Alat Dalam Memelihara Ayam Petelur yang Harus Disediakan

Alat Dalam Memelihara Ayam Petelur yang Harus Disediakan

Urbanina.com – Ayam petelur bisa menambah pendapatan bila dibudidayakan secara benar dan sunguh-sungguh. Ayam petelur adalah ayam betina dewasa yang dipelihara secara khusus untuk diambil terlurnya saja. Sekarang usaha budidaya ayam petelur menjadi salah satu bisnis yang dilakoni banyak orang. Apa saja alat dalam memelihara ayam petelur yang harus dipersiapkan sebelum memulai usaha ternak ini?

Berikut ini beberapa alat dalam memelihara ayam petelur yang perlu dipersiapkan untuk memulai usaha ternak ini, diantaranya :

Alat Dalam Memelihara Ayam Petelur []

Kandang

Iklim kandang yang cocok untuk budidaya ayam petelur membutuhkan suhu atau temperatur yang berkisar diantara 32,2 hingga 35 derajat Celsius. Kelembaban udara di dalam kandang dan sekitarnya kira-kira 60–70%. Untuk penerangan atau pemanasan kandang harus disesuaikan dengan aturan yang sudah ada. Usahakan tata letak kandangnya supaya bisa mendapatkan sinar matahari pagi dan tidak berlawanan dengan arah mata angin yang kencang.

Ciptakan sirkulasi udara yang baik dengan tidak membangun kandang yang permukaan lahannya memiliki bukit sebab dapat menghambat sirkulasi udara dan mengganggu aliran air permukaan bila hujan turun. Dianjurkan kandang dibuat dengan sistem terbuka supaya sirkulasi angin dapat memberikan kesegaran di dalam kandang. Untuk material kandangnya tidak mesti dengan bahan-bahan yang mahal, terpenting bersih, kuat dan tahan lama.

Litter (Alas Lantai)

Alas lantai atau litter mesti dalam keadaan kering. Usahakan supaya tidak ada atap yang bocor dan air hujan juga tidak ada yang bisa masuk walaupun angin kencang. Litter memiliki ketebalan setinggi 10 cm. Bahan litter berupa campuran pasir secukupnya, sedikit kapur dan kulit padi atau sekam. Atau bisa juga dari hasil serutan kayu dengan panjang sekitar 3 – 5 cm untuk menggantikan kulit padi atau sekam.

Tempat Bertelur

Disediakannya tempat bertelur bertujuan supaya mudah saat mengambil telur dan kulit telur tetap bersih. Tempat ini dapat berbentuk kotak dengan ukuran 30 x 35 x 45 cm yang cukup digunakan untuk 4–5 ekor ayam. Kotak diletakkan di dinding kandang dengan posisi lebih tinggi dari tempat bertengger. Penempatannya untuk memudahkan pengambilan telur dari luar supaya telur tidak pecah, terinjak-injak dan dimakan. Sementara itu pada dasar tempat bertelur dibuat miring dari bahan kawat supaya telur dapat langsung keluar sarang setelah sang ayam bertelur. Buatlah pula lubang yang lebih besar ukurannya daripada besarnya telur pada dasar sarang.

Tempat Bertengger Untuk Tempat Istirahat/Tidur

Tempat ini dibuat dimana letaknya berdekatan dengan dinding. Usahakan agar kotoran jatuh ke lantai sehingga mudah untuk dibersihkan dari luar. Tempat bertengger dibuat tertutup supaya terhindar dari terpaan/hembusan angin dan letaknya diupayakan lebih rendah dari tempat bertelur.

Tempat Makan, Minum Dan Tempat Grit

Tempat makan dan minum mesti selalu tersedia dengan cukup. Bahannya terbuat dari bambu, almunium atau apa saja. Yang penting tidak bocor, kuat, dan tidak karatan. Sementara itu untuk tempat grit dapat dibuatkan dengan kotak khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *