Penyebab Cekrek Pada Ayam yang Perlu Diketahui

Urbanina.com – Penyakit ngorok barangkali bagi Anda yang telah lama terjun di bidang ternak ayam broiler tidaklah asing lagi. Penyakit yang juga sering disebut cekrek ini ditandai dengan ayam tersebut mengeluarkan bunyi seperti orang lagi mengorok ketika tidur. Penyakit ini tidak boleh dianggap sepele. Pasalnya nafsu makan ayam akan mengalami penurunan dan tentu saja bobotnya akan menyusut sehingga panen akan merugikan peternak. Sebenarnya apa sih penyebab cekrek pada ayam ini?

Tentu saja Anda tidak ingin mengalami kerugian gara-gara bobot ayam berkurang karena terkena cekrek. Ngorok atau cekrek sesungguhnya bukanlah nama penyakit, tetapi  gejala atau tanda-tanda adanya penyakit yang menimpa ternak ayam broiler. Anda barangkali bertanya-tanya dalam hati, apa sebenarnya penyebab cekrek pada ayam?

Penyebab Cekrek pada Ayam [ ]

Penyebab cekrek pada ayam antara lain:

  1. Terkena Virus

Ayam barangkali terserang virus yang mengakibatkan penyakit pernapasan, misalnya CRD, Coryza, Aspergillosis, ILT, IB, AI dan ND. Cekrek bisa juga dikarenakan bakteri Mycoplasma galisepticum. Umumnya menimpa ayam pada umur 4-9 minggu. Penularan terjadi lewat DOC atau telur tetas yang terinfeksi, manusia, tempat makanan dan minum, manusia, peralatan kandang, dan kontak langsung.

  1. Kesalahan Manajemen

Disamping penyakit yang bisa mengakibatkan ternak ayam broiler terkena cekrek, ada pula penyebab lainnya yang bukan disebabkan oleh penyakit atau non infeksius seperti. Hal ini terjadi biasanya karena kesalahan manajemen atau pengelolaan.

Umumnya kesalahan manajemen para peternak terletak pada masalah udara, baik di luar maupun di dalam kandang yang diakibatkan oleh:

  • Asap, umumnya hal ini terjadi bila Anda kerap membakar sampah-sampah di sekitar kandang. Ini sebetulnya sangat berbahaya untuk ayam yang berada di kandang.
  • Gas amonia, gas ini terbentuk karena sekam (litter) yang basah maupun kotoran/feses ayam yang menimbun dan becek.
  • Kesalahan manajemen yang lainnya yang memengaruhi kualitas udara di dalam kandang ayam.
  1. Perpaduan Kesalahan Manajemen dan Terserang Virus

Manajemen yang salah dapat membuat selaput lendir mengiritasi hingga virus-virus di atas bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh ayam.

Cara Penanganan Yang Baik dan Benar

Walaupun zaman sudah modern namun khasiat obat herbal jangan disangsikan lagi dan sepertinya malah lebih baik ketimbang obat kimia yang banyak beredar di pasaran.

  1. Memperbanyak Kaporit atau Clorine

Berilah kaporit atau clorine secukupnya pada tempat-tempat penampungan air untuk ayam.

  1. Gunakan Obat

Mintalah obat kepada PPL dan pergunakan obat yang sudah direkomendasikan petugas PPL untuk penyakit yang menyerang ayam Anda. Anda juga bisa memintanya kepada dokter hewan. Anda tidak boleh mempergunakan obat luar yang Anda sendiri tidak mengetahui dosisnya lantaran amat membahayakan ayam. Bisa jadi ayam bukannya sembuh malah semakin parah.

Demikianlah beberapa penyebab cekrek pada ayam dan cara mengatasinya. Semoga tulisan ini bermanfaat dan ayam yang Anda ternak atau budidayakan dapat terhindar dari cekrek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *