Jenis-Jenis Ayam Buras Yang Ada Di Indonesia

Jenis-Jenis Ayam Buras Yang Ada Di Indonesia

Urbanina.com – Membicarakan tentang ayam buras berarti juga membicarakan tentang jenis-jenis ayam buras. Di indonesia sendiri, ada beberapa jenis ayam buras yang dapat anda ketahui. Setiap jenis ayam buras mungkin hidup di wilayah yang berbeda dari jenis lainnya. Hal ini yang mungkin menjadi salah satu penyebab orang tidak begitu mengenali jenis ayam buras secara detail. Tetapi, berikut ini adalah beberapa jenis dari ayam buras yang dapat kita pelajari bersama.

jenis ayam buras di indonesia

  1. Ayam kampung

Jika dibandingkan dengan jenis ayam buras lainnya, ayam kampung merupakan salah satu jenis ayam buras yang paling populer di indonesia. Ayam kampung menjadi populer di indonesia karena merupakan jenis ayam buras yang paling banyak dibudidayakan di indonesia.

Ayam kampung ini banyak dibudidayakan oleh masyarakat di pedesaan sebagai hewan yang dipelihara keluarga. Setelah ayam kampung yang mereka pelihara tumbuh besar, maka daging dan telurnya lah yang akan mereka manfaatkan untuk dijadikan asupan gizi keluarga.

  1. Ayam arab

Tahukah anda mengapa disebut dengan ayam arab? Jawabannya adalah karena ayam arab tersebut memiliki bulu dibagian kepala hingga leher yang berwarna putih, yang orang dulu mengatakan mirip dengan kerudung pak haji. Oleh karena itu lah ayam tersebut kemudian dinamai ayam arab hingga sekarang. Ayam arab tersebut memiliki salah satu keunggulan dibandingkan jenis ayam buras lainnya. Ayam arab tersebut memiliki kemampuan bertelur yang cukup baik yaitu kemampuan bertelur sebanyak 225 butir per tahun.

  1. Ayam kedu

Ayam kedu juga dipelihara masyarakat indonesia untuk diambil daging dan telurnya. Tetapi, selain itu ada juga yang memelihara ayam kedu tersebut hanya sebagai hobi. Alasannya, adalah karena ayam kedu tersebut memiliki bentuk yang khas dimata masyarakat. Adapun beberapa jenis dari ayam kedu adalah ayam kedu hitam, kedu putih, dan kedu campuran.

  1. Ayam pelung

Ayam pelung mungkin terkenal di daerah anda tingga, seperti di daerah penulis. Kepopuleran ayam jenis ini memang bisa dimaklumi. Karena, ayam buras pelung memiliki ciri khas sendiri yang disukai banyak orang, yaitu memiliki suara berkokok yang lantang panjang, serta berirama. Saking sukanya terhadap suara ayam pelung, banyak orang yang memanfaatkan ayam pelung tersebut untuk ajang perlombaan kemerduan suara berkokok ayam-ayam pelung mereka.

  1. Ayam kate

Ayam kate merupakan ayam yang memiliki tubuh kerdil, tetapi bentuknya sangat lucu. Sehingga, meskipun ukuran tubuhnya tidak sebesar jenis ayam lainnya, tetapi bentuk ayam kate tersebut dapat menjadi daya tarik tersendiri. Dan hingga saat ini, sudah banyak orang yang melakukan perkawinan silang dengan ayam kate tersebut dengan satu tujuan yang sama, yaitu memperoleh keturunan yang baru dengan bentuk ayam yang lucu, yang diwariskan dari indukan ayam kate tersebut.

  1. Ayam bangkok

Jenis ayam buras yang terakhir adalah ayam bangkok. Tetapi, perlu diketahui bahwa masih ada jenis ayam buras lainnya yang ada di indonesia. Karena keterbatasan waktu, kali ini penulis hanya menuliskan yang paling populer saja.

Ayam buras jenis bangkok ini merupakan jenis ayam buras yang dapat diibaratkan sebagai tentaranya negara ayam. Karena, ayam bangkok memiliki tubuh yang tegap, tinggi, dada yang tegak dengan kekuatan kaki yang kuat. Sudah bagus kan untuk dijadikan tentaranya negara ayam? Oh iya, ayam bangkok ini juga banyak dibudidayakan di indonesia sebagai sarana untuk menyalurkan hobi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *