Cara Mengobati Bebek Sesak Nafas Yang Tepat

Cara Mengobati Bebek Sesak Nafas Yang Tepat

Urbanina.com РBebek adalah salah satu jenis unggas yang sebetulnya tahan dengan penyakit ketimbang unggas  lainnya, seperti ayam. Oleh karena itu tidak sedikit orang yang ingin memulai bisnis ini, baik untuk usaha penetasan atau pembesaran. Setiap makhluk hidup tidak akan lepas dari masalah kesehatan. Demikian pula dengan bebek meskipun dikatakan tahan terhadap penyakit tetapi ada saja penyakit yang dapat menyerangnya, salah satunya bebek mengalami gejala sesak nafas. Lalu bagaimana cara mengobati bebek sesak nafas ini?

Pada umumnya ada dua kelompok penyakit yang sering menyerang pada ternak bebek.

Penyakit Tidak Menular

Penyakit ini umumnya dikarenakan kelalaian atau tidak baiknya cara mengurus bebek seperti keracunan, pemeliharaan kesehatan dan kebersihan yang buruk, kekurangan vitamin dan mineral dll. Adapun beberapa penyakit tidak menular yang sering menyerang bebek adalah stress, kekurangan vitamin A, brooder pneumonia, rickets duck, antibiotika dermatitis, mycosis, dan keracunan garam.

Penyakit Menular

Penyakit ini biasanya karena virus, bakteri atau kuman yang bisa menular lewat kontak secara langsung atau lewat perantara udara antara lain fowl cholera (kolera bebek), botulism, fowl pox (cacar), white eye (mata memutih), coccidiosis, coryza, salmonellosis, sinusitis, dan aflatoksikosis.

Cara Mengobati Bebek Sesak Nafas []

Menilik dari gejalanya yang mengalami sesak nafas berarti bebek tersebut terserang penyakit menular fowl cholera (kolera bebek). Penyakit ini muncul umumnya karena bakteri Pasteurella multocida. Fowl cholera amat merugikan peternak sebab bisa mengakibatkan kematian yang tinggi terhadap bebek petelur dan bebek dara. Anak bebek yang umurnya 4 minggu ke atas peka sekali pada penyakit ini.

Anak bebek yang kena serangan fowl cholera akan mengalami gejala diare dan umumnya diikuti dengan sesak nafas. Penyakit ini erat sekali kaitannya dengan beberapa faktor pemicu stress seperti transportasi, pindah kandang, kelembaban, dan fluktuasi cuaca. Menghilangkan atau membasmi fowl cholera itu berarti secara tidak langsung merupakan cara mengobati bebek sesak nafas.

Memberantas fowl cholera merupakan cara mengobati bebek sesak nafas yang efektif. Jika bebek telah terserang penyakit ini dapat diberikan obat berupa Antibiotik, Preparat Sulfat, Choramphenicol, dan Tetracycline.

Pencegahan terhadap penyakit fowl cholera bisa dilakukan dengan cara :

  • Bebek yang terserang penyakit mesti secepatnya dipisahkan.
  • Ciptakan sanitasi dan tata laksana yang bagus.
  • Pemberian vaksinasi. Vaksinasi biasanya diberikan pada bebek ketika berumur 3-4 minggu atau terjangkit wabah di peternakan sekitar.
  • Mengurangi populasi bibit penyakit di sekitar bebek dengan desinfeksi kandang, sanitasi, dan istirahat kandang Istirahat kandang dilakukan sedikitnya selama 2 minggu dihitung sesudah kandang telah dalam kondisi didisinfeksi dan bersih. Selain dengan istirahat kandang, mesti ditunjang oleh desifeksi dan sanitasi dengan cara ketat. Desinfeksi kandang kosong dapat dilakukan dengan memakai Mediklin, Formades atau Sporades. Tiga hari sebelum bebek dimasukkan kembali ke kandang, lakukanlah kembali penyemprotan kandang serta alat-alatnya seperti tempat minum atau tempat ransum dengan memakai Medisep.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *