Mengenal Lebih Dekat Tentang Ikan Kakap Putih

Mengenal Lebih Dekat Tentang Ikan Kakap Putih

Urbanina.com – Sudah banyak orang yang mengenal ikan kakap putih ini. Namun, sedikit saja orang yang benar-benar mengenal ikan kakap putih ini. Bila seseorang ingin membudidayakan ikan kakap putih, lebih baik dia lebih mengenal tentang ikan kakap putih ini. Karena, dengan mengenal ikan kakap putih lebih dekat, tentu akan lebih mengerti bagaimana cara menangani fauna yang hidup di perairan Indonesia ini. Hal itulah yang menjadi dasar, bahwa mengenal lebih dekat tentang ikan kakap putih tidak kalah penting dari menyiapkan peralatan untku pemeliharaan ikan tersebut. Dan kali ini, Urbanina akan membahas lebih dalam tentang ikan kakap putih ini, mulai dari kehidupan di perairan hingga pengelompokannya menurut ilmuwan.

tentang ikan kakap putih

Berbicara tentang ikan kakap putih, akan lebih baik jika memulainya dari tempat kehidupannya. Ikan kakap putih ini memiliki ketahanan untuk dapat hidup di perairan laut. Hal ini dikarenakan ikan kakap putih memiliki toleransi yang cukup besar terhadap kadar garam. Sehingga, ikan ini digolongkan pada organisme Euryhaline. Selain itu, ikan kakap putih juga digolongkan pada pengelompokan ikan katadromous. Ikan katadromous merupakan pengelompokan pada ikan yang dapat dibesarkan di air tawar dan kawin di air laut. Itulah kehidupan ikan kakap putih di tempat hidupnya. Karena memiliki dua sifat tersebut, ikan kakap ini bisa dibudidayakan di laut, tambak, maupun air tawar. Bila tempat budidaya ikan kakap tidak sesuai dengan dua sifat yang dimiliki tersebut, kecil kemungkinan ikan tersebut dapat bertahan hidup.

Setelah mengenal tempat kehidupan ikan kakap putih, perlu juga diketahui bagaimana orang lain mengenal ikan kakap ini. Di Indonesia, orang mengenal ikan kakap ini tidak hanya dengan satu nama saja. Secara nasional ikan ini bernama ikan kakap, tetapi di daerah tertentu ikan kakap putih memiliki nama lain yang berbeda dan biasa mereka gunakan. Di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, ikan kakap putih memiliki nama lain yaitu ikan pelak, petakan, cabek, dan cabik. Sedangkan, orang yang hidup di pulai Sulawesi lebih mengenal ikan kakap putih dengan nama ikan talungtar, pica-pica, dan kaca-kaca. Selain dua daerah diatas, ikan kakap juga memiliki sebutan lain di Madura. Disana, orang menyebutnya dengan ikan dubit tekong.

Untuk dapat mengenal ikan kakap putih, dapat diketahui melalui ciri-ciri fisik ikan tersebut sebagai berikut. Pertama, ikan kakap putih memiliki badan yang memanjang dan gepeng. Serta memiliki batang sirip ekor yang lebar. Sirip ekor tersebut berbentuk bulat. Kedua, ikan kakap putih memiliki mata yang berbeda dari mata ikan pada umumnya. Mata ikan kakap putih berwarna merah cemerlang. Ketiga, ikan kakap putih memiliki mulut yang lebar, sedikit serong dengan geligi halus. Keempat, terdapat lubang kuping bergerigi di bagian atas penutup insang. Selain itu, ikan kakap putih ini memiliki sirip punggung yang berjari-jari keras sebanyak 3 buah, dan yang lemah sebanyak 78-8 buah.

Dalam kelompok biologi yang dilakukan oleh para ilmuwan, ikan kakap putih memiliki pengelompokan sebagai berikut; Phillum : Chordata, Sub phillum : Vertebrata, Klas : Pisces, Subclas : Teleostei, Ordo : Percomorphi, Famili : Centroponidae, Genus : Lates, Species : Lates calcarifer(Bloch). Dengan pengelompokan diatas, ikan kakap putih ini memiliki nama latin yaitu Lates calcalifer. Sedangkan di kancah internasional, ikan ini disebut dalam bahasa inggris dengan sebutan seabass. Sehingga, jika ada bule yang berhasil memancing ikan kakap putih, ia akan menganggap mendapatkan ikan seabass atau seabass fish.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *