Teknais Kandang Bebek untuk Peternak Pemula

Teknais Kandang Bebek untuk Peternak Pemula

Urbanina.com РBudidaya bebek memiliki prospek dan peluang usaha yang baik sekali ke depannya. Telur bebek akan banyak dibutuhkan oleh masyarakat, terlebih saat menjelang lebaran. Telur bebek juga amat dibutuhkan  oleh pabrik-pabrik roti untuk bahan produksinya. Dalam budidaya bebek kita memerlukan kandang untuk tempat memeliharanya. Bagaimanakah teknais kandang bebek untuk peternak pemula?

Kali ini urbanina akan mengulas tulisan tentang teknais kandang bebek untuk peternak pemula. Anda harus mengetahui cara membuat kandang bebek yang bagus karena jenis kandang yang baik akan memiliki dampak pada kesehatan bebek Anda sehingga terawat dengan baik. Berikut ini tata cara teknais kandang bebek untuk peternak pemula.

Teknais Kandang Bebek untuk Peternak Pemula

Kandang Baterai

Di kandang jenis ini, setiap 1 kandang cuma dihuni oleh seekor itik dewasa. Ukuran kandang sekitar 50 x 50 x 45 cm. Dapat juga dibuat berkelompok, dihuni 5 ekor itik, dengan syarat kandangnya lebih luas. Kandang dapat dibuat dari bilah bambu ataupun rangka kawat. Anggaran dana kandang baterai cukup tinggi ketimbang jenis kandang lainnya. Perkawinan bebek diakukan secara inseminasi buatan.

Kelebihan kandang baterai adalah produktivitas bebek lebih terkendali dan pengendalian penyakitnya lebih terlindungi. Pengambilan telurnya lebih gampang sebab tempatnya terbatas. Namun saat ini jarang peternak bebek layer yang menggunakan kandang ini karena hanya dipergunakan saat mememelihara bebek starter.

Kandang ranch ( Rak )

Kandang jenis ini kerap digunakan oleh peternak bebek saat ini. Kandang rak adalah modifikasi dari kandang postal yang dibekali dengan kolam (saluran tempat itik membersihkan diri atau hanya sekedar mendinginkan tubuh di siang hari). Kandang jenis ini tepat untuk pemeliharaan bebek petelur dewasa.

Kandang Postal

Kandang jenis ini dihuni oleh lebih dari 1 bebek. Jumlahnya dapat mencapai ratusan sampai ribuan ekor, bergantung luasnya kandang. Kandang ini cocok dipergunakan untuk bebek grower. Tempat makan dan minumnya tersedia di dalam kandang sehingga cukup menghemat ruangan. Tinggi kandangnya jangan lebih dari 2 m untuk memudahkan saat panen telur, membersihkan kandang dan memberi makanan.

Budidaya bebek di daerah yang memiliki iklim basah perlu mendapatkan perhatian ekstra. Kandang bebek itu wajib dipelihara dan dirawat agar kehangatannya selalu terjaga. Bebek yang stres dikarenakan oleh faktor kedinginan dapat mengalami mogok bertelur atau produktivitasnya akan berkurang. Oleh karena itu kandang dapat dirubah menjadi kandang berbentuk panggung.

Lantai kandang yang tak berhubungan langsung dengan tanah menyebabkan keadaan kandang menjadi lebih hangat. Tempat untuk makan dan minum bebek bisa disediakan di bagian depan kandang. Bebek pun masih dapat makan meski di dalam kandang dengan cara meneroboskan lehernya melalui lubang kandang.

Selain teknais kandang bebek untuk peternak pemula tadi, ukuran kandang bebek harus disesuaikan dengan jumlah bebeknya. Kapasitas kandangnya perlu mendapatkan perhatian. Tidak boleh terlampau padat. Sesuaikanlah ukuran kandang dengan luas kandang serta usia bebek yang dibudidayakan (dipelihara).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *