Mengenal Lebih Dekat Tentang Lobster Budidaya

Mengenal Lebih Dekat Tentang Lobster Budidaya

Urbanina.com – Lobster budidaya adalah sebutan lain dari jenis lobster yang dapat dibudidayakan di air tawar. Seperti yang diketahui, lobster telah mengundang daya tarik yang baru bagi pacinta kuliner. Meskipun memiliki harga yang relatif lebih mahal dari pada menu olahan lain, tetapi olahan lobster dapat menggoda selera para penikmat kuliner. Untuk memenuhi kebutuhan para penikmat kuliner tersebut, perlu disediakan suplai lobster yang cukup agar dapat memenuhi kebutuhan. Salah satu cara untuk memenuhi permintaan pasar tersebut adalah dengan menggunakankan lobster budidaya. Karena tidak semua jenis lobster dapat dibudidayakan, berikut ini beberapa hal yang harus diketahui tentang lobster budidaya.

tentang lobster budidaya

Berbicara tentang lobster budidaya, identik dengan perkawinan lobster agar dapat menghasilkan benih yang baru. Maka dari itu, hal pertama yang dapat diketahui adalah bagaimana mengenali perbedaan antara lobster jantan dan betina. Namun, lobster tidak hanya memiliki dua jenis kelamin saja. Lobster memiliki jenis kelamin jantan, betina dan ganda. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang lobster budidaya yang memiliki tiga jenis kelamin ini, berikut pnjelasannya.

  1. Lobster berjenis kelamin jantan

Untuk dapat mengenali lobster yang berjenis kelamin jantan, dapat dilakukan dengan mengenal tanda-tanda berikut ini. Lobster jantan memiliki tanda merah pada bagian luar kedua ujung capitnya. Terutama pada jenis Cherax Quadri, tanda ini akan terlihat pada lobster yang sudah berukuran 7,5 cm, dan tidak terlihat kalau masih berukuran kecil. Kemudian, kelamin dari lobster jantan ini juga bisa dikenali. Yaitu dapat dikenali dengan terlihatnya sepasang tonjolan yang jelas pada kaki yang paling dekat dengan ekor. Jika terdapat tanda-tanda diatas, dapt dipastikan bahwa lobster itu adalah lobster berjenis kelamin jantan.

  1. Lobster berjenis kelamin betina

Pada lobster jenis red claw, lobster betina tidak memiliki tanda merah pada capitnya seperti pada lobser jantan. Untuk dapat mengenali alat kelamin lobster betina, dapat ditandai dengan adanya dua bulatan pada kaki ketiga baik dihitung dari atas maupun dihitung dari ekor. Bulatan yang ada pada alat kelamin betina ini juga sepasang, seperti alat kelamin lobster jantan.

  1. Lobster berjenis ganda

Lobster yang berjenis kelamin ganda juga bisa disebut dengan lobster berjenis kelamin intersex. dan biasanya, terdapat dua jenisi kelamin pada satu lobster. Adapun delapan kombinasi jenis kelamin ganda pada lobster ini. Ada lobster yang sepasang kelamin betina dan sepasang kelamin jantan. ada juga yang sepasang kelamin betina namun kelamin jantan hanya satu, atau juga sebaliknya. Kelamin yang hanya tunggal ini dapat ditemukan di sebelah kiri atau kanan. Yang jelas, pada lobster intersex ini tidak terdapat kelamin ganda yang dominan yang menonjol.

Lobster memang memiliki jenis kelamin ganda yang unik karena berbeda dari hewan lainnya. Menurut sebuah penelitian, kelamin intersex pada lobsetr ini disebabakan oleh adanya perkawinan antar saudara atau inbreeding.

Selain mengenali keunikan jenis kelamin pada lobster, mengenal tentang lobster budidaya juga bisa dengan melihatnya dari sudut pandang yang lain, misalnya mengenali bagian tubuh pad lobster. Tubuh lobster dapat dikenali dengan membaginya menjadi dua bagian yaitu bagian depan dan bagian belakang. Bagian depan terdiri dari kepala dan dada yang kemudian disebut chepalothorax. Sedangkan bagian belakang terdiri dari badan dan ekor, yangkemudian disebut abdomen. Salah satu keunikan dari lobster adalah bahwa hewan ini memiliki capit, lebih tepatnya 6 buah capit. Keenam capit tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda, yaitu capit paling depan digunakan untuk menangkap mangsa atau menyerang mangsa. Dan capit yang lain difungsikan sebagi tangan utnuk memasukkan makanan kedalam mulut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *