Peralatan Kandang Ayam Broiler Yang Dibutuhkan

Peralatan Kandang Ayam Broiler Yang Dibutuhkan

Urbanina.com – Peralatan kandang ayam broiler harus dilengkapi peternak agar dapat memperlancar proses peternakan ayam broiler. Ayam broiler yang dibesarkan dapat dipanen dalam waktu 5-6 pekan. Namun, hal itu tidak mungkin terjadi apabila peralatan kandang ayam broiler yang dibutuhkan tidak terpenuhi. Kandang tidak harus memiliki perabot atau peralatan yang banyak namun fungsinya kurang efektif. Yang terpenting adalah peralatan kandang tersebut benar-benar dibutuhkan untuk memperlancar proses ternak ayam broiler. Banyaknya pralatan yang kurang efektif yang berada didalam kandang sebenarnya hanya akan membuat kandang bertambah sempit karena peralatan tersebut hanya memadati area kandang saja. Sehingga, kandang sudah seharusnya ditata dan diisi dengan peralatan yang efektif dan dibutuhkan untuk proses peternakan saja.

peralatan kandang ayam broiler

Kali ini, Urbanina akan membahas mengenai peralatan kandang ayam broiler yang dibutuhkan demi kelancaran peternakan atau pembesaran ayam boiler. Dengan memahami apa saja peralatan yang dibutuhkan untuk memperlancar usaha peternakan, maka peternak akan lebih mudah dalam memilih dan menyiapkan apa saja peralatan yang perlu disiapkan. Jika peralatan kandang ayam broiler yang dibutuhkan telah tersedia, hal ini menjadi satu langkah yang tepat untuk menjamin keberhasilan peternakan ayam broiler. Tanpa basa-basi lagi, berikut ini adalah peralatan kandang ayam broiler yang dibutuhkan untuk beternak ayam boiler.

  1. Litter

Litter adalah sebutan yang disematkan pada alas kandang ayam broiler. Alas kandang ayam broiler ini memiliki ketentuan tersendiri untuk dapat memperlancar proses budidaya ayam broiler, tentu untuk kandang yang dibangun dengan sistem postal. Litter dapat dibuat dengan ketebalan 10-15 cm. Selain itu, bahan untuk membuat litter juga harus memiliki sifat-sifat tertentu yaitu harus kering, memiliki daya serap yang tinggi, tidak berbau, serta tidak berdebu. Dengan ketentuan tersebut, sering kali litter dibuat dengan bahan-bahan seperti sekam padi, serutan kayu, potongan jerami, dan juga rumput kering. Litter ini bisa diterapkan pada kandang dengan penggunaan sekali pakai atau juga bisa untuk waktu yang lama. Namun, yang jelas peternak harus selalu mengontrol keadaan litter ini agar tidak menyebabkan penyakit pada ayam jika terlalu banyak terdapat kotoran ayam.

  1. Pemanas

Secara umum, pemanas ini berbentuk bundar atau segi empat dengan jangkauan 1-3 meter, dan diletakkan di tengah kandang. Pemanas ini memiliki fungsi unutk menghangatkan ayam broiler ketika dibutuhkan, terutama ketika ayam broiler masih kecil. Sehingga, pemanas ini memiliki nama lain yaitu brooder. Pemanas ini bisa menggunakan bahan apa saja yang penting dapat memberi kehangatan untuk ayam yang dipelihara. Sebagian peternaka ada yang masih menggunakan tong yang didalamnya diisi dengan kayu bakar.

  1. Tempat Pakan dan Minum

Tempat Pakan akan kita bahas terlebih dahulu. Tempat pakan adalah alat yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk memberi pakan terhadap ayam broiler yang dipelihara. Peternak dapat membeli tempat pakan tersebut, atau juga bisa membuat sendiri. Syarat tempat pakan ini adalah terbuat dari bahan yang tidak mudah berkarat serta tidak mudah terkena feses.

Tempat minum adalah pasangan dari tempat pakan diatas, sehingga juga harus dipersiapkan oleh peternak. Tempat ini akan lebih baik jika ditempatkan di tempat yang mudah dijangkau oleh ayam broiler yang dipelihara. Selain itu, peternak harus selalu siaga untuk mengontrol kebersihan tempat minum sehingga air yang diebrikan untuk ayam broiler selalu dalam keadaan bersih. Oleh sebab itu, membersihkan tempat minum setiap pengisian air terkadang diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *