Masa  Panen Ikan Mujair Yang Dibudidaya

Masa Panen Ikan Mujair Yang Dibudidaya

Urbanina.com – Masa panen ikan mujair merupakan masa yang ditunggu-tunggu oleh para pembudidaya ikan mujair. Masa panen dilakukan setelah ikan mujair tumbuh besar dan berbobot seberat permintaan pasar. Ikan mujair yang telah siap untuk dipanen harus memiliki kesehatan yang baik. Pembudidaya dilarang menjual ikan ikan mujair yang cacat ataupun sakit. Dan kesehatan panen ikan mujair dipengaruhi perawatan atau pemeliharaan yang dilakukan selama membesarkan ikan mujair tersebut. Sehingga, sebelum pembudidaya mengharapkan masa panen ikan mujair yang baik, maka ia harus melewati masa memelihara ikan mujair dengan sebaik-baiknya.

masa panen ikan mujair

Kali ini, Urbanina akan membahas bagaimana menghadapi masa panen ikan mujair yang dibudidayakan. Setiap pembudidaya ikan mujair diharapkan dapat mengetahui masa-masa yang tepat untuk membudidayakan ikan mujair ini. Karena, ikan mujair yang dipanen disaat yang tepat akan menghasilkan hasil panen yang lebih memuaskan dibandingkan jika memanen hanya untuk memenuhi permintaan pasar. Meski begitu, bukan tidak mungkin seorang pembudidaya harus memanen pada saat yang tidak tepat dikarenakan keadaan yang mendesak seperti maraknya atau banyaknya permintaan pasar.

Untuk melakukan panen ikan mujair, setidaknya ada dua macam jenis panen yang dapat dipilih pembudidaya. Kedua jenis panen ini bisa disebut dengan panen total dan panen sebagian. Kedua masa panen ikan mujair ini disesuaikan dengan kebutuhan pasar maupun untuk kebutuhan budidaya. Berikut penjelasan kedua masa panen ini sebagai berikut.

  1. Panen total

Panen total dilakukan ketika ikan mujair yang dipelihara atau dibudidaya telah mencapai berat yang dibutuhkan pasar. umunya, berat yang diinginkan berkisar antara 30-45 gram per ekor. Sedangkan, usia ikan mujair untuk mencapai berat ini biasanya mencapai 5 bulan. Ikan dengan umur dan berat diatas sudah dapat dikonsumsi dan sesuai dengan permintana pasar.

Untuk melakukan panen total ini, pertama-tama kolam harus dikeringkan hingga air yang tersisa tinggal memiliki kedalaman 10-20 cm. Lalu, membuat petak pemanenan atau petak penangkapan dengan luas 1 meter persegi, ditempatkan didepan pintu pengeluaran(monnik). Ukuran ini merupakan ukuran yang dianjurkan karena ukuran ini banyak memudahkan pembudidaya dalam menangkap atau memanen ikan mujair. Adapun waktu yang tepat untuk memanen ikan mujair ini yaitu di pagi hari agar tidak panas. Panen pada pagi hari ini sebaiknya dilakukan secepatnya tetapi tetap hati-hati agar ikan tidak terluka. Panen total dapat dilakukan dengan menggunakan waring atau scoopnet yang halus.

  1. Panen sebagian

Panen sebagian ini juga dapat disebut dengan panen selektif. Adapun panen sebagian atau panen selektif ini merupakan panen yangdilakukan jauh berbeda dengan panen total. Panen sebagian ini dilakukan untuk pemanenan benih. Benih ini biasanya banyak dicari konsumen agar dapat mereka besarkan di budidaya pembesaran ikan mujair yang konsumen geluti.

Untuk melakukan panen sebagian ini, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut. Pertama, tidak perlu dilakukan pengeringan air seperti pada cara panen total. Lalu, pembudidaya dapat menggunakan waring dengan bagian atsnya telah ditaburi umpan. Umpan ini bisa menggunakan dedak. Karena penggunaan waring ini, biasanya ikan yang tidak terpilih dapat terluka akibat jaring. Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan ikan, sebaiknya ikan terlebih dahulu dipisahkan dan diberi obat larutan malachite green 0,5-1,0 ppm selama satu jam. Barulah setelah itu dikembalikan kedalam kolam.

Adapun ikan yang terpilih biasanya adalah ikan yang memiliki umur 1-1,5 bulan. Untuk ukuran ikan biasanya digolongkan dalam tiga ukuran, yaitu 1-3 cm, 3-5 cm, dan 5-8 cm. Demikianlah beberapa hal mengenai masa panen ikan mujair yang dapat kami tulis, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *