Bibit Puyuh. Pesan puyuh dara sebab dalam perawatannya burung puyuh dara lebih mudah dan juga rendah tingkat kematiannya. Anda dapat membeli mesin penetas telur bila ingin menetasakan telur puyuh sendiri.
  • Isi Kandang. Isilah kandang puyuh dengan kepadatan yang pas. Panjang kandang burung puyuh jangan lebih dari 2 meter guna mencegah gerak puyuh yang berlebihan. Sebaiknya lebar kandang puyuh kurang dari 70 cm untuk mempermudah saat kita ingin menangkapnya atau membersihkan kandang. Sebaiknya tinggi kandang maupun sangkar puyuh jangan lebih dari 40 cm guna mencegah puyuh meloncat-loncat di dalam kandang. Satu kotak sangkar puyuh maksimal diisi oleh 30 ekor.
  • Pakan Puyuh. Puyuh sebenarnya bisa juga diberikan pakan/makanan ayam, namun lebih baik jikla Anda memberinya pakan yang khusus untuk burung puyuh.
  • Suasana Kandang. Perhatikan keadaan kandang! Jauhkan puyuh dari ancaman dan kebisingan yang dapat menyebabkan puyuh itu merasa takut supaya puyuh tidak stres. Pada umumnya bila puyuh telah terbiasa dengan lingkungan sekitarnya maka perawatannya pun akan menjadi lebih mudah.

Dalam 1 hari burung puyuh dapat mengeluarkan telur sebanyak 2 hingga 3 kali, namun biasanya dalam 1 kali bertelur saja burung puyuh menghasilkan 2 buah telur. Mari mulai sekarang beternak puyuh sebab disamping kebutuhan konsumsi masyarakat akan telur makin meningkat juga harga telur puyuh cukup mahal dan menguntungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *