Inilah Cara Beternak Bebek Pedaging Untuk Pemula

Inilah Cara Beternak Bebek Pedaging Untuk Pemula

Urbanina.com – Bebek (itik) adalah hewan ternak yang sering dikonsumsi dan digemari oleh masyarakat. Disamping dapat menghasilkan telur, daging itik pun memiliki nilai ekonomi cukup tinggi. Biasanya daging itik dipanen sesudah habis masa produktivitas bertelurnya. Sekarang banyak budidaya itik yang tujuannya pada daging.

Cara budidaya itik pedaging untuk pemula sebetulnya amat mudah bila kita memahami cara melakukannya yang tepat. Agar lebih jelas berikut caranya kami paparkan, barangkali cocok bagi Anda sebagai pemula.

Inilah Cara Beternak Bebek Pedaging Untuk Pemula

Kandang

Kandang bebek (itik) disesuaikan menurut besar dan kecilnya keuangan yang Anda punyai. Alangkah baiknya kandang itik pedaging memakai sistem kandang panggung yang menghadap ke arah matahari terbit (timur).

Akan tetapi bila Anda tidak memakai kandang panggung, Anda dapat mensiasatinya dengan memakai lapisan sekam padi atau kapur dan pasir untuk memisahkan itik dari kotorannya sendiri. Kapur bisa berguna untuk memelihara pH tanah, mengontrol penyakit dan memacu jalannya peresapan kotoran ternak ini.

Ada tiga macam kandang yang dapat dipergunakan dalam beternak itik pedaging:

  • Pertama, kandang boks khusus untuk meletakkan anak itik (DOD) yang memiliki ukuran kira-kira 1- 2 meter untuk memuat 50 ekor DOD.
  • Kedua, kandang brower yang dispesialkan untuk perawatan itik umur remaja.
  • Ketiga, kandang layer khusus untuk itik petelur usia dewasa yang bisa menampung 4-5 ekor itik berumur dewasa.

Dengan mencermati pengelolaan kandang yang baik maka ternak unggas ini dapat tumbuh dengan sehat sehingga dagingnya juga dapat tumbuh dengan maksimal. Upayakan material untuk kandang terbuat dari bahan yang tahan lama dan kuat. Sediakan pula tempat yang cukup untuk makan dan minum ternak yang berada dalam kandang.

Pembibitan

Berikut cara-cara untuk memperoleh  bibit bebek pedaging yang unggul dan berkualitas:

  • Pilih bibit bebek pejantan yang benar-benar unggul sebab akan berpengaruh sekali pada keturunanya kelak.
  • Bibit bebek pedaging yang dibeli harus menetas dari bebek petelur yang telah terjamin mutu/kualitasnya.
  • Kawinkan bebek jantan dan betina yang unggul guna menetaskan telur-telur yang akan dibuat jadi bibit.
  • Bibit DOD dibeli di tempat yang telah dirujuk oleh Dinas Peternakan maupun pihak terkait lainnya.
  • Bibit DOD dipastikan tidak dalam kondisi cacat atau sakit yang ditandai dengan bulu mengkilat dan warna bulu kuning segar.

Perawatan

  • Bibit bebek unggul (berkualitas) secepatnya ditempatkan pada kandang yang telah disiapkan untuk perawatannya.
  • Bibit diletakkan dengan cara merata pada suhu yang sudah disesuaikan, lalu imbuhkan vitamin di makanan/minuman bibit itu.
  • Untuk bibit bebek pedaging berumur 0-16 hari pergunakan wadah datar supaya mempermudah saat mengkonsumsi pakan. Sementara itu untuk umur 16 – 21 hari berikan pakan dengan menyebarnya di lantai kandang dan juga di wadah datar.
  • Saat bebek sudah berumur 21 – 18 minggu maka cukup disebarkan saja pakan tersebut di lantai. Jangan dilupakan nutrisi tambahan seperti jagung, tepung ikan, atau bekatul.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *