Cara Beternak Bebek Pedaging Untuk Pemula

Cara Beternak Bebek Pedaging Untuk Pemula

Urbanina.com – Saat ini konsumsi daging bebek mengalami kenaikan. Dengan semakin populernya kuliner bebek membuat permintaan terhadap daging bebek semakin tinggi. Bila dulu daging bebek untuk konsumsi asalnya dari bebek petelur afkir sekarang berasal dari bebek yang spesial dipelihara sebagai bebek pedaging. Lantas, bagaimana cara beternak bebek pedaging untuk pemula?

Beternak bebek pedaging lumayan menguntungkan asalkan dilakukan secara baik dan benar. Biasanya bebek pedaging telah dapat dikonsumsi saat berumur 40-45 hari sejak anakan bebek (DOD). Anda mesti melakukan pemberian pakan dan perawatan bebek secara intens agar bisa mencapai bobot yang layak dikonsumsi pada saat usia tersebut.

Cara Beternak Bebek Pedaging

Berikut adalah cara beternak bebek pedaging supaya dapat dipanen dalam tempo 45 hari:

  1. Pemilihan Bibit

Pilihlah bibit dari bebek jantan yang gesit, bebas cacat dan sehat sebab pertumbuhan bebek jantan lebih cepat dan harga anakan bebek jantan lebih murah.

  1. Kandang

Kandang bebek pedaging untuk masa awal sebelum 2 minggu adalah kandang panggung agar bebek tetap hangat dan kebersihannya terjaga serta perlu diberikan lampu bohlan sebagai penghangat tambahan.

Sesudah lebih 2 minggu biasanya dipindahkan ke kandang tanah, tetapi perlu diberikan jerami, pasir atau sekam di bagian alasnya sebagai penghangat. Kandang harus dibersihkan bila telah mulai kotor dan diganti dengan sekam yang baru.

Tempat memberi makan dan minum mesti terpisah dengan kandang harian supaya tidak mengeluarkan bau. Bebek pedaging cuma diberi pakan dan disediakan minum pada waktunya saja. Tidak boleh memberikan minum di kandang harian sebab bisa menjadikan kandang becek.

  1. Perawatan

Perawatan bebek pedaging pada dasarnya ialah pada ransum pakan dan luas kandang yang tepat. Bebek perlu diberikan konsumsi yang cukup tetapi jangan terlalu banyak bergerak sebab akan menyebabkan bobot bebek tidak maksimal lantaran tenaganya habis untuk bergerak.

Pada ternak bebek pedaging pakannya dapat diberikan dengan pakan buatan yang mengandung tepung bulu unggas, tepung ikan, tepung jagung, bekicot beserta tepung cangkangnya, dan bekatul. Berikan pakan tambahan dari sayur-sayuran, daun pepaya dan batang pisang.

Berikan pakan starter BR 1 pada anakan bebek ketika berumur 0-2 minggu dan  yang terpenting dapat mendukung pembentukan massa otot.

Tempat makanan bebek pedaging berusia anakan ini biasanya menggunakan nampan datar, sedangkan tempat minumnya diletakkan di atas ram kawat agar air minumnya tidak digunakan mandi yang menyebabkan DOD basah dan kedinginan. Hal ini dapat menimbulkan kematian.

Di bawah tempat minum diberikan nampan beserta tambahan ram kawat,  untuk menampung tumpahan air minum supaya tidak terinjak-injak DOD sehingga di sekitar tempat minum tetap terpelihara kekeringannya.

FYI, jika Anda mau memulai urban farming, menanam sayuran hidroponik, sayuran organik, mau menanam sistem akuaponik, sebaiknya Anda berkunjung ke www.store.urbanina.com di sini tersedia berbagai starterkit dan juga alat serta bahan untuk Anda yang mau mulai menanam. Atau bisa konsultasi ke 082227639118.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *