Kolam Ikan Mujair Yang Cocok Untuk Budidaya

Kolam Ikan Mujair Yang Cocok Untuk Budidaya

Urbanina.com – Ikan mujair merupakan salah satu ikan air tawar yang jika dibudidayakan akan menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Hal ini telah banyak dibuktikan oleh pendahulu pembudidaya ikan mujair yang terus mengalami peningkatan penjualan penjualan setiap tahunnya. Tentu budidaya yang dilakukan didukung dengan kolam ikan mujair yang cocok dengan sifat ikan mujair sehingga ikan dapat tumbuh dengan sehat. Bagi para pemula yang ingin membudidayakn ikan mujair pasti penasarn seperti apakan kolam ikan mujair yang cocok ini. Maka, Urbanina kali ini akan sedikit membahas mengenai hal tersebut sehingga dapat memberi pengetahuan kepada seluruh pembaca.

kolam ikan mujair

Ikan mujair memang cocoknya dibudidaya di sebuah kolam yang disesuaikan. Kecocokan kolam mujair ini disesuaikan dengan kebutuhan pertumbuhan ikan tersebut, sehingga ikan dapat tumbuh dengan nyaman sekaligus sehat. Pembuatan kolam ikan mujair sangat diperlukan sebagai sarana atau tempat tinggal ikan mujair ini. Berikut kolam ikan mujair yang cocok untuk budidaya agar memberi kenyamanan ikan, sekaligus kemudahan bagi pembudidaya.

  1. Kolam pemijahan

Kolam pemijahan ini difungsikan untuk induk ikan mujair yang dipelihara. Adapun fungsi dari pemeliharaan induk ini adalah untuk menghasilkan benih ikan mujair yang baru. Proses perkawinan induk akan menghasilkan telur sehingga akan menetas dan menjadi ikan mujair kecil. Di kolam pemijihan inilah pemeliharaan induk yang menghasilkan benih baru ini.

Dalam membudidayakan iakn mujair, kolam pemijahan disarankan untuk dibuat dengan luas kolam 50-100 meter persegi. Dengan ukuran yang disarankan ini, kepadatan ikan juga harus disesuaikan yaitu hanya 2 ekor saja per meter perseginya. Induk ikan juga harus dimanjakan dengan suhu air yang berkisar antara 20-22 derajat C, sehingga proses pemijahan dapat berjalan dengan lancar.  Sedangkan untuk kedalaman air yang disarankan adalah 40-60 cm. Dasar kolam pemijahan ini disarankan dasar kolam yang berpasir.

  1. Kolam pendederan

Kolam pendederan merupakan kolam yang berbeda dan terpisah dari kolam pemijahan diatas. Artinya, pembudidaya harus menyiapkan lahan yang cukup luas untuk membudidayakan ikan mujair ini karena banyaknya jenis kolam. Kolam pendederan akan sangat dibutuhkan untuk memperlancar pertumbuhan ikan mujair ini. Fungsi kolam jenis ini adalah untuk memelihara benih ikan mujair yang berasal dar telur ikan yang telah menetas. Ikan yangmasih kecil ini tentu sangat renan terhadap dunia luar sehingga perlu dirawat di kolam pendederan ini.

Adapun luas kolam yang disarankan untuk kolam pendederan ini yaitu tidak lebihdar 50-100 meter persegi. Dan kedalaman air yang disarankan adalah 30-50 cm saja. Kepadatan benih ikan mujair yang dipelihara di kolam pendederan adalah cukup 5-50 ekor per meter persegi. Ikan yang dipelihara akan semakin tumbuh besar, dan cukup dipelihara dalam waktu 3-4 pekan saja, hingga berukuran 3-5 cm.

  1. Kolam pembesaran

Kolam pembesaran berfungsi untuk membesarkan ikan yang telah melewati masa pendederan. Kolam pembesaran dapat dibuat dengan luas maksimal 250-500 meter persegi, dan dibuat 2-4 kolam sesuai kebutuhan. Jika benih telah mencapai ukuran gelondongan kecil, dapat dijual ke petani atau dilanjutkan dipelihara di kolam pembesaran tahap ke-2.

Tahap ke-2 ini dilakukan di area yang lebih luas, dengan kepadatan ikan tidak lebih dari 10 ekor per meter persegi. Kalau kolam sebelumnya untuk membesarkan hingga ukuran gelondongan kecil, kolam tahap ke-2 digunakan untuk membesarkan hingga ukuran gelondongan besar. sKolam pembesaran tahap dua ini biasanya dilakukan di kolam tanah atau pun sawah.

  1. Kolam pemberokan

Kolam pemberokan adalah kolam yang digunakan untuk membersihkan badan ikan mujair sebelum dipasarkan. Sehingga, pembudidaya dapat menyesuaikan pembuatan kolam pemberokan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *