Apa Kelebihan Burung Puyuh untuk Dibudidayakan?

Urbanina.com – Guna mencukupi keperluan ekonomi yang kian sulit saat ini diperlukan penghasilan ekstra agar dapat bertahan hidup. Salah satu usaha alternatif yang dapat Anda pilih yakni budidaya burung puyuh. Meski ukuran unggas ini termasuk kecil, tetapi jangan salah lantaran Anda dapat meraih omset yang cukup tinggi saat menggeluti usaha ternak burung puyuh ini. Apa kelebihan burung puyuh untuk dibudidayakan?

Setiap bisnis yang dijalani, pastinya semua orang ingin mendapatkan keuntungan. Untuk mendapatkan keuntungan kita harus mengetahui kelebihan-kelebihan dari usaha yang akan kita jalani dan meminimalkan kekurangannya. Anda juga harus mengetahui apa kelebihan burung puyuh jika ingin membudidayakannya atau menernaknya.

Apa Kelebihan Burung Puyuh untuk Dibudidayakan

Apa kelebihan burung puyuh jika dibandingkan dengan unggas lainnya untuk dibudidayakan secara intensif? Berikut ini beberapa kelebihan burung puyuh daripada unggas lainnya:

Tidak Perlu Lahan/Tempat Luas

Burung puyuh memiliki tubuh yang kecil sehingga tidak perlu lahan yang luas untuk menernaknya. Anda dapat membuat kandang berukuran 50 x 150 cm untuk membudidayakan 50 ekor burung puyuh. Dengan demikian mempermudah peternak mendapatkan hasil yang optimal. Penempatan kandangnya dapat Anda letakkan di sekitar halaman atau pekarangan rumah, tetapi tempat yang dianjurkan adalah lokasi yang mudah mendapatkan intensitas cahaya yang cukup.

Telur Puyuh Bergizi Tinggi

Telur puyuh mempunyai nilai gizi yang amat tinggi, khususnya kandungan proteinnya paling tinggi diantara telur unggas yang lainnya. Inilah yang menyebabkan telur burung puyuh menjadi telur primadona di semua kalangan, khususnya anak-anak kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan sehingga membutuhkan protein tinggi dalam menu makan hariannya.

Sumber Pupuk Kandang

Kotoran burung puyuh bermanfaat sebagai pupuk kandang, khususnya untuk pemupukan pada tanaman sayuran. Para petani sayur sangat membutuhkannya lantaran kotoran burung puyuh dapat menyuburkan unsur hara di dalam tanah yang akan ditanami oleh tanaman sayuran. Dengan demikian kotoran burung puyuh Anda dapat dijual kepada para petani sayuran sebagai income tambahan.

Sumber Bahan Kerajinan Tangan dan Perabot Rumah Tangga

Pendapatan tambahan bagi peternak atau pembudidaya burung puyuh tidak hanya dari telur dan kotorannya saja. Pasalnya nyaris setiap bagain tubuh dari burung puyuh ini dapat mendatangkan uang atau penghasilan. Bulu burung puyuh ternyata sangat laku di pasaran. Bulu burung puyuh ini dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam kerajinan tangan (handmade) dan perabotan rumah tangga. Jadi saat Anda menyembelih burung puyuh jangan sampai Anda membuang bulu-bulunya sembarangan sebab bulu-bulu itu dapat menghasilkan uang di tangan kalangan pengrajin yang kreatif.

Daging Afkirannya untuk Masakan Istimewa

Daging afkiran burung puyuh memiliki nilai gizi setara telurnya dan memiliki cita rasa yang khas plus enak saat telah diolah menjadi masakan. Hal ini tentu saja sangat diminati oleh konsumen. Tidak sedikit warung-warung lesehan maupun outlet yang menghidangkan masakan dengan menu daging burung puyuh sebagai menu utamanya. Tingginya permintaan daging burung puyuh untuk olahan pastinya meningkatkan permintaan pada daging afkiran burung puyuh ini sehingga menjadi penghasilan tambahan bagi para peternak atau pembudidaya burung puyuh.

Sekarang Anda sudah tahu kan? Apa kelebihan burung puyuh dibandingkan unggas lainnya untuk dibudidayakan. Jadi tunggu apalagi, segera beternak burung puyuh untuk memperbaiki kondisi keuangan keluarga Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *