Cara Mengatasi Stres pada Ayam Broiler dan Petelur

Cara Mengatasi Stres pada Ayam Broiler dan Petelur

Urbanina.com – Stres diartikan sebuah keadaan dimana terjadi ketegangan secara fisik/psikologis. Stres yang terjadi pada ayam dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya tekanan eksternal seperti perubahan cuaca secara tiba-tiba, kelelahan, sakit, adanya orang yang tidak dikenal, kegaduhan, transportasi, pemeliharaan rutin, perkandangan, jumlah unggas yang dipelihara, tingkat produksi, luas kandang, perubahan air minum, perubahan ransum secara tiba-tiba, dan nutrisi pakan. Apabila tidak segera ditangani dengat tepat stres dapat merugikan peternak. Namun bagaimana cara mengatasi stres pada ayam agar tidak mempengaruhi produktivitas dan pertumbuhan ayam?

Stres pada ayam akan mengurangi tampilan produksi. Hal tersebut berhubungan dengan terdapatnya beberapa perubahan fisiologis dan biokimiawi di dalam tubuh ayam sepanjang terjadinya stes itu. Beberapa tanda ayam menderita stres dicirikan dengan nampaknya kegelisahan di dalam kandang, membentangkan sayap, bertambahnya kecepatan respirasi, banyak minum untuk mengurangi suhu tubuhnya, dan konsumsi pakan menurun. Turunnya konsumsi pakan mengakibatkan adanya penurunan pada pertumbuhan ayam.

Cara Mengatasi Stres Pada Ayam

Mengetahui cara mengatasi stres pada ayam itu penting karena bila ayam menderita stres akan menyebabkan beberapa hal, seperti rentan terserang penyakit, daya tahan tubuh menurun, dan produksi menurun.

Beberapa faktor penyebab ayam menderita stres.

Bibit

Induk bibit yang kurang baik kualitasnya umumnya akan memberikan keturunan yang cenderung gampang stres. Untuk mencegahnya Anda harus membeli DOC dari perusahaan pembibitan ternama yang menjamin kualitas produknya.

Kandang

Kandang yang tidak sehat mengakibatkan ayam tidak nyaman sehingga menimbulkan stres. Untuk mencegahnya maka kandang harus selalu dipelihara kebersihannya dan sirkulasi udara di dalam kandang pun diupayakan bisa lancar supaya kandang tidak lembap.

Ransum

Ransum yang diberikan pada ayam mesti disesuaikan dengan keperluan gizi dan jumlah ayam yang diternak supaya tidak menimbulkan stres. Ransum yang dijual di toko-toko pakan ayam, umumnya sudah disesuaikan dengan jenis dan umurnya menurut kebutuhan gizinya.

Lingkungan

Keadaan tempat peternakan yang terus berganti akan menimbulkan stres sebab ayam mesti  melakukan adaptasi terhdap lingkungan yang baru dengan cara berulang kali dan dalam jangka waktu cepat. Selain itu, suasana lingkungan kandang yang terlampau bising juga bisa membuat ayam stres.

Penyakit

Penyakit bisa mengakibatkan stres. Sebaliknya, stres juga bisa mengakibatkan penyakit. Apabila lingkungan, ransum, kandang, bibit, dan pengelolaannya baik, maka ayam pun jarang terkena penyakit.

Adapun cara mengatasi stres pada ayam bisa dilakukan dengan beberapa langkah berikut.

  • Mencari tahu hal yang menyebabkan timbulnya stres lalu menanganinya. Misalnya bila yang menyebabkan stres karena terlampau padatnya kandang, maka cara menanganinya ialah dengan mengurangi jumlah ayam di dalam kandang.
  • Berikan air minum yang berisi campuran air, vitamin dan garam elektrolit untuk menambah kekebalan tubuh dan memulihkan cairan tubuh yang hilang akibat dehidrasi. Umumnya ayam yang menderita stres disebabkan oleh dehidrasi. Campuran air, vitamin dan garam elektrolit bisa didapat di toko pakan unggas atau poultry shop. Gunakan sesuai aturan pakai seperti yang tertera pada kemasan produk.

Jika Anda mau memulai urban farming, menanam sayuran hidroponik, sayuran organik, mau menanam sistem akuaponik, sebaiknya Anda berkunjung ke www.store.urbanina.com di sini tersedia berbagai starterkit dan juga alat serta bahan untuk Anda yang mau mulai menanam. Atau bisa konsultasi ke 082227639118.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *