Hal Hal Mengenai Persiapan Kandang Ayam Broiler

Hal Hal Mengenai Persiapan Kandang Ayam Broiler

Urbanina.com – Kandang adalah unsur utama dalam usaha budidaya ayam broiler. Kandang digunakan sejak dari awal sampai masa siap potong. Pada intinya, kandang yang baik ialah kandang yang biasa, biaya pembuatannya tidak mahal, mencukupi persyaratan teknisnya. Hal hal mengenai persiapan kandang ayam broiler yang perlu diperhatikan bentuk kandangnya, keadaan tempat yang ada, kondisi tanah yang akan digunakan, persediaan biaya dan bahan-bahannya. Sementara itu fungsi kandang diantaranya untuk bernaung dari panas matahari dan terpaan hujan, untuk memudahkan tata-laksana dan untuk menjaga terhadap bahaya (gangguan) dari luar, khususnya predator (hewan pemangsa).

Kandang merupakan salah satu keperluan penting dalam bisnis budidaya ayam broiler. Fungsi utamanya yaitu untuk mengendalikan ternak berkeliaran dan mempermudah pengwasan serta perawatan ternaknya. Ada banyak model kandang, baik menurut jenis ataupun bahan yang dipergunakan untuk membangun kandang itu, sedang pemakaiannya disesuaikan dengan keperluan. Kandang berpengaruh secara langsung pada kualitas dan kuantitas hasil budidaya ternak. Kandang yang fungsional akan meningkatkan penghasilan untuk peternak. Di sinilah pentingnya Anda mengetahui hal hal mengenai persiapan kandang ayam broiler.

Hal hal Mengenai Persiapan Kandang Ayam Broiler [ ]

Kandang adalah tempat tinggalnya ayam dan tempat ayam beraktivitas hingga kandang yang aman dan nyaman berpengaruh sekali pada pencapaian produktivitas hingga akan didapat pertumbuhan yang optimal dan menghasilkan tampilan yang baik. Berikut ini hal hal mengenai persiapan kandang ayam broiler yang harus diperhatikan dengan baik.

Tanah yang Datar

Tanah yang datar yaitu tanah yang rata permukaannya. Tanah yang datar akan memudahkan kita dalam menyiapkan konsep dan bentuk kandang yang tepat, disamping memudahkan dalam pembuatan kandang juga  bisa menghemat biayanya serta mempermudah perawatan kandang.

Jauh dari Pemukiman Penduduk

Kandang mesti jauh dari pemukiman penduduk untuk menjauhi dari keramaian, mengurangi ayam mengalami stres, dan menghindari pencemaran lalat akibat adanya kandang ayam.

Jalan menuju Kandang sudah Diaspal

Hal ini dilakukan untuk memudahkan kegiatan saat masuk ke loksasi perkandangan ketika bibit akan dimasukkan, suplai pakan, dan waktuny panen.

Memiliki Sumber Mata Air yang Mencukupi

Tercukupinya air dari sumber air yang tersedia akan memudahkan dalam pemeliharaan ayam broiler.

Tersedia Aliran Listrik dari PLN

Hal ini untuk memudahkan pemeliharaan sehingga tidak perlu mempergunakan genset dan sangat mendukung untuk mengoperasikan semua peralatan yang membutuhkan aliran listrik.

Tinggi Kandang

Tinggi kandang mesti ditentukan untuk memudahkan saat pembersihan kotoran ayam dan penyemprotan di bagian bawah dari kandang tersebut.

Memiliki Sirkulasi Udara yang Baik

Sirkulasi udara yang baik berpengaruh sekali pada pertumbuhan dan perkembangan ayam.

Lantai Kandang

Lantai kandang amat berpengaruh pada tumbuhkembang ayam karena bila kandang terlampau longgar akan mengakibatkan ayam takut untuk berjalan/melangkah dan bila terlampau rapat kotoran ayam tidak bisa jatuh langsung ke bawah. Bila kotoran ayam tersebut tidak bisa jatuh langsung ke bawah akan menimbulkan bakteri dan akibatnya ayam akan terkena penyakit.

Ventilasi Kandang

Ventilasi kandang yang baik berpengaruh sekali pada sirkulasi udara yang berguna untuk keluar dan  masuknya udara (angin) atau perhawaan.

Dinding Kandang

Upayakan dinding kandang mesti dibuat separuh, tidah menutupi keseluruhan luas kandang.

Jika Anda mau memulai urban farming, menanam sayuran hidroponik, sayuran organik, mau menanam sistem akuaponik, sebaiknya Anda berkunjung ke www.store.urbanina.com di sini tersedia berbagai starterkit dan juga alat serta bahan untuk Anda yang mau mulai menanam. Atau bisa konsultasi ke 082227639118.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *