Bagusnya Prospek Usaha Ternak Burung Puyuh Petelur

Urbanina.com – Telur burung puyuh merupakan salah satu hasil dari usaha ternak burung puyuh yang dilakukan oleh peternak. Orang banyak biasanya menemukan telur burung puyuh ini ketika sudah dalam bentuk makanan yang siap makan seperti sarang burung dan lain sebagainya. Lain halnya bagi peternak burung puyuh, mereka malah terbiasa menemui telur burung puyuh tersebut di kandang burung puyuh yang mereka pelihara. Mereka tak pernah bosan untuk merawat burung puyuh yang dipelihara didalam kandang, lalu mengambil telur-telurnya, adalah dikarenakan suatu hal. Suatu hal yang dapat dijadikan alasan mengapa para peternak burung puyuh tidak pernah bosan mengambil telur burung puyuh dari kandang adalah karena prospek usaha ternak burung puyuh petelur yang begitu bagus.

prospek usaha ternak burung puyuh petelur

Kali ini, Urbanina akan membahas secara ringkas tentang bagusnya prospek usaha ternak burung puyuh petelur. Sehingga, orang yang hanya menemui telur burung puyuh dari makanan yang siap santap akan mengerti tentang asal-usul telur bergizi yang mereka konsumsi tersebut. Melalui tulisan ini, kami akan sedikit memberikan gambaran secara luas mengenai usaha ternak burung puyuh yang sebernarnya dapat dilakukan siapa saja. Dengan begitu, bagusnya prospek usaha ternak burung puyuh petelur ini akan kelihatan dan semakin dapat dimengerti.

Pertama-tama, kita akan dapat melihat bagaimana hasil peternakan burung puyuh ini dipasarkan atau dijual ke konsumen yang membutuhkan. Hasil utama peternakan burung puyuh petelur adalah telurnya yang berlimpah. Telur-telur tersebut dapat dipasarkan denga harga yang mencapai 27 kg/kg. Telur-telur tersebut dapat dipasarkan ke orang yang akan menjualnya kembali atau juga bisa ke orang yang ingin mengolah tersebut menjadi berbagai menu makanan seperti sate telur puyuh atau sarang burung atau yang lainnya.

Setelah telur yang merupakan hasil utama telah terjual, peternak dapat memperoleh penghasilan tambahan yang berupa penjualan kotoran puyuh dan burung puyuh yang sudah berusia afkir. Kotoran dapat dijual ke produsen pupuk kandang, sedangkan puyuh afkir dapat dijual langsung ke pedagang kaki lima yang berkenan membeli. Puyuh afkir tersebut dibeli dengan harga sekitar 4-5 ribu per ekor, sehingga ketika orang membeli menu olahan puyuh di pinggir jalan, ia akan menemui olahan dengan daging alot dan gurih. Mengapa? Karena menu tersebut adalah olahan burung puyuh afkir yang diperoleh dari peternak burung puyuh petelur.

Itulah gambaran tetang pemasaran burung puyuh yang dapat dilakukan oleh kebanyakan peternak burung puyuh. Kemudahan dalam pemasaran tersebut seolah-olah menggambarkan bagaimana bagusnya prospek usaha ternak burung puyuh petelur ini. Tidak hanya dapat dilihat dari segi pemasarannya saja, berikut ini adalah penjelasan yang lebih memperjelas prospek usaha peternakan burung puyuh petelur ini.

Prospek usaha ternak burung puyuh ini bahkan dapat dikatakan selalu bagus, baik untuk saat ini maupun untuk masa depan. Pernyataan ini dibenarkan karena konsistensi peternak itu sendiri adalah faktor yang paling berpengaruh terhadap prospek peternakan burung puyuh ini. Selama peternak selalu konsisten memberikan jenis pakan yang baik, kandang yang tidak berpindah-pindah tempat, maka prospek usahanya tersebut juga akan selalu baik.

Yang juga menjadi salah satu langkah positif untuk melakukan usaha ternak burung puyuh adalah adanya upaya penyortiran atau pemisahan antara ternak yang baik dengan ternak kurang baik yang disebabkan karena sakit. Ada baiknya ketika puyuh yang kurang sehat agar tidak dipaksakan untuk dapat bertelur, namun dijual dalam bentuk lain semisal untuk pakan reptil. Langkah ini dinilai bagus karena nantinya peternakan akan bisa fokus untuk memelihara puyuh yang kualitasnya baik saja, sehingga menghasilkan telur yang berkualitas pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE