Vitamin Yang Di Butuhkan Bebek untuk Pertumbuhannya

Vitamin Yang Di Butuhkan Bebek untuk Pertumbuhannya

Urbanina.com – Budidaya bebek hingga saat ini tetap menggeliat seiring dengan kebutuhan masyarakat terhadap konsumsi daging dan telur bebek. Bebek memang mempunyai kelebihan jika dibandingkan dengan unggas jenis yang lainnya sebab bebek lebih tahan pada penyakit dan bisa memberi keuntungan dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Akan tetapi jika bebek kekurangan vitamin dalam ransum pakannya maka pertumbuhannya akan terganggu dan produktivitasnya pun akan menurun. Apa saja sih vitamin yang di butuhkan bebek ini?

Pada intinya penyakit yang menyerang bebek bisa dibagi menjadi 2 golongan, yakni penyakit menular dan penyakit tidak menular. Penyakit menular adalah penyakit yang diakibatkan oleh kuman, bakteri atau virus melalui udara atau kontak langsung. Sedangkan penyakit tidak menular biasanya disebabkan karena tata laksana pemeliharaannya tidak baik diantaranya buruknya pemeliharaan kebersihan dan kesehatan, keracunan, kekurangan mineral dan kekurangan vitamin. Lalu apa saja vitamin yang di butuhkan bebek untuk pertumbuhannya agar tidak terserang penyakit.

Vitamin Yang Di Butuhkan Bebek []

Berikut ini vitamin vitamin yang di butuhkan bebek antara lain:

Vitamin A

Makanan yang tidak cukup memiliki kandungan vitamin A bisa mengakibatkan bebek kekurangan vitamin A sehingga menghambat pertumbuhannya. Beberapa gejala bebek yang kekurangan vitamin A diantaranya terlihat selalu mengantuk, keadaan kakinya lemah, mata tertutup lendir berwarna putih dan cepat terserang infeksi. Pada bebek umur kira-kira 4 minggu, maka bebek yang kekurangan vitamin A kelihatan selaput matanya menjadi kering dan tebal, air matanya keluar berlebihan, bagian bawah matanya tertutup cairan berlendir. Sedangkan pada bebek dewasa, kekurangan vitamin A menyebabkan turunnya produksi telur, tubuh menjadi lemah dan kurus.

Jagung kuning adalah sumber vitamin A yang dibutuhkan sekali dalam komposisi makanan bebek. Penyakit kekurangan vitamin A atau defisiensi vitamin A ini biasanya terjadi lantaran peternak menggantikan jagung kuning oleh jagung putih yang sedikit sekali mengandung vitamin A.

Umumnya bebek yang kekurangan vitamin A gampang terkena penyakit white eye (mata memutih). Kondisi kandang yang lembab dengan lantainya yang basah mempermudah itik terkena penyakit ini. Beberapa gejala anak bebek yang terkena penyakit ini antara lain dari mata dan paruh keluar cairan putih bening yang dalam beberapa jam ke depan berubah jadi berwarna kekuning-kuningan, itik susah bernapas, lemah dan lumpuh akhirnya. Kematian pun tidak dapat dihindari jika hingga kejang-kejang.

Pencegahan dan penanganan penyakit ini dapat dilakukan dengan pemberian antibiotika yang dicampurkan pada air minum atau makanan/pakan bebek. Antibiotika yang biasa dipergunakan ialah terramycin atau aureomycins dengan takaran 10 gram/100 kg pakan atau 10 gram/40 galon air minum.

Vitamin D

Kekurangan vitamin D yang dibarengi dengan kekurangan zat fosfor dan calsium bisa menimbulkan penyakit tulang yang mengakibatkan kelumpuhan pada bebek. Penyakit ini dikenal dengan sebutan “Rickets duck”. Bebek yang terkena penyakit ini akan menderita kelainan dan  penyimpangan pada fungsi persendian di kakinya.

Pencegahan terhadap penyakit rickets duck atau lumpuh bebek bisa dilakukan dengan cara memberikan makanan/pakan yang cukup memiliki kandungan mineral fosfor, kalsium dan vitamin D. Untuk itu tambahkanlah 2% tepung tulang ke dalam ransum pakan bebek dan usahakan bebek tersebut mesti mendapatkan cukup sinar matahari langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *