Cara Mengatasi Hama Pada Ikan Mujair Budidaya

Cara Mengatasi Hama Pada Ikan Mujair Budidaya

Urbanina.com – Mengatasi hama pada ikan mujair menjadi salah satu hal yang menjadi titik kewaspadaan bagi para pembudidaya ikan mujair ini. Hal ini dikarenakan ikan mujair adalah juga makhluk hidup biasa yang bisa saja terjangkit suatu penyakit atau bahkan terancam kehidupannya. Wajar saja jika ikan mujair yang dibudidayakan dapat terancam kelangsungan kehidupannya dikarenakan didalam rantai makanan, ikan mujair ini termasuk dalam hewan yang dapat dimakan oleh hewan karnivora seperti ular. Selain ancaman yang dihadirkan dari hewan pemangsa, adapula hewan kecil lainnya yang dapat mengganggu kesehatan ikan mujair yang juga berpotensi menyebabkan kematian.

mengatasi hama pada ikan mujair

Pada kesempatan ini, Urbanina akan membahas mengenai bagaimana cara mengatasi hama yang dapat menjangkiti ikan mujair yang dibudidaya. Ada berbagai jenis dan macam hama yang dapat mengganggu ketenangan selema membudidayakan ikan mujair ini. Karena, meskipun prosedur budidaya telah direncanakan dan dieksekusi dengan baik, namun jika hama menyerang maka usaha yang dilakukan sebelumnya ini akan sia-sia dan tidak ada manfaatnya. Tidak hanya dari hama yang memakan ikan, begitu pula dengan hama yang bersifat merugikan. Bila sampai penanganan terhadap hama yang mengganggu ikan mujair ini keliru, bukan tidak mungkin ikan akan mati atau minimal akan mengalami gangguan kesehatan.

Sebelum mengatasi hama pada ikan mujair, pertama-tama pembudidaya harus mengetahui terlebih dahulu hama apa saja yang dapat menyerang ikan mujair. Apakah hanya ular? tentu tidak. Berikut ini adalah beberapa hama yang berpotensi menyerang ikan mujair budidaya sekaligus dengan cara penanganannya.

  1. Ular

Seperti yang dikatakan diatas, bahwa ular adalah salah satu hama yang dapat menggangu kelangsungan budidaya ikan mujair. Ular biasanya akan menyerang benih dan ikan kecil sebagai santapannya. Hal ini tentu akansangat merugikan pembudidaya, maka untuk mengatasinya adalah sebagai berikut. Yaitu dengan menangkap ular jika dapat masuk ke kolam. Dan untuk cara lainnya adalah dengan memberi pagar disekitar kolam agar tidak dimasuki ular.

  1. Lingsang

Lingsang dapat menyerang ikan mujair ketika malam hari. Maka dari itu, utntuk mengatasinya dapat dilakukan dengan membuat jebakan berumpun.

  1. Burung

Burung biasanya akan menyerang benih yang berwarna menyala. Untuk mengatasinya, dapat dilakukan dengan penghalang bambu agar burung tidak dapat menerkam benih dari permukaan kolam. Selain bambu, juga bisa menggunakan rumbai-rumbai atau tali penghalang.

  1. Kodok

Selain ular, kodok juga dapat menjadi ancaman untuk kehidupan ikan mujair. Kodok biasanya akan memakan telur-telur ikan mujair. Untuk mengatasi hal ini, dapat dilakukan dengan membuang telur yang telah mengapung di air. Selain itu, tangkap dan buang kodok yang berhasil memasuki kolam.

  1. Ucrit (larva cybister)

Ucrit adalah hewan yang akan menjepit ikan mujair menggunakan taringnya hingga robek. Dan hewan ini sulit untuk diatasi, namun dapat dicegah. Yaitu dengan menghindari penumpukan bahan organik di sekitar kolam.

  1. Bebeasan (Notonecta)

Hewan ini memiliki sengatan yang dapat menyerang ikan mujair. Untuk mengatasinya, dapat dilakukan dengan menuangkan minyak tanah ke permukaan air dengan dosis 500 cc per 100 meter persegi.

Demikian tadi beberapa cara untuk mengatasi hama pada ikan mujair. Dengan mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi hama pada ikan mujair, maka diharapkan dapat membantu memperlancar proses budidaya ikan mujair. Ketika usaha budidaya yang telah dilakukan diimbangi dengan langkah mengendalikan serangan hama, maka akan didapat hasil yang memuaskan dari budidaya ikan mujair ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *