Cara Mengatasi Ayam Yang Kanibal

Cara Mengatasi Ayam Yang Kanibal

Urbanina.com – Kalau di zaman dahulu kita mendengar adanya kanibalisme pada manusia, barangkali sekarang sudah tidak. Pada masa sekarang ini sering kita mendengar adanya sifat kanibal pada hewan yang dipelihara. Salah satu hewan yang dimaksud ialah ayam. Lantas, bagaimana cara mengatasi ayam yang kanibal dengan tepat?

Adanya sifat kanibal pada ayam ini, sudah barang tentu akan berpengaruh buruk terhadap produktivitas suatu kelompok ayam. Baik ayam petelur maupun ayam pedaging. Biasanya sifat kanibal ini muncul pada sekelompok ayam yang dipelihara secara terkurung di dalam kandang dan dapat terjadi pada kelompok ayam periode anak sampai dewasa. Karena akan merugikan usaha atau budidaya petemakan Anda, sifat ini harus kita tanggulangi atau cegah. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi ayam yang kanibal tersebut?

Cara Mengatasi Ayam yang Kanibal []

Penyebab kanibalisme yang terjadi pada ayam ini bermacam-macam, antara lain terlalu banyaknya ayam di dalam suatu satuan luas kandang. Ayam yang kurang minum dan makan juga akan bisa menjadi kanibal karena sering berkelahi dan saling mematuk. Penyebab lainnya ialah adanya rangsangan ke arah itu, misalnya warna merah darah yang ditimbulkan oleh adanya bagian tubuh ayam (kulit) yang tak tertutup bulu, terkena sinar matahari langsung dan pada ayam yang sedang bertelur (pada ayam yang sedang bertelur anusnya yang berwarna merah keluar). Apa tanda-tandanya?

Tanda-tanda yang bisa dilihat ialah: pada kelompok anak ayam biasanya pematukan terjadi pada jari-jari kaki dan ekor; pada kelompok ayam dewasa (petelur) biasanya pematukan terjadi di sekitar anus, ekor dan jengger dan bila korban patukan ini tidak segera dipisahkan akan menyebabkan pelukaan yang lebih parah bahkan isi perutnya dimakan ayam lain sampai mati.

Bagaimana mencegahnya dan  bagaimana juga cara mengatasi ayam yang kanibal itu? Usaha pencegahan yang dapat dilakukan antara lain:

  • Usahakanlah temperatur yang ideal untuk ayam itu.
  • Kandang jangan terlalu padat, sebaiknya untuk setiap meter persegi maksimum 3 – 4 ekor ayam yang tipe sedang, 5 – 8 ekor untuk pedaging dan 4 – 6 ekor untuk ayam tipe ringan.
  • Berikan makanan dan minuman yang cukup baik jumlah maupun mutunya serta pemberiannya harus teratur.
  • Kurangi sinar matahari langsung yang masuk ke dalam kandang.
  • Pisahkan ayam yang menjadi korban atau ayam yang mempunyi sifat kanibal itu.
  • Ayam yang bersifat kanibal tempatkan dalam kandang baterei atau dipotong paruhnya.
  • Dalam satu kandang harus dipelihara ayam-ayam yang sebaya umurnya.
  • Usahakan sedapat mungkin ayam bertelur dalam sarang.

Disamping usaha pencegahan, ada beberapa tindakan yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi sifat kanibal pada ayam ini. Pada air minum selama tiga hari, campurkan garam dapur 1 – 3% atau 30 gram/liter, beri garam dapur 3% pada makanan selama 3 hari. Nah, selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *