Jenis – Jenis Ikan Lele Budidaya Di Indonesia

Jenis – Jenis Ikan Lele Budidaya Di Indonesia

Urbanina.com – Semangat budidaya ikan lele dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki usaha perikanan yang menguntungkan. Pasalnya, budidaya ikan lele dapat dilakukan dengan tidak terlalu sulit sekaligus telah memiliki pasar yang merebak banyak di Indonesia. Setiap restoran atau warung makan yang menyediakan olahan lele tentu sangat membutuhkan pasokan ikan lele yang mencukupi. Itu hanya satu dari banyaknya pasar yang membutuhkan ikan lele yang berkualitas untuk dikonsumsi. Untuk dapat memperoleh daging lele yang berkualitas, tentu tidak hanya berasal dari jenis ikan lele yang sembarangn saja. Jenis ikan lele budidaya lah yang memiliki kualitas yang sesuai denga permintaan konsumen.

jenis ikan lele budidaya

Untuk dapat mengetahui jenis ikan lele budidaya yang berkualitas serta sesuai dengan permitaan konsumen, maka diperlukan pengetahuan yang baik tentangnya. Para koki di restoran maupun warung makan tentu memiliki pengetahuan yang cukup untuk mengenal jenis ikan lele yang berkualitas. Tetapi, kali ini Urbanina akan memberikan penjelasan singkat yang juga dapat menjadi referensi bagi pembaca agar dapat mengetahui jenis ikan lele budidaya dengan baik. Langsung saja, berikut ini beberapa jenis ikan lele budidaya yang tentunya bagus untuk dibudidayakan.

  1. Ikan Lele Dumbo

Ikan lele dumbo merupakan salah satu jenis ikan lele yang dapat menghasilkan panen yang unggul dibandingkan ikan lele yang lain. Hal ini tentu dipengaruhi banyak faktor yang menjadi keunggulan tersendiri dari ikan lele dumbo ini. Yang menjadi salah satu keunggulan dari ikan lele ini adalah ikan lele dumbo memiliki tubuh yang lebih panjang sekaligus memiliki tubuh yang lebih gemuk dibanding dengan ikan lokal lainnya.

Ikan lele dumbo ini merupakan lele yang dihasilkan dari perkawinan silang antara ikan lele betina clarias fuscus dari Taiwan dengan ikan lele jantan clarias mossambicus dari Kenya. Salah satu ciri khas dari lele dumbo adalah akan muncul bercak-bercakhitam dan putih ketika ikan tersebut mengalami stress atau terkejut. Bercak tersebut akan hilang kembali jika kondisi kolam sudah kembali normal. Dan juga, patil dari ikan lele dumbo ini tidak terlalu berbahaya jika dibandingkan patil ikan lele lokal.

  1. Ikan Lele Sangkuriang

Ikan lele sangkuriang merupakan ikan lele unggulan juga yang dapat dibudidayakan. Ikan ijenis ini dihasilkan dari hasil perkawinan silang yang agak rumit, pertama terjadi perkawinan antara ikan lele dumbo betina F2 dengan ikan lele dumbo jantan F6. Perkawinan silang tersebut akan menghasilkan ikan lele dumbo F2-6. Kemudian, jenis ikan lele dumbo F2-6 ini dikawinkan dengan ikan lele dumbo betina F2. Nah, dari perkawinan inilah akan dihasilkan lele sangkuriang. Hasil perkawinan ini dapat menghasilkan ikan lele yang lebih berkualitas, sehingga tidak sedikit pembudidaya ikan lele yang memilih ikan sangkuriang sebagai ikan yang mereka budidaya.

  1. Ikan Lele Phyton

Jenis ikan ini juga merupakan ikan lele yang dihasilkan dari sistem perkawinan silang. Ikan jenis ini dihasilkan dari perkawinan antara ikan lele thailand betina dengan lele dumbo F6 jantan. Hasil dari perkawinan silang tersebut dapat menghasilkan ikan lele denga kualitas bagus dan rupanya memiliki bentuk yang menyerupai ular phyton. Mulutnya kecil, dan kepala pipih dan memanjang seperti ular phyton.

  1. Ikan Lele Masamo

Ikan jenis ini merupakan jenis ikan lele unggulan yang bercirikan akan muncul warna keputihan atau keabu-abuan jika mengalami stress. Kepala lele jenis ini lebih lonjong, dengan patil yang tajam, serta memiliki badan yang panjang dan berwarna kehitaman.

  1. Ikan Lele Mutiara

Ikan lele mutiara merupakan jenis ikan lele yang berasal dari persilangan ikan lele dumbo lokal, lele mesir, lele paiton, dan lele sangkuriang, yang sudah diseleksi atau dipilih-pilih. Dan hasil dari seleksi ini menghasilkan ikan lele mutiara yang dapat tumbuh dengan cepat sehingga termasuk dalam daftar lele unggulan untuk budidaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *