Cara Mengatasi Lalat Pada Kandang Broiler

Cara Mengatasi Lalat Pada Kandang Broiler

Urbanina.com – Saat Anda mau memulai usaha budidaya ayam tentunya sejak awal mesti telah memikirkan faktor resiko yang barangkali datang pada peternakan ayam yang tengah Anda manage. Salah satunya adalah masalah lalat. Bila kandang ayam broiler Anda mempunyai jarak yang relatif dekat dengan pemukiman warga, ini akan menjadi perkara serius. Lalu, bagaimana cara mengatasi lalat pada kandang broiler tersebut?

Penanganan lalat bukanlah masalah yang mudah sebab hal itu meliputi banyak faktor. Dalam menangani lalat Anda terlebih dulu mesti mengenali penyebab dan asal serangan pada kandang broiler milik Anda. Pasalnya dengan mengenali penyebab timbulnya lalat maka kita dapat menemukan cara mengatasi lalat pada kandang broiler dengan tepat.

Cara Mengatasi Lalat Pada Kandang Broiler

Ada berbagai penyebab serangan lalat pada kandang broiler, diantaranya :

  1. Lingkungan kandang kotor, seperti bangkai ayam tidak dikubur dengan baik, banyaknya sampah berserakan, dan lain-lain.
  2. Kondisi lingkungan kandang lembab, lalat menyukai kondisi lembab untuk berkembang biak, terutama pada feces yang lembab/basah.
  3. Ayam sakit, biasanya ayam yang sakit tidak bisa mencerna makanan dengan baik sehingga kotorannya lebih basah dan berisi amoniak tinggi yang disukai sekali lalat untuk berkembang biak telurnya. juga mengundang lalat.
  4. Pengelolaaan penyimpanan maupun pemberian pakan yang sembarangan, banyaknya pakan yang tercecer/tumpah bisa mengundang lalat, apalagi bila pakan yang tercecer itu terkena air dan jadi lembap.
  5. Lingkungan sekitar kandang jorok, lingkungan di sekeliling kita yang kotor atau jorok dapat mengundang serbuan lalat .

Para peternak usaha budidaya ayam broiler sering dibuat pusing untuk menemukan cara mengatasi lalat pada kandang broiler yang sedang dikelolanya. Berikut ini urbanina bagikan cara-cara mengatasinya :

  • Taburi kotoran yang ada dalam kandang dengan zeolit setiap hari.
  • Alas kandang diganti sesering mungkin jika kelihatan basah.
  • Kandang beserta alat-alat tempat makan dan minumnya dibersihkan setiap hari.
  • Penyemprotan disinfektan secara kontinu.
  • Matikan lalat dewasa dan larvanya agar daur hidup lalat dapat dihentikan atau minimal menurunkan jumlah populasi lalat.

Dari paparan di atas kita dapat menarik beberapa kesimpulan. Lalat umumnya menyukai pada aroma yang kurang sedap dan tempat-tempat yang kotor/jorok. Usahakan dalam kandang broiler Anda selalu diupayakan terjaga kebersihannya supaya lalat tidak menghampiri. Selain itu menjaga agar kotoran ayam tidak berbau karena bau menyengat dari kotoran ayam dapat menyebabkan lalat berdatangan pada kandang ayam.

Langkah-langkah di atas tentunya adalah tindakan pencegahan yang dapat dilakukan supaya masalah lalat dapat diatasi, tetapi bila lalat tetap saja datang maka Anda dapat mempergunakan obat maupun racun lalat untuk membunuhnya, seperti toxilat atau muscagav, kedua merek dagang tersebut merupakan obat pembasmi lalat berbentuk butiran serbuk memiliki aroma coffee cream buatan Amerika serikat. Umumnya dalam tempo 30 detik dapat melumpuhkan lalat.

Disamping membasmi lalat dewasa alangkah baiknya Anda pun membunuh larva lalat agar daur hidup lalat dapat dihentikan atau minimal memperkecil jumlah populasi lalat yang boleh jadi datang menyerang kandang broiler Anda. Selain itu, populasi lalat bertambah dengan amat pesat sebagai dampak yang diakibatkan dari limbah yang dihasilkan ternak, baik kotoran ternak atau pakan ternak yang tidak termakan.

Sekedar informasi, jika Anda mau memulai urban farming, menanam sayuran hidroponik, sayuran organik, mau menanam sistem akuaponik, sebaiknya Anda berkunjung ke www.store.urbanina.com di sini tersedia berbagai starterkit dan juga alat serta bahan untuk Anda yang mau mulai menanam.
Atau bisa konsultasi ke 082227639118.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *