Persyaratan Lokasi Untuk Budidya Ikan Mujair

Persyaratan Lokasi Untuk Budidya Ikan Mujair

Urbanina.com – Indonesia sebagai daerah yang memiliki beragam perairan menjadikannya salah satu potensi untuk budidaya ikan mujair. Perairan yang ada di Indonesia meliputi sungai, sawah, danau alam maupun buatan dan lain-lain. Potensi yang ada di Indonesia hanya tinggal membutuhkan respon yang baik dari sumber daya manusia agar dapat memanfaatkannya dengan baik. Dan kabar baiknya, respon positif yang diharapkan telah datang dengan baik. Telah banyak orang yang mulai tertarik dengan budidaya ikan mujair ini. Juga banyak penelitian yang terus dilakukan agar dapat mendukung kemajuan yang ada di bidang perikanan ini. Salah satu elemen pendukung kemajuan ini adalah telah ditemukannya persyaratan lokasi yang tepat untuk budidaya ikan mujair.

persyaratan lokasi

Persyaratan lokasi yang telah ditemukan ini tentu telah didasarkan penelitian yang teliti sehingga dapat menjadi acuan pembudidaya ikan mujair dalam meningkatkan usaha budidaya yang ia geluti. Persyaratan lokasi ini juga dasari oleh perilaku ikan mujair yang harus mendapat perhatian khusus agar dapat hidup dengan pertumbuhan yang pesat. Meskipun dibudidaya dengan sebaik-baiknya, namun jika persyaratan lokasi untuk pertumbuhan yang pesat tidak terpenuhi maka ikan tidak akan bisa tumbuh dengan pertumbuhan yang normal.

Untuk mendukung budidaya ikan mujair, setidaknya terdapat 7 (tujuh) persyaratan lokasi yang baik agar ikan mujair dapat tumbuh dengan pertumbuhan yang cepat.

  1. Jenis tanah yang baik untuk budidaya ikan mujair adalah jenis tanah liat atau bisa disebut lempung. Tanah liat atau lempung yang luas dan tidak berporos akan memiliki kemampuan yang baik untuk menahan massa air yang berat. Selain itu, tanah jenis ini juga tidak akan bocor sehingga dapat dibuat pematang atau dinding kolam.
  2. Kemiringan tanah juga menjadi salah satu yang menjadi pertimbangan. Pertimbangan ini adalah untuk mempermudahkan pengairan dengan bantuan gravitasi. Adapun kemiringan tanah yang baik berkisar antara 3-5%.
  3. Ketinggian tanah menjadi persyaratan yang ketiga. Perairan yang baik untuk menjadi tempat pertumbuhan ikan mujair adalah tanah dengan ketinggian 150-1000 meter diatas permukaan laut.
  4. Setelah ketiga kualitas tanah yang harus dipenuhi, persyaratan yang keempat berkaitan dengan air. Air yang baik untuk pertumbuhan ikan mujair adalah air yang harus memenuhi tiga syarat utama sebagai berikut. Pertama, air harus bersih seperti halnya air yang digunakan manusia untuk mandi. Kedua, air tidak boleh terlalu keruh. Dan yang ketiga, air harus terhindar dari campuran zat-zat kimia beracun seperti minyak atau limbah pabrik.
  5. Air kolam yang mengalir menjadi persyaratan yang kelima. Hal ini didasarkan pada fakta bahwa ikan mujair biasa hidup di sungai, sawah, kakaban dengan air deras. Sehingga, kolam yang baik adalah kolam yang memiliki air yang mengalir tentu akan sangat baik untuk pertumbuhan ikan mujair yang akan terlihat dari fisiknya. Adapun debit air kolam denga air yang tenang, yaitu 8-15 liter/detik/ha. Dan debit air kolam mengalir deras yang baik ini adalah 100 liter/menit/m³.
  6. Kualitas air kolam yang baik adalah air yang memiliki pH yang baik pula. Dan menurut penelitian, pH air yang baik untuk pertumbuhan ikan mujair adalah berkisar antara 7-8.
  7. Kualitas air kolam yang baik selain dilihat dari pH, juga harus dilihat dari suhu kolam tersebut. Dan juga menurut penelitian, suhu yang baik untuk memperlancar pertumbuhan ikan mujair adalah air dengan suhu 20-25 derajat C.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *