Lantai Kandang Bebek Yang Bersih Tunjang Produktivitas Telur

Urbanina.com - Kandang bebek perlu dibangun sesempurna mungkin supaya bebek yang tinggal di dalamnya selalu nyaman dan aman. Dengan demikian target produkivitas bebek yang diharapkan bisa terpenuhi. Ada berbagai macam kandang bebek dan modelnya yang bisa digunakan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang tersedia. Namun, tentunya dalam pembuatan kandang bebek ada beberapa bagian kandang yang butuh mendapat perhatian lebih sebab fungsinya yang penting untuk kelanjutan hidup bebek dan menunjang produktivitasnya, yakni lantai kandang bebek itu sendiri. Salah satu masalah penting pada kandang bebek, khususnya sistem postal ialah kandang gampang tergenang air sehingga kandang menjadi becek, berbau dan mudah menyebarkan penyakit. Kandang yang becek juga mengakibatkan kualitas telur yang dihasilkan menjadi kurang bersih dan mempunyai masa simpan yang lebih pendek dibanding telur yang bersih. Lantai Kandang Bebek yang Bersih Menunjang Produktivitas Telur Lantai kandang bebek mesti dibuat sedemikian rupa sehingga gampang dibersihkan supaya kotoran dan sisa-sisa pakan tidak menimbun di lantai yang bisa mengakibatkan ketidaknyamanan dan timbulnya berbagai penyakit. Disamping itu, lantai kandang yang dibuat harus dapat menjadikan bebek bisa nyaman dan aman. Misalnya lantai kandang bebek tidak mengakibatkan kaki bebek terperosok, luka, dan lain sebagainya. Lantai kandang tersebut dapat dibuat dari tanah, sekam, bilah bambu atau semen. Berbagai prinsip pemakaian bahan lantai kandang bebek, diantaranya :
  • Bilah bambu, lebih baik dilengkapi dengan penampungan kotoran untuk mengurangi kontak bebek dengan kotorannya sendiri.
  • Semen, dibuat agak miring supaya air sulit menggenang dan sebaiknya dibuatkan parit tempat pembuangan air.
  • Sekam, mesti dibalik dan diganti dengan teratur supaya alas sekam tetap kering dan menekan bau kotoran dari bebek.
Peternak bebk umumnya menambahkan sekam pada lantai kandang bebek yang becek, tentunya penambahan sekam cuma efektif bila luas lantai yang digenangi air cuma sedikit dan persediaan sekamnya cukup banyak. Penambahan sekam pun cukup merepotkan jika lantai kandang becek ketika malam karena aktivitas bebek minum di dalam kandang pada waktu malam hari. Jika tidak secepatnya diganti, sekam yang masih basah akan dapat menimbulkan tumbuhnya bibit penyakit pada bebek. Solusi umum yang lazim dilakukan peternak yaitu dengan cara membangun lubang selokan di bawah tempat minumnya bebek sehingga tumpahan air minum akan mengalir ke arah selokan dan lantai kandang pun tetap kering. Pilihan lain ialah dengan menaruh tempat minum di luar kandang sehingga cuma paruh itik saja yang bisa mencapai air minum. Dua solusi tadi bisa dilakukan bila waktu musim kemarau saja. Untuk Anda yang ingin memakai sistem kandang lantai (postal) maka sebaiknya jika dari awal sudah merencanakan adanya sistem penyerapan dan pembuangan air di kandang bebeknya. Hal ini akan bermanfaat sekali untuk menjaga kandang bebek selalu kering meskipun ketika musim hujan. Kandang tetap kering sepanjang saluran pembuangan air tidak luber dengan air. Tentunya dibutuhkan material tambahan seperti pipa/paralon untuk membuatnya, namun harga itu akan terbayar lunas bila kita mempunyai kandang postal yang bebas dari genangan air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *