Alat Yang Diperlukan Dalam Beternak Bebek

Urbanina.com – Setelah ayam, ternak bebek adalah salah satu komoditi unggas yang sangat terkenal. Peranannya relatif tinggi selaku penghasil daging dan telur untuk menunjang kesiapan protein hewani yang murah dan mudah diperoleh. Di Indonesia, bebek biasanya dibudidayakan sebagai penghasil telur, tetapi ada juga yang diternak selaku penghasil daging. Budidaya bebek didominasi oleh peternakan dengan teknik pemeliharaan yang masih konvensional dimana bebek digembalakan di sawah-sawah atau tempat-tempat yang banyak tersedia air. Maka dari itu banyak masyarakat yang mulai mencoba budidaya ternak bebek secara intensif. Apa saja sih alat yang diperlukan dalam beternak bebek?

Perubahan sistem budidaya bebek ini dikarenakan semakin sempitnya tempat penggembalaan sebab semakin intensifnya pola tanam padi di sawah maupun alih fungsi lahan persawahan untuk kawasan industri atau permukiman. Dalam perubahan itu memperlihatkan kalau bisnis budidaya bebek petelur bukanlah cuma sekedar sambilan, namun telah mempunyai orientasi bisnis yang ditujukan dalam suatu kalangan. Entah sebagai bisnis utama ataupun selaku cabang usaha lantaran menjalaankan bisnis budidaya bebek petelur relatif menguntungkan dan bisa menjadi sumber pendapatan/income keluarga.

Alat Yang Diperlukan Dalam Beternak Bebek []

Pemeliharaan bebek dengan cara intensif yang terkurung sepenuhnya bisa menghindarkan munculnya penyakit dan penularan terhadap ternak unggas yang lainnya. Dengan begitu bisa berpengaruh pada kenaikan produktivitas ternak itu sendiri sehingga para peternak bebek akan memperoleh keuntungan ekstra, baik lantaran melakukan bisnis ternaknya dengan cara lebih efisien dan efektif. Guna memperoleh hasil produksi telur yang maksimal dibutuhkan bangunan dan alat-alat yang baik dan memadai. Lalu apa saja alat yang diperlukan dalam beternak bebek?

Bahan dan alat yang diperlukan dalam beternak bebek adalah sebagai berikut.

Bahan-bahan yang harus disediakan:

  • Bebek muda (DOD/day old duck).
  • Ransum pakan terdiri atas air minum, kerang-kerangan atau rucah, hijauan segar (daun ketela atau dau pepaya, bekatul atau dedak halus, dan konsentrat.
  • Kandang dan alat-alat tempat ransum makanan dan air minum, sekam padi buat alas kandang (litter), bilah bambu buat alas di kandang panggung, kayu dan lain sebagainya.

Alat alat yang diperlukan dalam beternak bebek diantaranya:

  • Termometer, berguna untuk mengontrol suhu kandang.
  • Sapu dan skop, bermanfaat untuk membersihkan kandang.
  • Lampu minyak atau lampu listrik, berguna untuk sumber panas dan penerangan.
  • Keranjang, berguna untuk mengangkut telur atau bebek afkir.
  • Peralatan pertukangan, berguna membuat atau memperbaiki kandang beserta sarana perlengkapan lainnya.
  • Alat penerangan, alat penerangan dibutuhkan setiap waktu menurut keperluan dan peruntukannya.
  • Alat dan mesin peternakan, sebaiknya mempunyai jumlah yang cukup, disesuaikan dengan kapasitas bebek yang diternak, mudah dipakai dan dibersihkan serta tahan karat seperti alat pencmpur bahan baku pakan (mixer), timbangan, alat pembersih kandang, alat penghapus hama, tempat minum untuk semua jenis umur, tempat pakan untuk semua jenis umur, dan induk buatan (brooder).

Alat yang diperlukan dalam beternak bebek harus disediakan guna menghasilkan produksi telur yang optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *