Atasi Puyuh Kurang Bertelur dengan 7 Langkah

Atasi Puyuh Kurang Bertelur dengan 7 Langkah

Urbanina.com – Produksi telur burung puyuh telah dalam kondisi stabil, namun kemudian mendadak terjadi penurunan produksi telurnya, hal ini terkadang dialami oleh sebagian peternak puyuh. Penyebabnya ternyata lantaran penanganan peternak itu sendiri terhadap ternak yang dibudidayakannya. Lalu bagaimana cara atasi puyuh kurang bertelur agar produksinya kembali stabil?

Produksi telur berkurang secara mendadak merupakan masalah yang kerap dirasakan oleh peternak. Tidak sedikit faktor yang bisa menimbulkan produksi telur menurun (kurang) dan sering beberapa faktor tersebut berhubungan erat satu dengan  yang lainnya. Beberapa faktor itu bisa berpengaruh pada kualitas dan ukuran telur.

Atasi Puyuh Kurang Bertelur [ ]

Beberapa hal penting yang mesti diperhatikan untuk atasi puyuh kurang bertelur antara lain:

Burung Puyuh Sering Kelaparan

Bila burung puyuh sering kekurangan dalam menerima asupan pakan dan gizi maka bagaimana bisa memperoleh kualitas telur hasil produktivitasnya. Alangkah baiknya Anda tidak terlalu menggunakan prinsip ekonomis dalam pemberian jatah pakan pada puyuh. Mengatur pengeluaran memang diperlukan, namun pembatasan yang ketat malah akan menimbulkan penurunan kualitas untuk bertelur.

Kandang Indukan yang Terlalu Gelap

Kandang (rumah) indukan yang terlampau gelap dapat menyebabkan penurunan produktivitas telur karena puyuh senang dengan cahaya terang. Untuk itu aturlah kondisi pencahayaan sebaik mungkin, baik cahaya dari alam pada siang hari dan cahaya listrik pada malam  hari.

Kondisi Lingkungan

Kondisi lingkungan perlu diperiksa, khususnya suara-suara yang mengejutkan, umumnya akan berakibat dan menyebabkan puyuh stres sehingga produksi telurnya menurun (berkurang). Kasus inipun dapat diakibatkan ketika membersihkan kotoran. Upayakan jangan sampai puyuh-puyuh takut lantaran suara bising/gaduh berlebihan.

Perubahan Cuaca dan Iklim

Pada umumnya dalam masa transisi iklim, keadaan udara dan suhu akan mengakibatkan kurang nyaman bagi puyuh sehingga produktivitas bertelur pun menurun. Untuk mengatasinya ialah dengan memberikan vaksin dan vitamin sehingga kondisi puyuh tetep sehat dan terjaga. Atau di waktu sore hari pada air minumnya diberikan gula pasir dengan takaran yang tepat.

Pemberian Vitamin

Pemberian vitamin yang kurang tepat dapat mengurangi produktivitas telur. Makanya lakukanlah pemberian vitamin yang pas sesuai aturannya. Disamping untuk memelihara kualitas telur yang dihasilkan juga memperbaiki keadaan terlur itu.

Periksa Kebersihan Lingkungan

Kebersihan lingkungan kandang harus diperiksa tempat dimana puyuh itu diternakkan. Demikian juga dengan keadaan kebersihan tempat pakan dan air minumnya. Hal ini dilakukan untuk memelihara keadaan puyuh tetap sehat dan terpelihara kebersihannya. Puyuh suka dengan suasana kandang yang bersih dan nyaman serta tempat pakan dan minumnya yang terawat kebersihannya.

Kandang Indukan yang Sempit

Kandang indukan yang sempit akan menimbulkan burung indukan tidak merasa nyaman dan pengap. Seperti manusia, puyuh pun tidak akan sehat bila tinggal di tempat yang tidak mempunyai ventilasi udara yang baik. Maka dari itu persiapkan kondisi kandang indukan sebaik-baiknya dan pasang ventilasi udara yang baik sehingga akan menyuguhkan kenyamanan untuk puyuh.

Semoga tulisan mengenai cara atasi puyuh kurang bertelur bisa bermanfaat bagi Anda. Oya, bagi Anda yang mau memulai urban farming, menanam sayuran hidroponik, sayuran organik, mau menanam sistem akuaponik sebaiknya Anda berkunjung ke www.store.urbanina.com di sini tersedia berbagai starterkit dan juga alat & bahan untuk Anda yang mau mulai menanam. Atau bisa konsultasi ke 082227639118.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *