Cara Pembersihan Kandang Ayam Broiler

Urbanina.com –┬áKandang merupakan salah satu perlengkapan yang penting dimiliki untuk menggeluti usaha peternakan ayam broiler. Kandang adalah satu-satunya tempat tinggal yang dimiliki ayam broiler yang dipelihara. Semua aktivitas ayam broiler dilakukan didalam kandang tersebut, mulai dari makan, minum sampai buang kotoran. Selain untuk tempat tinggal ayam broiler, kandang juga merupakan tempat yang dibutuhkan peternak untuk bekerja. Oleh karena itu, kebersihan atau sanitasi kandang menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk memaksimalkan fungsi kandang ini. Untuk dapat menjaga sanitasi kandang ayam broiler, tidak bisa dilakukan dengan sembarangan dan harus menggunakan prosedur yang benar. Berikut ini akan kami jelaskan prosedur atau cara pembersihan kandang ayam broiler.

pembersihan kandang ayam broiler

Pembersihan kandang ayam broiler yang dilakukan dengan prosedur yang benar akan menghasilkan hasil yang baik. Dengan prosedur yang benar, pembersihan kandang ayam broiler dapat menjaga sanitasi kandang tanpa harus mengganggu tatalaksana kandang. Adapun pembersihan kandang ayam broiler ini dapat dilakukan dengan prosedur sebagai berikut.

  1. Mengeluarkan barang-barang (sebelum pembersihan atau sanitasi kandang)

Tahapan pertama adalah mempersiapkan proses pembersihankandang itu sendiri. Persiapan dapat dilakukan dengan mengeluarkan barang-barang yang ada didalam kandang seperti tempat pakan, tempat minum, dan juga pemanas. Setelah semua alat diatas berhasil dikeluarkan, masih ada peralatan lain yang perlu dikeluarkan yaitu litter. Apabila litter terbuat dari sekam padi, dapat dikeluarkan lalu dimasukkan kedalam karung, dan kemudian disimpan di gudang agar tidak basah ketika hujan turun. Setelah itu, barulah seluruh kandang disapu agar dapat memastikan bahwa tidak ada lagi kotoran yang masih menempel di kandang.

  1. Proses penyemprotan

Kandang yang telah bersih dari kotoran ayam dan sudah tidak ada lagi peralatan didalamnya dapat kemudian dilakukan proses penyemprotan. Penyemprotan kandang ini memiliki tujuan tersendiri yaitu untuk membasmi kutu yang berukuran kecil. Cairan yang digunakan untuk membasmi kutu tersebut sebaiknya menggunakan obat kutu atau insektisida. Penggunaan disinfektan sangat tidak disarankan pada penyemprotan tahap ini, sehingga ketelitian peternak sangat dibutuhkan. Peternak juga harus memikirkan keselamatannya ketika hendak melakukan penyemprotan ini. adapun untuk keselamatan, penyemprot disarankan menggunakan helm yang dapt melindungi kepala agar tidak terkena semburan obat. Selain itu, juga disarankan untuk menggunakan perlengakapan lain seperti sepatu boot, celana dan baju panjang, sarung tangan, dan juga masker. Ketika sudah siap melakukan penyemprotan, peternak harus dapat melakukan penyemprotan secara merata ke seluruh area kandang.

  1. Pembersihan atap dan lantai kandang

Setelah semua area disemprot, barulah dilakukan pembersihan atap dan lantai kandang. Atap kandang adalah yang pertam kali perlu dibersihkan. Yaitu dengan menggunakan sapu panjang, atap kandang dapat dibersihkan dari kotoran semacam sarang laba-laba dan debu. Selanjutnya, barulah membersihkan lantai kandang. Lantai kandang dapat dibersihkan dengan terlebih dahulu membasahi seluruh lantai kandang dengan air, kemudian baru membersihkannya menggunakan sikat atau sapu sambil disemprot air. Membasahi air terlebih dahulu dapat memudahkan peternak dalam menyikat lantai. Lalu, diamkan lantai hingga kering dan kemudian dilakukan pengapuran. Caranya, dengan melarutkan rodalon, air, dan formalin dengan takaran yang disesuaikan yang kemudian disemprotkan ke seluruh kandang. Setelah pengapuran slesai, kandang dapat diistirahatkan selama 1-2 pekan.

  1. Pembersihan peralatan kandang

Singkat saja, peralatan kandang yang tadi sudah dikeluarkan tentu akan digunakan kembali. Maka dari itu, juga perlu untuk dibersihkan. Tempat pakan dan tempat minum dapat dibersihkan dengan menggunakan disinfektan yaitu Septosid, lalu dikeringkan. Pemanas juga bisa dibersihkan dengan disinfektan yang sama, kemudian dikeringkan. Apabila litter dibangun menggunakan tikar dari karung bekas yang dijahit, maka tersebut juga perlu dibersihkan.

  1. Pembersihan elemen kandang lainnya.

Pembersihan elemen kandang lainnya diurutkan diurutan terakhir agar elemen kandang yang utama sudah bersih terlebih dahulu sebelum elemen kandang lainnya. Elemen lain di kandang ayam broiler yang perlu dibersihkan diantaranya adalah lingkungan sekitar kandang, peralatan lain dan juga gudang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *