Penyebaran ikan lele Di Indonesia Dan Dunia

Penyebaran ikan lele Di Indonesia Dan Dunia

Urbanina.com – Ikan lele adalah salah satu jenis ikan yang banyak disukai oleh masyarakat di Jabodetabek. Selain di Jabodetabek, ikan ikan lele juga telah tersebar di banyak pulau dan provinsi di Indonesia ini. Penyebaran ikan lele di Indonesia menjadikan ikan ini memiliki beberapa sebutan yang berbeda. Hal ini tentu dikarenakan keragaman bahasa dan kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia ini. Meskipun memiliki nama yang berbeda-beda, namun pada intinya ikan lele yang tersebar di Indonesia ini wujudnya sama dengan ikan yang memiliki nama latin clarias batrachus ini. Untuk mengetahui penyebaran ikan lele di Indonesia lebih lanjut, simak ulasan dari Urbanina berikut ini.

penyebaran ikan lele

Untuk nama ikan lele di Pulau Jawa adalah ikan lele. Namun, jika kita pergi ke Pulau Sumatera kita akan mengenal ikan lele ini dengan sebutan ikan kalang. Berbeda lagi ketika kita mampir untuk istirahat di Pulau Kalimantan, ikan lele akan disebut dengan sebutan ikan pintet. Dan di pulau lain yaitu di Provinsi Makassar, ikan ini memiliki nama yaitu ikan keling. Itulah beberapa nama lain ikan lele yang tersebar di Indonesia. Meskipun penyebaran ikan lele yang ada di Indonesia ini menghasilkan nama lain yang beragam, namun ikan jenis ini lebih populer dengan sebutan ikan lele dibandingkan nama yang lainnya. Dan ikan lele ini dalam bahasa inggris disebut dengan catfish, mungkin disebabkan karena ikan ini berkumis seperti kucing(cat). Nama catfish juga dipakai sebagai nama perdagangan sehingga menjadi nama internasional.

Ikan yang memiliki kumis ini tidak hanya tersebar di Indonesia saja. Penyebaran ikan lele juga terjadi di banyak negara di Dunia. Di benua Afrika dan Asia teutama di perairan tawar, ikan ini akan dengan mudah ditemui. Dan khusus di Negara Indonesia, ikan lele yang tumbuh alami tersebar di Kepulauan Sunda Besar maupun Sunda Kecil.

Ikan lele ini dapat hidup di seluruh oerairan tawar. Oleh karena itu, dapat ditemui ikan lele ini di danau, waduk, telaga, rawa, genangan kecil, dan di sungai yang arusnya tidak terlalu deras. Yang jelas, ikan lele tidak betah untuk hidup di air payau maupun air asin.

Salah satu keistimewaan dariikan lele adalah bahwaikan ini memiliki organ insang tambahan yangmemungkinkannya untuk dapat mengambil oksigen dari air maupun dari luar air. Hal inilah yang menjadikan ikan ini dapat hidup di rawa maupun tempat-tempat yang tidak terdapat banyak oksigen. Hal ini juga yang menjadikan ikan ini dapat bertahan hidup di tempat-tempat kotor seperti di air comberan.

Ikan lele ini dulunya hanya dipelihara di kolam pekarangn rumah yang dimanfaatkan untuk menghabiskan sisa makanan rumah tangga sebelum sekarang ini populer untuk dibudidayakan. Di air kotor terseut ikan lele tetap dapat bertahan hidup. Dan budidaya ikan lele ini juga telah tersebar di negara-negara berkembang seperti Laos, Filipina, Indonesia, Thailand, Kamboja, Birma, India dan Vietnam. Budidaya ikan lele ini tentu dengan memperlakukan ikan lele dengan sebaik-baiknya agar dapat tumbuh pesat dengan bobot yang sesuai dengan permintaan pasar.

Demikian tadi dalah ulasan mengenai penyebaran ikan lele di Dunia. Pada dasarnya, ikan akan dapat hidup di tempat yang sesuai dengan lingkungan yang ia bisa menyesuaikan. Misalnya, ikan lele ini akan dapat tumbuh di perairan yang suhunya tidak terlalu dingin. Karena, jika suhu suatu perairan adalah dibawah 20° C, maka pertumbuhan ikan lele ini akan menjadi lebih lambat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *