Obat Lumpuh Bebek yang Perlu Peternak Ketahui

Obat Lumpuh Bebek yang Perlu Peternak Ketahui

Urbanina.com – Bebek merupakan salah satu jenis unggas yang sangat jarang terkena penyakit sebab kekebalan tubuhnya yang baik. Tetapi, biasanya penyakit yang menyerang bebek ialah penyakit lumpuh. Apakah obat lumpuh bebek yang efektif dan mudah didapat untuk mengatasi bebek kita yang terserang penyakit tersebut?

Penyakit lumpuh pada bebek ternyata dikarenakan oleh beberapa faktor. Di bawah ini beberapa faktor penyebab bebek lumpuh beserta obat lumpuh bebek untuk mengatasi serta mengobatinya.

Obat Lumpuh Bebek yang Perlu Peternak Ketahui [ ]

Mekanisme

Bebek dapat mengalami lumpuh dikarenakan mekanisme seperti  tertindih, terjepit dan terbentur sehingga menderita terkilir dan tak dapat berjalan. Pada umumnya keadaan ini mempunyai gejala lain seperti memar tubuh maupun kaki. Untuk mengatasinya oleskan minyak sereh atau minyak tawon pada kaki bebek, tetapi bila ada luka maka Anda mesti mengeringkan lukanya terlebih dulu dengan diberi plester dan obat antibiotik bila keadaannya patah sehingga tulang tak akan berubah. Ada baiknya diberi tambahan asupan kalsium dan fosfor seperti susu dan telur.

Kekurangan mineral

Saat bebek kekurangan mineral maka mereka akan mengalami lumpuh yang ditandai dengan sebelah kaki bebek akan menjulur belakang karena pertumbuhan tulang yang abnormal.

Jika bebek kekurangan mineral terutama Mangan (Mn) dan Kalsium (Ca) maka perlu di beri obat yang mengandung mineral atau suplemen jika kondisi si bebek belum parah.

Kekurangan vitamin

Vitamin sangat dibutuhkan sekali oleh bebek untuk tumbuh kembang. Bila mereka kekurangan vitamin, khususnya vitamin A, D,E, K dan B kompleks maka kelumpuhan pun akan terjadi. Disamping itu, mereka pun akan menjalani penurunan nafsu makan. Akibatnya berat badan menurun dan bulu mereka akan ada yang tegak. Untuk menanganinya dengan memberi bebek suplemen lengkap.

Keracunan

Bebek dapat mengalami keracunan bila mereka mengkonsumsi bangkai/pakan yang membusuk yang dicirikan dengan tanda pupil menjadi besar dan lehernya seperti tak bertulang. Kemudian bakteri C Botulmun masuk kedalam pencernaan bebek dan menghasilkan racun yang disebarkan melalui pembuluh darah yang kelak akan membuat bebek mengalami lumpuh. Cara untuk menanganinya yakni dengan memberinya minyak goreng/air kelapa yang dicampuri es batu untuk menghindari racun menyebar ke semua tubuh.

Tetelo/ND

Bebek pun akan menderita kelumpuhan bila terkena penyakit tetelo yang dicirikan dengan leher terpelintir dan fesesnya berwarna hijau campur putih dan relatif encer. Untuk menanganinya dengan melakukan vaksinasi ND dan memberinya jamu herbal yang bersifat membunuh virus seperti kunyit dan bawang putih.

Berak darah (kokdiosis)

Saat Anda menemukan bebek dengan keadaan lumpuh/malas bergerak, bulu-bulunya berdiri, kotor dan kusam serta kotorannya berwarna merah darah, maka kemungkinan bebek tengah terkena penyakit kokdiosis.

Berak hijau (fowlcholera)

Apabila Anda menemukan bebek yang kotorannya berwarna hijau, memar pada sambungan lutut kakinya, dan hidungnya meler pertanda bebek sedang terkena penyakit cholera. Untuk menanganinya perlu diberikan antibiotik neomeditril atau kolendin.

Demikianlah beberapa penyebab bebek lumpuh dan obat bebek lumpuh untuk mengatasi dan menyembuhkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *